Cocok untuk Milenial! Menabung Saham di BCA Sekuritas yang Mudah

Cocok untuk Milenial! Menabung Saham di BCA Sekuritas yang Mudah

BCA Sekuritas memberikan banyak kemudahan yaitu menawarkan jasa underwriting dan broker ritel yang mencangkup nasabah premium, pasar modal, riset, perdagangan surat utang, serta pembiayaan perusahaan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Investasi bisa diartikan sebagai menabung modal untuk mendapatkan profit dari modal tersebut. Jika dilakukan dengan berhati-hati, Investasi akan sangat membantu keuangan dan jaminan masa depan Anda. Sementara saham merupakan bukti/tanda kepemilikan seseorang atas suatu perusahaan. Jika Anda membeli saham, itu artinya Anda telah memiliki sebagian kepemilikan dari suatu perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang dibeli.

Anda juga berhak memperoleh keuntungan sebesar jumlah saham yang Anda beli. Agar lebih paham, simak ulasan selanjutnya pada artikel ini.

BACA JUGA:Bidang Usaha Pertanian dan Peternakan yang Bisa Jadi Peluang Bisnis

Pengertian BCA Sekuritas
BCA Sekuritas ialah perusahaan sekuritas dari grup BCA. BCA Sekuritas sudah masuk di daftar perusahaan efek di Otoritas Jasa Keuangan dan telah memiliki izin usaha. BCA Sekuritas memberikan banyak kemudahan yaitu menawarkan jasa underwriting dan broker ritel yang mencangkup nasabah premium, pasar modal, riset, perdagangan surat utang, serta pembiayaan perusahaan.

Cara Menabung Saham di BCA
Berikut ini akan dipaparkan cara-cara menabung saham melalui BCA yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Punya Rekening BCA Sebelumnya
Cara yang pertama yaitu Anda harus memiliki buku tabungan dari tabungan biasa. Buku tabungan ini nantinya akan dipakai sebagai syarat pembukaan rekening sekuritas. Buku tabungan akan dinilai oleh pihak bank untuk menentukan Apakah Anda masih dalam status aktif atau tidak. Bank akan mengecek semua transaksi Anda, mulai dari transaksi masuk maupun keluar.Selain itu buku ini bisa menjadi jaminan jika terdapat kendala pendanaan saat menabung saham di BCA.

2. Buka Rekening Sekuritas
Terdapat dua cara untuk dapat membuka rekening sekuritas, yaitu offline dan online. Jika secara offline, Anda tinggal datang langsung ke kantor BCA Sekuritas terdekat. Sedangkan untuk yang online, Anda dapat mengikuti langkah di bawah berikut ini.

- Download formulir melalui link ini https://www.bca sekuritas.co.id.
- Isikan semua data yang diperlukan di formulir tersebut.
- Sisipkan semua dokumen berupa fotokopi KTP, NPWP, serta foto buku rekening BCA.
- Satukan formulir dan dokumen lalu kirimkan ke pusat BCA Sekuritas.
- Tunggu sampai BCA mengirimkan berkas persetujuan serta PIN, username, serta password.
Nah pakai PIN, username, serta password tersebut saat hendak menabung saham.

BACA JUGA:Bisa Cuan, Ide Usaha Jajanan Anak dengan Modal Kecil

3. Siapkan Setoran/Deposit Awal
Proses selanjutnya, Anda bisa mulai menyetorkan saham Anda di BCA Sekuritas. Minimal penyetoran adalah sebesar 1 juta rupiah. Setelah menyetor, Anda bisa mulai bertransaksi saham.

4. Pilih Perusahaan untuk Dibeli Sahamnya
Sebelum membeli saham, tentukan dulu Anda mau membeli saham di perusahaan mana. Ada banyak pertimbangan dalam memilih perusahaan seperti mengecek kredibilitas atau likuiditasnya. Perusahaan yang memiliki likuiditas baik, akan dapat mempengaruhi harga saham di pasar.

5. Beli Saham
Cara untuk menabung saham di BCA Sekuritas adalah dengan membeli saham. Caranya cukup mudah, ikuti langkah ini.

- Buka aplikasi BCA Security.
- Tentukan perusahaan yang Anda ingin beli sahamnya..
- Ketikkan PIN, username, serta password.
- Klik “Beli”.
- Klik jumlah lot saham yang ingin dibeli.
Setiap lot berisi 100 saham. Harganya untuk BCA adalah Rp 3.345.000 per tahun 2020.
- Klik “Konfirmasi”.
Nah setelah membeli saham, Anda akan berperan secara aktif dalam bertransaksi saham.

BACA JUGA:Distributor Sembako Bayar di Tempat dengan Harga Murah

6. Lakukan Diversifikasi Investasi
Untuk memaksimalkan keuntungan ketika berinvestasi serta mengurangi kerugian, Anda dapat menerapkan diversifikasi investasi. Diversifikasi adalah menempatkan saham Anda di beberapa perusahaan yang berbeda. Dengan begitu risiko kerugian dapat dikurangi.Misalnya Anda membeli saham 1 lot di perusahaan 1. Kemudian membeli saham lain sebanyak 1 lot juga di perusahaan 2.

7. Pantau Terus Pergerakan Saham
Perlu diingat untuk selalu memantau pergerakan saham yang Anda beli. Dengan begitu Anda akan ter up to date. Hal ini karena harga saham bisa berubah sewaktu-waktu. Nah jika saham Anda harganya tidak mengalami kenaikan, maka pasti terdapat masalah di perusahaan dan saham yang Anda beli. Cara mengatasinya adalah menjualnya dengan cepat dan membeli saham lagi yang lain.

8. Siapkan Modal/Dana Darurat
Dana akan diperlukan ketika saham milik Anda tidak memiliki harapan lagi. Nah jika itu terjadi Anda pasti membutuhkan dana darurat untuk membeli saham lain.

9. Menjual Saham
Apabila saham yang Anda beli mengalami kenaikan harga dan sudah melebihi harga beli di awal, Anda bisa menjualnya. Hal ini dilakukan agar keuntungan yang diperoleh dapat segera diambil.

BACA JUGA:Ini Dia Perkiraan Gaji di Bidang Agroteknologi

10. Monitoring Portofolio
Pada halaman beranda aplikasi BCA Sekuritas, Anda dapat memonitoring saham mana saja yang Anda beli dan sejauh mana angka pergerakan harganya. Selain itu Anda juga bisa melihat keuntungan dan kerugian yang Anda miliki saat ini.

Keuntungan Menabung Saham di BCA Sekuritas
Setelah membaca cara-cara menabung saham diatas, kini saatnya Anda mengetahui keuntungan dari menabung di BCA. Berikut ini keuntungan menabung saham di BCA, antara lain:

1. Besar Profit Lebih Besar Dari Tabungan Biasa
Tabungan biasa hanya memberikan bunga sebagai tanda terima kasih bank terhadap nasabah. Nah sedangkan saham, tidak memiliki bunga namun dapat memperoleh keuntungan dari kenaikan grafik saham Anda. Meskipun kenaikan grafik saham tidak selalu stabil, namun keuntungan ini tidak terbatas jika Anda melakukannya dengan cara yang tepat.

BACA JUGA:Ini Dia Gaji Lulusan STPN dan Prospek Kerjanya

2. Terdaftar Sebagai Investor Di KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia)
Anda akan menjadi investor secara sah yang telah terdaftar di KSEI jika Anda menabung di BCA. Anda dapat mengecek pergerakan grafik di KSEI dengan mudah, yakni Anda tinggal menyiapkan kata sandi registrasi untuk masuk. Setelah itu, Anda bisa mengakses beragam investasi online di dalamnya.Nah itu dia cara menabung saham di BCA beserta keuntungannya. Sekian, semoga bermanfaat.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: