Cuan! Ini Harga Tembaga Bekas per Kilogram 2024

Cuan! Ini Harga Tembaga Bekas per Kilogram 2024

penentuan harga dari lapak rongsok juga dipengaruhi pada kualitas, ketebalan, dan kemurnian dari tembaga --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tidak hanya botol atau kardus bekas yang bisa dijual lagi di lapak rongsok. Anda juga bisa jual tembaga bekas dari bekas kabel, pipa, elektronik rusak, atau lainnya di lapak rongsok. Jual beli kabel tembaga bekas banyak dilakukan karena banyak manfaat yang bisa didapat dari tembaga bekas, seperti didaur ulang untuk mengambil kandungan tembaganya atau dijadikan kerajinan tangan.

Sebelum menjual tembaga bekas, ada baiknya Anda mengetahui harga tembaga di lapak rongsok terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis dari tembaga bekas karena harga tembaga bekas berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Lalu, berapa harga tembaga per kilo? Artikel ini memuat informasi mengenai jenis beserta harga tembaga bekas per kg 2024. Selamat menyimak!

BACA JUGA:Bisa Modal Kecil, Jangan Takut Mulai Usaha Ayam Potong Kemitraan

Jenis Tembaga Bekas yang Bisa Dijual
Apakah semua jenis tembaga bekas bisa dijual lagi? Bisa saja, namun Anda perlu mengetahui jenisnya terlebih dahulu agar bisa mendapat untung yang sesuai saat jual kabel tembaga bekas. Berikut ini jenis tembaga bekas yang bisa Anda jual lagi.

1. Tembaga Super
Tembaga super merupakan jenis tembaga dengan tingkat kemurnian yang sangat tinggi. Jenis tembaga ini sering digunakan untuk keperluan penghantar listrik dengan tegangan tinggi, karena sifat konduktivitas listrik dan termalnya yang luar biasa.

Ciri-ciri dari tembaga super ini adalah memiliki ukuran yang kecil seperti ujung sapu lidi dan warnanya berkilau. Untuk harganya sendiri, harga tembaga bekas jenis super ini tergolong tinggi. Lebih mahal dibanding dengan jenis tembaga yang lainnya.

2. Kawat Tembaga
Salah satu jenis tembaga yang umum dan paling sering dijumpai adalah kawat tembaga. Anda bisa mendapatkan kawat tembaga dari bekas kabel listrik yang rusak. Harga per kilonya juga berbeda-beda tergantung pada ketebalan, kualitas, dan kemurniannya.

BACA JUGA:Niat Puasa Ramadhan, Tata Cara Serta Doa Buka Puasa

3. Pipa Tembaga
Jenis pipa selanjutnya yang bisa Anda jual lagi adalah pipa tembaga. Biasanya, jenis ini digunakan untuk pipa ledeng dan sistem pengoperasian HVAC. Anda bisa menemukan pipa tembaga di dalam bangunan kosong atau terbengkalai.

4. Tembaga Biasa
Untuk jenis tembaga biasa bisa Anda temukan di dinamo penggerak, trafo, dan generator, serta masih belum diolah atau dilapisi oleh bahan lainnya. Harga rongsok tembaga per kilo untuk jenis ini jauh lebih murah daripada jenis tembaga lainnya.

5. Radiator Tembaga
Salah satu jenis tembaga bekas yang memiliki nilai jual mahal adalah radiator tembaga. Tembaga jenis ini bisa ditemukan di dalam mobil pada sistem HVAC. Kandungan tembaga yang terdapat di radiator ini bisa didaur ulang dan bisa menjadi sumber tembaga bekas yang sangat berharga. Jika Anda memiliki radiator bekas jangan dibuang karena harganya tinggi dan memiliki banyak peminat.

BACA JUGA:Ini Keuntungan Jadi Agen AQUA Galon Beserta Syaratnya

6. Lembaran Tembaga
Atap talang, atap rumah, atap tua, atau atap lain yang menggunakan tembaga, bentuk bekasnya bisa dijual lagi. Jenis ini disebut dengan lembaran tembaga karena bentuknya yang seperti lembaran.

7. Pembubutan Tembaga
Selain tembaga super dan radiator tembaga, ada pembubutan tembaga yang memiliki nilai jual tinggi. Pembubutan tembaga adalah potongan kecil tembaga bekas yang tersisa dari proses permesinan dan manufaktur. Daur ulang kandungan tembaga ini bisa diperoleh dengan proses peleburan.

8. Transformator Tembaga
Transformator tembaga merupakan salah satu jenis tembaga yang bisa menjadi sumber tembaga bekas yang berharga. Transformator tembaga ini bisa Anda gunakan di berbagai alat seperti pembangkit listrik, sistem transmisi, distribusi listrik, industri, dan peralatan kelistrikan komersial. Tembaga jenis ini biasanya berupa kumparan atau gulungan.

9. Tembaga Bare
Jenis tembaga yang bisa dijual lagi adalah tembaga bare atau kawat tembaga telanjang yang tidak dilapisi bahan lain seperti timah, nikel, perak atau anyaman kawat pelindung, biasanya digunakan untuk sistem pentanahan listrik.

10. Tembaga Bakar
Tembaga bakar adalah tembaga yang dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi hingga mencapai titik oksidasi atau dekomposisi termal. Tembaga bakar akan bereaksi dengan oksigen pada udara dan membentuk oksidasi tembaga sehingga bisa membuat tembaga berubah warna menjadi hitam. Itulah beberapa jenis tembaga yang bisa Anda jual lagi dengan harga jual yang berbeda-beda.

BACA JUGA:Mau Jadi Agen Ice Cream Walls, Ini Rincian Biaya dan Persyaratanya

Tabel Harga Tembaga Bekas per Kilogram
Berapa harga tembaga pipa AC bekas per kg? Berapa harga tembaga bekas di lapak rongsok? Seperti yang telah dijelaskan di atas, harga tembaga bekas berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Berikut ini perkiraan harga tembaga bekas yang bisa Anda ketahui.

Pengepul biasanya menerima tembaga non kupas dan tembaga kupas. Maksudnya adalah tembaga yang telah terkelupas dari bungkus kabelnya. Untuk harga yang dipatok jelas memiliki perbedaan. Harga tembaga kupas jauh lebih mahal daripada harga tembaga non kupas.

Di beberapa situs online, pada tahun 2024 harga tembaga kupas mencapai Rp 105 ribu sampai Rp 120 ribu per kilogramnya. Sedangkan untuk tembaga non kupas berada di kisaran harga Rp 40 ribu sampai Rp 65 ribu per kilogramnya.

BACA JUGA:Polresta Bengkulu Tangkap 3 Pelaku Pengaturan Skor Bola

Harga Tembaga Kupas per Kilogram
Harga tembaga kupas bekas dapat berubah – ubah setiap saat, perubahan ini dipengaruhi beberapa faktor seperti supply, demand, dan kondisi pasar.
Tahun    Harga Tembaga Kupas
2020    Rp 81.000 – Rp 85.000 per Kg
2021    Rp 105.000 – Rp 120.000 per Kg
2022    Rp 110.000 – Rp 115.000 per Kg
2023    Rp 110.000 – Rp 125.000 per Kg
2024    Rp 105.000 – Rp 120.000 per Kg

BACA JUGA:Miliki RAM Besar, Redmi 10 5G Kini Dijual Hanya Rp 1 Jutaan

Jenis Tembaga               Ciri-Ciri                                     Harga Tembaga Bekas
Tembaga Super (TS)       Ijuk sapu lidi                             Rp 108.000 – 123.000/Kg
Tembaga Bare (BC)         Hitam kuyu                               Rp 103.000 – 119.000/Kg
Tembaga Biasa (TB)        Serabut rambut                         Rp 93.000 – 108.000/Kg
Tembaga Bakar               Hitam kotor                              Rp 84.000 – 93.000/Kg
Tembaga Kawat               Kawat                                      Rp 11.000 – 802.000/Kg
Tembaga Pipa                  Pipa                                        Rp 38.000 – 1.001.000/Kg
Tembaga Radiator           Radiator                                   Rp 501.000 – 1.001.000/Kg
Tembaga Lembaran         Lembaran                                 Rp 176.000 – 2.601.000/Kg
Pembubutan Tembaga      Potongan Kecil Daur Ulang        Rp 108.000 – 123.000/Kg
Transformator Tembaga    Gulungan                                Rp 501.000 – 1.001.000/Kg

BACA JUGA:Xiaomi Redmi Note 12R Pro, Smartphone Handal dengan RAM 12 GB, Ini Spesifikasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: