10 Bisnis Sampingan Ini Cocok Buat Driver Ojol

10 Bisnis Sampingan Ini Cocok Buat Driver Ojol

driver ojek online adalah pekerjaan dengan waktu yang sangat fleksibel--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Seiring berkembangnya jaman, melakukan usaha sampingan adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi perjalanan ekonomi yang semakin runyam. Apalagi untuk kita yang hanya memiliki pendapatan kurang untuk memenuhi kebutuhan.Bisnis sampingan driver ojol adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ekonomi saat ini.

Bisa dibilang driver ojek online (ojol) baik grab maupun gojek memiliki pendapatan yang nggak menentu. Karena uang yang mereka dapat sesuai dengan orderan yang didapat pula. Bagaimana kalau sepi orderan? Ini yang kita takutkan. Ketidakpastian tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Jadi tak ada salahnya kalau mencoba untuk melakukan usaha sampingan yang sekiranya masih bisa kita jalani. Apa bisa dijalani sambil ngojek? Simak baik-baik artikel ini ya.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Pekerjaan di Korea untuk Wanita, Berikut Gaji dan Syaratnya

1. Jual Makanan Ringan
Umumnya para driver ojol punya pangkalan sendiri-sendiri sebagai tempat istirahat sambil nunggu orderan masuk. Di sini kita bisa coba tawarkan makanan atau minuman ringan ke mereka bukan? Coba kamu letakkan dagangan mu di meja, nggak lama mereka pasti tertarik untuk beli. Setidaknya mereka pasti bakal nanya, dijual?

Gimana kalau kamu nerima orderan? Kamu bisa pakai sistim kantin kejujuran. Sediakan kotak kosong untuk mereka menaruh uang mereka setelah makan makanan dagangan mu. Tapi cara ini bisa merugikan mu kalau ada driver ojol yang tidak jujur.Atau kamu juga bisa menawarkan makanan ringan yang kamu jual ke penumpang atau customer mu. Siapa tahu mereka minat dengan makanan yang kamu jual.

2. Jadi Tukang Pijat
Kalau kamu merasa punya bakat terpendam sebagai tukang pijat, nah kamu bisa manfaatin bakatmu itu. Barangkali kamu bisa nawarin diri sebagai tukang pijat ke teman-teman driver ojek online. Ya, pasang aja harga sewajarnya sekitar 5 ribu rupiah per 5 menit juga bisa. Ada aktivitas, tentu ada resiko. Resikonya sih kecil. Tenagamu bisa tekuras di sini sebelum mengantarkan penumpang. Tapi kalau demi hasil, yakin deh tenagamu akan bertambah dengan sendirinya. Karena hasil tidak pernah mengkhianati usaha.

BACA JUGA:Mau Kerja di Singapura? Simak Jenis, Gaji dan Lowongan Kerja yang Tersedia

3. Jualan Pulsa
Ingat, ini adalah era globalisasi dan teknologi. Bisa dibilang pulsa dan kuota adalah kebutuhan pokok manusia jaman sekarang. Jadi, kenapa nggak coba untuk jualan pulsa? Bisa dibilang bisnis sampingan driver ojol ini bakal laris loh. Karena sebagian besar bahkan hampir semua driver ojek online membutuhkan pulsa dan kuota. Bisa dibilang jualan pulsa memang keuntungannya sangat kecil. Tapi jangan remehkan untung recehan. Karena recehan ini kalau ditekuni bisa jadi lembaran loh.

4. Guide Dadakan
Nggak mungkin toh seorang driver ojol nggak tahu jalan. Setidaknya sebagian besar tahu jalan di area kamu bekerja sebagai ojol. Nah, kamu bisa coba jadi guide dadakan alias pemandu wisata bagi turis atau tamu dari luar kota. Kamu bisa tawarkan diri sebagai pemandu wisata mereka baik via online maupun offline.

Ingat, jadi driver ojek online adalah pekerjaan dengan waktu yang sangat fleksibel. Karena waktu jam kerja, kita sendiri yang mengatur. Kapan kita mau istirahat, berhenti, dan kerja kembali. Jadi nggak ada salahnya kalau kamu coba jadi pemandu wisata panggilan. Tentunya menjadi pemandu wisata harus bisa bahasa asing, minimal bahasa Inggris. Siapa tahu dapat tamu turis dari luar negeri, kan lumayan dapat dollar.

5. Olshop
Tidak menutup kemungkinan, di era serba canggih ini, online shop mulai bertebaran di mana-mana. Kenapa kamu tidak mencoba menjadi salah satu dari mereka. Cukup memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, WA, dan lain sebagainya, kamu bisa coba tawarkan apa yang kamu jual.

Kamu pun juga bisa cari di Google yang menawarkan reseller atau dropshipper. Karena sekarang sudah banyak produk apapun itu, yang menawarkan orang-orang untuk menjadi reseller atau dropshipper mereka. Di sisi lain memang meningkatkan penjualan owner. Tapi, di sisi lain juga kamu kebantu untuk mencari penghasilan tambahan bukan. Keuntungan bisnis sampingan driver ojol sebagai pedagang online ini, kamu nggak perlu repot-repot lagi manggil kurir. Karena kamu bisa jadi kurirnya juga kan sembari cari orederan ojek online.

BACA JUGA:Harga Cuma Rp1 Jutaan! 7 Hp Terbaik untuk Ojek Online 2024

6. Kurir Paket
Driver ojek online bisa mempertimbangkan untuk sekaligus menjadi kurir. Sambil mengantarkan barang, driver ojek online bisa sekalian mencari order atau penumpang online. Selain bisa dilakukan bersamaan, driver tidak perlu memikirkan tentang modal dan sarana untuk menjalankan sampingan ini lagi. Menjadi kurir menjadi pilihan yang pas untuk yang modalnya terbatas.

7. Bengkel Keliling
Membuka bengkel keliling sederhana juga bisa dijadikan pilihan kalau driver memiliki keahlian sebagai montir. Cukup bawa peralatan yang diperlukan saja. Lalu, buat brosur kecil dan sebarkan di pangkalan di antara rekan sesame driver dan orang sekitar, penumpang, dan customer lainnya. Cantumkan nomor kontak dengan jelas.

8. Surveyor
Sampingan menjadi surveyor juga bisa dipertimbangkan mengingat driver ojol selalu bertemu banyak orang. Beberapa perusahaan besar selalu membutuhkan surveyor dan posisi ini bisa dilamar secara online. Restoran dan perusahaan lokal juga bisa memanfaatkan jasa ini untuk kemajuan bisnis mereka.

BACA JUGA:Cuan! Ini Harga Tembaga Bekas per Kilogram 2024

Para driver ojek online kini tak perlu khawatir apabila nanti tidak bisa memenuhi target dan tidak bisa mendapatkan bonus. Mereka selalu memiliki banyak pilihan dalam bisnis sampingan driver ojek online. Mereka bisa berjualan pulsa, berdagang berbagai produk secara online, dan tentunya ide-ide bisnis lainnya.

9. Menjadi Penulis Artikel Freelance
Bisnis sampingan driver ojek online satu ini mungkin agak berbeda. Sebab menulis memerlukan konsentrasi lebih. Namun jika Anda punya kemampuan, bekerja sebagai Freelance Writer bisa jadi bisnis sampingan yang lumayan. Anda bisa mengerjakan tugas menulis ketika malam hari ataupun saat sambil menunggu orderan masuk. Dengan berbekal notebook yang berukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana, Anda pun akan tampil beda dari driver lain.

Banyak kok perusahaan penyedia jasa penulis artikel yang membuka lowongan bagi Anda. Asal punya bekal kemampuan dan lulus seleksi, Anda pun siap menambah pundi-pundi penghasilan.Anda bisa buka projects.co.id, atau freelancer. co.id, sribulancer dan situs freelancer Indonesia lainnya

BACA JUGA:Mau Jadi Agen Ice Cream Walls, Ini Rincian Biaya dan Persyaratanya

10. Kurir Pribadi
Bicara soal kurir, kamu bisa juga nih coba jadi kurir pribadi alias menawarkan lewat medsos atau offline, kalau kamu siap dipanggil untuk mengantar paket sesuai jangkauan mu. Kan hitung-hitung daripada orderan sepi, mendingan cari yang offline juga bisa. Setidaknya kamu bisa pasang tariff yang lebih besar dibandingkan dengan tariff di aplikasi kan. Atau kamu juga bisa menjadi antar jemput anak sekolah dengan sistem langganan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: