Inilah Daftar Gaji Polisi Tertinggi di Dunia! Bagaimana dengan Indonesia?

Inilah Daftar Gaji Polisi Tertinggi di Dunia! Bagaimana dengan Indonesia?

Bekerja sebagai polisi memang merupakan suatu kehormatan untuk mengemban tugas sebagai penegak hukum dan pengayom masyarakat.--

- Inspektur Polisi Dua (masa jabatan 0-32 tahun): 2.735.300-4.425.200 rupiah/ bulan. Jabatan ini biasanya belum menempati posisi strategis di kesatuan wilayah kepolisian. Namun, untuk beberapa daerah seperti Papua menjadi pengecualian, sehingga perwira Ipda dapat menjadi Kepala Polsek di daerah tersebut. Tugasnya adalah memimpin polsek satuan wilayahnya dengan baik sehingga keamanan, ketertiban dan ketentraman arenya terjaga dengan baik dengan mengalokasikan anggotanya dengan baik diberbagai tempat di daerah Polsek tersebut.
- Inspektur Polisi Satu (masa jabatan 0-32 tahun): 2.820.800-4.635.600 rupiah/ bulan. Jabatan ini bisa ditempatkan sebagai Kapolsek diberbagai daerah di Indonesia. Tugasnya adalah memimpin area tugasnya dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan baik dipusat atau
- Ajun Komisaris Polisi (masa jabatan 0-32 tahun): 2.909.100-4.780.600 rupiah/ bulan. Jabatan ini biasanya ditempatkan pada posisi kepala Polsek ataupun Polsekta yang bertipe rural. Jadi, tugas seorang AKP adalah memimpin Polsek kesatuan beserta dengan anggota polisi lainnya dalam menjaga keamanan dan ketentraman wilayah kesatuannya. Selain itu, seorang AKP juga bertanggung jawab dalam mengawasi, membuat peraturan bersama pemerintah dan melakukan evaluasi terhadap implementasi peraturan yang dilakukan baik itu yang ditetapkan oleh pusat ataupun daerah.

BACA JUGA:KPU Kota Bengkulu Gelar Rapat Pleno Terbuka Tingkat Kota, Berharap Proses Berjalan Lancar

Gaji Polisi Golongan IV (Perwira Menengah)
Golongan IV merupakan pangkat yang cukup tinggi di jajaran Kepolisian dan biasanya sudah memegang posisi penting seperti Kapolsek atau Kapolri. Sedangkan jenjang karier dan gaji yang diperoleh adalah sebagai berikut, antara lain:

- Komisaris Polisi (masa jabatan 0-32 tahun): 3.000.100-4.930.100 rupiah/ bulan. Jabatan ini biasanya memimpin polsek ataupun polsekta yang memiliki tipe urban. Tugasnya adalah memimpin polsek atau polsekta yang menjadi tanggung jawabnya dengan baik. Hal ini termasuk pengawasan kepada anggota polisi, melakukan penertiban, pengaturan, implementasi peraturan dan kebijakan yang berlaku sekaligus membuat berbagai peraturan yang sesuai diwilayah kerjanya.
- Ajun Komisaris Besar Polisi (masa jabatan 0-32 tahun): 3.09.900-5.084.300 rupiah/ bulan. Jabatan ini biasa memimpin Polsek atau Polsekta yang berada disekitar Polda Metro Jaya. Namun, untuk daerah lainnya seorang AKBP akan memimpin Polres yang memantau per sektor wilayah kota madya atau kabupaten. Tugasnya adalah memimpin Polres serta anggotanya dengan baik dalam mengawasi keamanan wilayahnya, membuat peraturan, pengawasan dan bekerjasama atau koordinasi dengan instansi ataupun militer lainnya.
- Komisaris Besar (masa jabatan 0-32 tahun): 3.190.700-5.243.400 rupiah/ bulan. Jabatan ini biasanya ditempatkan pada Polres yang ada dikota ataupun kota besar diseluruh wilayah Indonesia. Tugas seorang kombes adalah memimpin Polresta ataupun Polrestabes beserta anggotanya dengan baik dalam menjaga keamanan, ketertiban serta ketentraman wilayah satuan kerjanya.

BACA JUGA:New Honda Stylo 160 Sudah Hadir di Bengkulu, Motor Vespa Look dengan Banyak Keunggulan dan Fitur Lengkap

Gaji Polisi Golongan IV (Perwira Tinggi)
Nah, pangkat perwira tinggi ini merupakan yang paling tinggi di antara semua pangkat di atas dan tentu saja nilai gaji yang diberikan juga paling besar. Berikut ini rincian kenaikan gaji untuk golongan IV atau pangkat perwira tinggi, antara lain:

- Brigadir Jenderal (masa jabatan 0-32 tahun): 3.290.500-5.407.400 rupiah/ bulan. Jabatan ini biasanya ditempatkan sebagai kepala Polda Tipe B. Tugas posisi ini adalah memimpin Polda serta anggotanya dengan baik dalam mengawasi keamanan wilayahnya, bekerjasama dan koordinasi dengan instansi biasa ataupun militer lainnya ketika dibutuhkan, membuat peraturan serta memberikan keputusan ketika dibutuhkan.
- Inspektur Jenderal (masa jabatan 0-32 tahun): 3.290.500-5.576.500 rupiah/ bulan. Seorang inspektur jenderal dapat ditempatkan sebagai kepala Polda Tipe A-K atau A yang ada dikota-kota besar. Tugas utama jabatan ini adalah memimpin dan mengawasi Polda serta anggotanya dengan baik dalam menjalankan berbagai tugas masing-masing kesatuan diwilayahnya, bekerjasama dan koordinasi dengan instansi biasa ataupun militer lainnya ketika dibutuhkan serta membuat peraturan ketika diperlukan.

BACA JUGA:Peluang Bisnis Supplier Baju Import, Bisa Hasilkan Keuntungan Besar

- Komisaris Jenderal (masa jabatan 24-32 tahun): 5.079.300-5.930.800 rupiah/ bulan. Pangkat sebagai sorang komisaris jenderal biasanya memiliki kedudukan sebagai Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri). Tugasnya adalah membantu Kapolri dalam melaksanakan berbagai tugasnya dengan mengendalikan pelaksanaan kegiatan dan tugas sehari-hari diseluruh kesatuan staf Mabes Polri dan jajarannya sekaligus mewakili Kapolri ketika Kapolri berhalangan hadir.
- Jenderal (masa jabatan 24-32 tahun): 5.238.200-5.930.800 rupiah/ bulan. Pangkat ini biasanya ditunjuk menjadi Kapolri di Mabes Polri Republik Indonesia. Tugasnya adalah memimpin Mabes Polri pusat yang berada di Jakarta, selain itu membuat peraturan dan melakukan pengawasan serta evaluasi terhadap peraturan yang ada. Selain itu Kapolri mengikuti rapat pimpinan negara bersama Presiden dalam membuat peraturan yang diterapkan diseluruh Indonesia.

Tunjangan Polisi
Bagaimana menurut Anda, apakah sudah cukup memuaskan? Jangan salah sangka dulu, gaji yang disebutkan di atas hanyalah gaji pokoknya saja. Selain itu, masih ada tambahan lainnya seperti tunjangan, uang lauk pauk dan juga tunjangan pensiun. Berikut ini informasinya, antara lain:

BACA JUGA:Gandeng Volta, Bank Mandiri Dukung Pembelian Produk Motor Listrik dengan Pembiayaan Kredit

- Setiap hari kerjanya, seorang polisi mendapatkan jatah uang lauk pauk sekitar 60 ribu per harinya
- Tunjangan kinerja juga tak kalah besar jumlahnya dari gaji pokok yaitu sekitar 70 hingga 100 persen dari total gaji yang didapatkan
- Masih ada lagi tambahan penghasilan yang diberikan yaitu tunjangan pensiun yang besarannya disesuaikan dengan jabatan/pangkat polisi, kisarannya antara 1 hingga 4 jutaan

Itulah rincian gaji polisi di Indonesia sesuai pangkat dan golongannya, serta perbandingan dengan gaji polisi di negara lain di dunia.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: