Akibat Jembatan Rusak, Jenazah Warga Pino Raya Bengkulu Selatan Diseberangkan Dengan Rakit

Akibat Jembatan Rusak, Jenazah Warga  Pino Raya Bengkulu Selatan Diseberangkan Dengan Rakit

Warga Desa Tanjung Aur II Kecamatan Pino Raya saat mengantarkan jenazah ke TPU menggunakan rakit bambu seadanya karena jembatan akses satu-satunya menuju TPU mengalami rusak parah, Sabtu 16 Maret 2024.-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM  - Proses pemakaman salah seorang warga Desa Tanjung Aur II Kecamatan Pino Raya atas nama Rejaman (87) mendapatkan banyak perhatian masyarakat. Sebab masyarakat harus menggunakan rakit bambu seadanya untuk menyeberangi sungai mengantarkan jenazah lansia yang meninggal dunia pada Jumat 15 Maret 2024 sekira pukul 18.35 WIB ke Tempat Pemakanan Umum (TPU) setempat.

Salah seorang warga Desa Tanjung Aur II, Biksan menuturkan, masyarakat terpaksa menyeberangkan jenazah menggunakan rakit karena tidak ada pilihan lain. Sebab, jembatan gantung yang merupakan akses menuju ke TPU mengalami rusak parah hingga tidak dapat digunakan. 

“Warga kami Rajaman sudah selesai dimakamkan tadi siang (Sabtu, 16 Maret 2024) sekitar pukul 11.35 WIB,” ujar Biksan.

Lebih lanjut, Biksan menyampaikan prosesnya pemakaman telah berjalan lancar dan warga yang ikut mengantarkan dan menguburkan jenazah semuanya selamat.

Ia mengungkapkan perjuangan menyeberangkan jenazah menggunakan rakit tidaklah mudah. Bahkan ada beberapa masyarakat yang harus rela berenang ke sungai untuk menjaga keseimbangan rakit yang membawa jenazah.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! 4 Orang Warga Kedurang Bengkulu Selatan Dikabarkan Hanyut

“Pemakaman berlangsung haru, karena tidak seluruh warga maupun anggota keluarga yang dapat mengiringi jenazah ke TPU. Kami hanya bisa pasrah melihat kepergian jenazahuntuk terakhir kalinya dari seberang Sungai Pino,” sampainya.

Sementara itu, Wakil Bupati BS, H Rifai Tajuddin SSos menanggapi langsung adanya video warga Pino Raya yang harus mengantarkan jenazah mengenakan rakit. Bahkan ia menyebutkan merasa terpanggil dengan adanya kondisi masyarakatnya tersebut  dan mengajak semua pihak untuk sama-sama mengecek kondisi jembatan di Desa Tanjung Aur II.

“Maka saya mengajak yang lain bersama-sama, tentu ini positif sekali di Bulan Ramadan ini kalau pun ada teman-teman yang ingin terpanggil. Mudah-mudahan sudah teranggarkan di pemerintahan. Namun jika belum  teranggarkan  hari ini kita cek dan kita ambil tindakan bersama,” ungkapnya.

BACA JUGA:Diduga Berebut Wanita Idaman, Pemuda BS Nekat Tikam Teman Sendiri

Rifai juga menyampaikan melihat kondisi tersebut dirinya terpanggil dan akan langsung bergerak mengecek ke lokasi. Hal tersebut sebagai bentuk tindak lanjut dari keluhan masyarakat agar dapat dicari jalan ke luarnya.

“Saya mengajak hari ini, kalau pun tidak ada yang saya akan meluncur tentunya selat shalat zuhur ini saya akan naik motor ke Desa Tanjung Aur Dua saya akan melihat dan mengidentifikasi bagaiaman di lapangan tentunya saya berharap adanya kebersamaan,” pungkasnya.  (117)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: