Benarkah Tidur Saat Puasa Termasuk Ibadah, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Benarkah Tidur Saat Puasa Termasuk Ibadah, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat jelaskan apakah benar tidur saat puasa termasuk ibadah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ustaz Adi Hidayat menjelaskan makna sebenarnya dari hadits yang menyatakan bahwa tidur adalah ibadah ketika berpuasa di bulan Ramadhan.

Menurut Ustaz Adi Hidayat, hadits tersebut tidak dapat dipercaya karena tidak memiliki dasar yang sahih atau bersumber langsung dari Rasulullah SAW seperti hadits-hadits yang telah teruji kebenarannya.

Karenanya, umat Muslim tidak seharusnya mempercayai atau mengamalkannya secara langsung.

BACA JUGA:4 Amalan di Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat: Yang Dilakukan Rasulullah SAW

BACA JUGA:Benarkah Marah Bisa Membatalkan Puasa? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Selain itu, Ustaz Adi Hidayat mengingatkan bahwa ibadah puasa bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Saat ini, umat Islam telah memasuki bulan Ramadhan tahun 1445 Hijriyah, yang jatuh pada bulan Maret dan April 2024.

Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan menjalankan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari selama 30 hari atau satu bulan penuh.

Dalam menjalankan puasa, penting bagi umat Muslim untuk menjaga diri dari segala hal yang dapat membatalkan atau mengurangi pahala puasa.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa perintah untuk menjalankan ibadah puasa dimulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari, yang berarti dilakukan dari pagi hingga sore atau petang hari.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Ustaz Adi Hidayat dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Audio Dakwah.

"Sudah sepatutnya ibadah puasa dikerjakan ikhlas karena Allah semata, karena itu mengerjakan puasa tidak hanya menahan lapar dan haus, kalau seperti itu kucing pun bisa, anak kecil pun bisa," terang Ustaz Adi Hidayat.

Ketika menjalankan puasa, penting bagi kita untuk melakukan introspeksi diri, melakukan muhasabah, dan tetap produktif dalam aktivitas sehari-hari.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW sendiri terlibat dalam perang Badar ketika bulan Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: