Biar Tahu! Ini Dia Cara Beli Saham Per Lembar

Biar Tahu! Ini Dia Cara Beli Saham Per Lembar

pilihlah saham dengan cermat dan analisislah dengan tepat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak ada salahnya jika Anda memulai berinvestasi saham mulai dari sekarang. Karena berinvestasi saham merupakan cara yang tepat bagi Anda untuk menguatkan kondisi finansial Anda di masa depan. Dengan berinvestasi saham, Anda akan mendapatkan penghasilan secara tidak langsung selain dari penghasilan aktif Anda. Jadi Anda akan terbantu oleh finansial yang mumpuni meskipun sedang tidak bekerja.

Untuk Anda yang ingin mulai membeli saham, mulai sekarang pelajarilah ilmu-ilmu seputar saham dan cara transaksinya. Nah salah satu hal yang mesti Anda pahami betul ialah cara beli saham per lembar atau cara membeli saham dengan tepat.Pada pembahasan berikut akan diulas seputar bagaimana cara beli saham per lembar dan berapakah minimal pembelian saham yang sebenarnya.Simak selengkapnya ya!

BACA JUGA:Untuk TKI, Pahami Hal Ini Sebelum Kamu Ingin Bekerja di Jepang!

Berapakah Minimal Pembelian Saham?
Sebenarnya tidak ada cara untuk bisa membeli saham per lembar, karna sebenarnya terdapat minimal pembelian saham atau lot yang dijadikan ketentuan saat hendak membeli saham. Nah materi kali ini harus Anda pahami dengan betul, sebab materi ini akan digunakan selama Anda menjalankan transaksi saham kedepannya.

Pada saat Anda hendak membeli suatu saham, pasti akan terdapat harga beli dari saham tersebut yakni harga per lembarnya. Misal perusahaan A memiliki harga saham 3 ribu per lembarnya. Nah bukan berarti Anda bisa membeli hanya satu lembar dengan modal 3 ribu saja. Akan ada ketentuan minimal pembelian.

Nah minimal pembeliannya terutama di Indonesia sendiri ialah 1 lot saham atau bisa  dihitung 100 lembar saham. Ketentuan minimal pembelian saham ini dibuat oleh BEI Indonesia yang merupakan pasar modal yang mengatur segala transaksi efek di Indonesia.

BACA JUGA:10 Bisnis Sampingan Ini Cocok Buat Driver Ojol

Dengan informasi ini, maka Anda hanya diperbolehkan membeli setidaknya min. 1 lot saham setiap transaksi pembelian. Saat Anda membeli saham lewat platform trading pun besaran pembeliannya juga per lot. Perlu diingat bahwa ketentuan 1 lot setara 100 lembar saham ini hanya berlaku di Indonesia, berbeda dengan ketentuan di Luar negeri. Jadi jika Anda ingin membeli saham internasional, perlu mengecek atau meriset minimal pembelian saham di negeri itu pula. Dengan mengetahui hal ini dengan baik, maka nantinya akan memudahkan Anda merencanakan modal investasi dengan tepat.

Cara Merencanakan Modal Untuk Membeli Saham
Setelah mengetahui minimal pembelian saham, kini saatnya Anda mulai merencanakan modal awal sebagai langkah pertama sebelum membeli saham. Untuk membeli saham sendiri bisa Anda lakukan melalui perusahaan sekuritas. Nah perusahaan sekuritas yang dipilih pastinya harus yang sudah menjadi daftar di OJK.

Setelah memilih sekuritas, Anda bisa mulai menghitung modal awal untuk pembelian saham. Pertama Anda harus mengetahui dahulu berapa besaran pajak yang dikenakan di perusahaan sekuritas Anda untuk setiap kali transaksi. Setiap sekuritas memberikan besaran pajak dan ketentuan pajak yang berbeda-beda. Pajak untuk transaksi saham ini bisa disebut dengan istilah biaya admin.

BACA JUGA:Mau Kerja di Singapura? Simak Jenis, Gaji dan Lowongan Kerja yang Tersedia

Nah biasanya biaya admin yang dikenakan bisa dari 0,1% hingga 0,3% dari jumlah nominal pembelian saham. Misal perusahan sekuritas yang sudah terkenal dengan biaya adminnya yang terjangkau yakni Stockbit. Di Stockbit pajak admin untuk transaksi beli ialah 0,1% serta pajak jualnya  ialah 0,2%. Pajak-pajak ini belum termasuk dengan pajak lainnya yang bersangkutan seperti biaya broker, pph, levy, dsb.

Misalnya saja Anda hendak membeli saham perusahaan ABC menggunakan platform Stockbit. Pada saat itu harga saham di perusahaan ABC ialah Rp 2500 per lembarnya. Karena min. pembelian saham yakni 1 lot/100 lembar, maka Anda dapat mengalikannya dengan harga saham serta pajak yang dikenakan Stockbit.

Berikut ialah perhitungan modalnya:
Rp 2500 x 100 lembar (1lot) = Rp 250.000 dikenakan pajak beli sebesar 0,1%, sehingga menjadi, Rp 250.000 x 0,1% = Rp 200
Dengan besar pajak tersebut, maka total modal yang Anda perlukan untuk bisa membeli 1 lot saham di perusahaan ABC ialah Rp 250.200

Perhitungan diatas juga berlaku untuk pembelian 2 lot atau lebih seterusnya. Anda tinggal mengubah sesuai dengan berapa lot saham yang hendak dibeli. Dengan perhitungan seperti ini tentu akan memudahkan Anda dalam memilih saham dan merencanakan kegiatan investasi Anda.

BACA JUGA:Cuan! Ini Harga Tembaga Bekas per Kilogram 2024

Cara Mulai Membeli Saham
Setelah tahu mengenai min. pembelian saham serta perencanaan modalnya, kini saatnya Anda mengetahui apa saja yang dipersiapkan dalam membeli saham. Penjelasan berikutnya akan sangat penting, maka pahami betul dan mulailah mengikuti saran yang diberikan.Terdapat 2 langkah utama atau 2 cara dalam memulai berinvestasi saham, antara lain:

1. Pembukaan Rekening Saham
Hal ini sangat krusial dan menjadi penentu utama bisa atau tidaknya Anda mulai bertransaksi saham. Dengan membuka rekening saham, Anda akan bisa menaruh dana awal sebagai modal membeli saham. Bukalah rekening saham di perusahaan sekuritas yang legal/resmi atau bisa disebut telah terdaftar sebagai perusahaan efek di OJK.

Saat ini banyak pilihan sekuritas yang menawarkan berbagai kemudahan dan kecepatan proses transaksi saham. Maka dari itu pilihlah dengan cermat dan pas kan dengan kebutuhan investasi Anda. Anda pun bisa membuka rekening lewat platform trading saham yang dapat diakses online. Anda tidak akan membutuhkan dokumen fisik, semua proses pembukaan rekening shama akan dapat dilakukan secara online. Jika bisa pilihlah platform yang menyediakan banyak fitur untuk membantu Anda berinvestasi, seperti tools analisa saham, materi edukasi saham, serta tools lainnya.

BACA JUGA:Bisa Modal Kecil, Jangan Takut Mulai Usaha Ayam Potong Kemitraan

2. Proses Pemilihan Saham
Langkah persiapan membeli saham selanjutnya ialah memilih saham yang ingin dibeli. Saham yang Anda pilih akan menentukan berhasil atau tidaknya investasi Anda. Maka pilihlah saham dengan cermat dan analisislah dengan tepat. Pelajari berbagai analisis saham untuk membantu Anda memilih saham yang tepat. Perlu diingat juga jika memilih saham harus dilakukan dengan hati-hati karna akan ada risiko dari setiap saham yang Anda pilih. Nah itulah ulasan lengkap terkait cara beli saham per lembar dan minimal pembeliannya. Sekian, semoga bermanfaat.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: