Ini Dia Daftar Pekerjaan di Korea untuk Wanita, Berikut Gaji dan Syaratnya

Ini Dia Daftar Pekerjaan di Korea untuk Wanita, Berikut Gaji dan Syaratnya

Agar memenuhi syarat untuk bekerja di Korea Selatan, Anda membutuhkan pengetahuan tentang bahasa Korea.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pasar kerja Korea Selatan kurang begitu menarik dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini membuat Korea Selatan yang merupakan ekonomi terbesar keempat di Asia kesulitan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja yang yang memenuhi syarat untuk beberapa posisi pekerjaan yang tersedia.

Ekspatriat, di sisi lain, menjadi semakin mudah mencari pekerjaan di Korea Selatan daripada warga negara Korea. Beberapa hal tersebut menjadi alasan kenapa kerja di Korea untuk wanita merupakan salah satu opsi menarik. Beberapa alasan lain untuk Anda para wanita yang ingin bekerja di Korea Selatan diantaranya adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:Mau Kerja di Singapura? Simak Jenis, Gaji dan Lowongan Kerja yang Tersedia

Jadi apa untungnya kerja di Korea untuk Wanita? Banyak orang bertanya-tanya berapa penghasilan mereka, apa saja bisa dilakukan untuk bekerja di Korea, bagaimana kehidupan sosial disana, budaya mereka, bagaimana keamanan di Korea Selatan, Berikut ini ulasannya.

1. Tingkat Kejahatan Rendah
Korea memiliki salah satu tingkat kejahatan terendah di dunia. CCTV dipasang di setiap sudut setiap jalan dan di dalam gedung. Anda akan melihat mobil polisi mengemudi di sekitar jalan pada malam hari, dan bahkan ada layanan gratis, untuk wanita, di mana dua pekerja sukarela berjalan pulang bersama Anda pada malam hari. Inilah alasan utama untuk merasa aman saat kerja di korea untuk wanita.

2. Pengalaman Kerja Luar Negeri
Bekerja di luar negeri memberi Anda banyak manfaat dalam pengembangan karier Anda, karena banyak perusahaan menghargai kandidat dengan pengalaman kerja di luar negeri. Korea memiliki sistem dan lingkungan kerja yang unik, dan oleh karena itu dengan bekerja dan tinggal di Korea, Anda pasti akan menikmati masa tinggal Anda.

3. Budaya Korea
Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk bersenang-senang di Korea Selatan dan Anda dapat menikmati banyak hiburan dengan biaya rendah.  Ini bisa jadi malah menjadi alasan terbesar kerja di Korea untuk wanita.

BACA JUGA:Harga Cuma Rp1 Jutaan! 7 Hp Terbaik untuk Ojek Online 2024

4. Gaji Tinggi
Indonesia merupakan salah satu negara yang  banyak mengirmkan tenaga kerja ke Korea Selatan dengan total TKI yang bekerja di Korea Selatan sebanyak 16.000 orang. Menurut Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Tenaga kerja Indonesia (TKI) mampu menghasilkan pendapatan per bulan hingga mencapai Rp30 juta per bulan.

Bahkan banyak diantara mereka yang memiliki tabungan di atas satu miliar rupiah. Selain gaji,mereka juga diberikan fasilitas lain berupa tempat tinggal, makan tiga kali, dan asuransi. Berikut adalah gaji kerja di korea untuk beberapa jabatan mulai dari karyawan pabrik hingga dokter hewan.

Profesi    Gaji                    ( Won Korea)                Gaji (Rupiah)
Dokter Hewan                   10.100.000 KRW           100 juta rupiah
Akuntan                            7.500.000 KRW            90 juta rupiah
Konsultan                          6.500.000 KRW            80 juta rupiah
Analis bisnis                       6.113.000 KRW            76 juta rupiah
Bidang Pastry & Restoran    5.000.000 KRW            60 juta rupiah
Karyawan Pabrik                 1.500.000 KRW            18 juta rupiah
Asisten Rumah Tangga        1.300.000 KRW            16 juta rupiah
Pekerja toko                       1.400.000 KRW            17 Juta rupiah

BACA JUGA:Bisa Modal Kecil, Jangan Takut Mulai Usaha Ayam Potong Kemitraan

Syarat Kerja di Korea untuk Wanita
Ada kualifikasi dan persyaratan yang wajib dipenuhi bagi Anda yang mau bekerja di Korea Selatan, diantaranya adalah:

Kualifikasi Umum
Berikut ini adalah kualifikasi umur, fisik, dan kesehatan, pastikan setiap poin syarat terpenuhi karena bersifat wajib.
- Usia 18 – 39 tahun saat mendaftar.
- Pendidikan minimal SLTP atau sederajat, diutamakan SMK atau SMA.
- Tidak buta warna dibuktikan dengan surat keterangan dokter.
- Tidak memiliki cacat dan perhatikan syarat fisik kerja di korea,
- Tidak memiliki riwayat penyakit Tubercholosis (TBC), Hepatitis dan Shypilis.
- Mantan pekerja di Korea Selatan lebih dari 5 akan.
- Lulus tes Membaca, Mendengar, Tes Kekuatan Fisik, Wawancara, Kemampuan Dasar.

Syarat Dokumen
Jangan lupa untuk melengkapi syarat kerja di Korea untuk Wanita dalam hal dokumen wajib bisa berupa file asli atau hasil scan:
- Scan KTP.
- Scan paspor yang masih berlaku.
- File Pas foto yang diupload adalah file asli dari kamera.
- Scan Ijasah asli pendidikan terakhir.
- Scan buku tabungan atas nama pendaftar pribadi.
- Scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna.

BACA JUGA:Cuan! Ini Harga Tembaga Bekas per Kilogram 2024

Bagi yang memerlukan informasi lebih lanjut terkait syarat kerja di korea untuk wanita, dapat menghubungi melalui alamat email: [email protected].

Pekerjaan di Korea untuk Wanita
Ada beragam jenis pekerjaan di Korea Selatan tergantung dari kemampuan Anda, Diantaranya adalah

1. Pekerjaan Kerah Biru
Pekerjaan di industri kerah biru seperti otomotif, kimia, elektronik, dan baja sangat membutuhkan tenaga kerja di Korea. Selain itu, pekerjaan seperti bersih-bersih atau bertani juga sangat diminati.Karena pekerjaan ini biasanya tidak memerlukan keterampilan bahasa Korea atau keterampilan khusus lainnya, mungkin pekerjaan tersebut adalah cara termudah bagi TKI untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak perusahaan yang ramah terhadap TKI dan bergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja, akomodasi juga disediakan.

2. Pekerja Profesional
Ada banyak perusahaan internasional di Korea Selatan yang secara agresif merekrut TKI atau 교포 (gyopos) yang juga dikenal sebagai “diaspora Korea”. Jadi jika Anda memenuhi syarat untuk suatu posisi, Anda pasti akan dianggap sebagai kandidat potensial. Selain itu, jika Anda bekerja di perusahaan global, banyak karyawan Korea yang menguasai dua bahasa atau multibahasa, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mengerjakan proyek dengan mereka.

BACA JUGA:Bisa Modal Kecil, Jangan Takut Mulai Usaha Ayam Potong Kemitraan

Namun, untuk mencari pekerjaan di Korea, penting untuk diperhatikan bahwa sebagian besar pekerjaan profesional membutuhkan kefasihan dalam bahasa Korea jika bahasa pertama Anda bukan bahasa Korea.Oleh karena itu, Anda mungkin kesulitan mencari pekerjaan di Korea jika Anda tidak bisa berbahasa Korea. Anda harus memiliki cara untuk membuktikan bahwa Anda dapat berbicara bahasa tersebut, seperti skor TOPIK atau sertifikat sekolah bahasa Korea.

Situs Lowongan Kerja di Korea untuk Wanita
Jika Anda salah satu dari banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan pekerjaan di Korea Selatan sebagai TKI, panduan ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mendapatkan pekerjaan di Korea Selatan.

- JobKorea
- Saramin
- PeopleNJob
- LinkedIn dan Craigslist
- The Korea Herald
- The Korea Times
- The Seoul Times
- Robert Walters
- Incruit

Tips Bekerja di Korea untuk Wanita
Berikut ulasan mengenai kemampuan bahasa, wawancara, networking, jam kerja dan hari libur yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan berkerja di Korea.

BACA JUGA:Ini Keuntungan Jadi Agen AQUA Galon Beserta Syaratnya

Kemampuan Bahasa Korea
Kerja di korea untuk wanita tetap menuntut persyaratan keterampilan bahasa Korea sepenuhnya. Namun, jika Anda dapat membuktikan kemampuan bahasa Anda, Anda pasti akan memiliki keunggulan di atas orang lain yang melamar pekerjaan yang sama.Untuk keterampilan bahasa Korea, Anda akan diminta untuk menunjukkan hasil tes TOPIK (Test of Proficiency in Korean — website) atau sertifikat dari 어학당 (eohakdang) yang merupakan sekolah bahasa Korea tempat Anda bersekolah.

Agar memenuhi syarat untuk bekerja di Korea Selatan, Anda membutuhkan pengetahuan tentang bahasa Korea. Meski tidak wajib, tetapi sangat disarankan. Pemberi kerja akan lebih menyukai pelamar yang tahu bahasa Korea atau tertarik untuk belajar Bahasa Korea karena akan membantu mereka berintegrasi dengan rekan kerja dan budaya kerja lebih banyak.

Sedangkan untuk perusahaan, Anda perlu menunjukkan bukti bahwa Anda bisa berbicara bahasa Korea. Mereka tidak mengharapkan Anda berbicara bahasa Korea dengan lancar, tetapi mereka pasti akan menghargai dan menganggap Anda lebih sebagai calon karyawan, karena memiliki sertifikat atau hasil TOPIK menunjukkan betapa berambisi Anda bekerja di Korea Selatan.

Tips Wawancara
Saat masuk untuk wawancara Kerja di korea untuk wanita, Anda harus datang 10—15 menit lebih awal. Memiliki salinan cetak resume dan surat lamaran Anda, dan, jika memungkinkan, miliki dalam bahasa Inggris dan Korea. Merupakan tradisi di Korea untuk membungkuk daripada berjabat tangan ketika bertemu seseorang. Jangan mencoba menjabat tangan pewawancara kecuali mereka memulai.Ketahuilah bahwa seluruh proses wawancara bisa memakan waktu beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan. Anda juga mungkin diminta untuk menyerahkan skor Test of Proficiency in Korean (TOPIK).

BACA JUGA:Polresta Bengkulu Tangkap 3 Pelaku Pengaturan Skor Bola

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: