Butuh Bantuan Modal Usaha? KUR Bank DIY Bisa Jadi Solusinya

Butuh Bantuan Modal Usaha? KUR Bank DIY Bisa Jadi Solusinya

Bank DIY berharap program KUR bisa benar-benar memberi manfaat pada UMKM masyarakat.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Daerah Istimewa Yogyakarta atau D.I.Y merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Bahkan, Daerah tersebut diklaim sebagai Bali di Pulau Jawa karena disana terdapat banyak objek wisata budaya serta wisata alam yang kerap dikunjungi turis Domestik maupun Mancanegara.

Kemudian masyarakat kota Jogja juga banyak yang memanfaatkan hal tersebut sebagai ladang penghasilan. Salah satunya adalah membuat kerajinan tangan berupa souvenir atau cinderamata. Namun, di masa pandemi seperti sekarang ini tentu saja objek wisata di DIY mengalami penurunan jumlah pengunjung.

BACA JUGA:Kontraktor dan Online Shop! Inilah Jenis Usaha yang Kerap Ditolak KUR Bank BRI

Hal tersebut tentu saja berpengaruh pada pendapatan para pemilik UMKM yang memanfaatkan destinasi wisata di kota Jogja. Dengan demikian, Bank Pembangunan Daerah Yogyakarta menawarkan solusi finansial melalui program KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Pengajuan dana KUR Bank DIY nantinya bisa kalian gunakan untuk modal kerja atau investasi. Disamping itu, proses pengajuan juga bisa dilakukan secara perorangan maupun Badan Usaha. Bank DIY juga menerapkan persyaratan khusus untuk para debitur, antara lain memiliki bisnis usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan serta jaminan berupa barang bergerak atau tidak bergerak.

BACA JUGA:Prediksi Nama 30 Anggota DPRD Bengkulu Utara Periode 2024-2029

Sedangkan untuk nominal kredit dari program tersebut juga beragam, yakni mulai dari puluhan sampai dengan ratusan juta rupiah. Nah, sebagai referensi berikut kami sajikan tabel KUR Bank DIY berisi jumlah pinjaman hingga biaya angsuran per bulan :

Tabel KUR 25 Juta Tenor 48 Bulan

Tabel KUR 25 Juta Tenor 60 Bulan


Tabel KUR 500 Juta Tenor 60 Bulan


Namun perlu diketahui jika informasi pada tabel diatas masih bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan Bank DIY. Disamping itu, masih ada beberapa ketentuan lainnya dari program KUR Bank DIY, maka dari itu mari kita lanjut ke informasi berikutnya.

BACA JUGA:Ini Dia Simulasi Angsuran KUR Bank DKI 2024

Jenis KUR Bank DIY
Bank DIY juga membagi program KUR menjadi 2 jenis, yaitu Mikro dan Ritel. Masing-masing jenisnya memiliki ketentuan tersendiri terkait jumlah dana KUR yang tersedia. Daripada penasaran, langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini :

KUR Mikro
Untuk jenis KUR Mikro, Bank DIY menyediakan limit pinjaman antara Rp. 1.000.000 sampai dengan Rp. 25.000.000. Jenis pinjaman ini mungkin bisa jadi pilihan terbaik untuk mengembangkan bisnis UMKM dengan penghasilan tidak terlalu besar.

BACA JUGA:Ini Dia Simulasi Pinjaman KTA Maybank 2024 yang Harus Anda Ketahui

KUR Kecil / Ritel
Sedangkan untuk Badan Usaha atau kalian pemiliki bisnis berskala besar mungkin bisa memilih KUR jenis ini sebagai modal kerja atau investasi. Disini kalian dapat mengajukan dana KUR mulai dari Rp. 25.000.000 hingga Rp. 500.000.000.

Tenor Angsuran Untuk KUR Bank DIY
Selain ketentuan mengenai jumlah pinjaman dari setiap jenis KUR Bank DIY, kami juga informasi seputar pilihan tenor angsuran yang tersedia pada program tersebut. Jadi, mengenai pilihan tenor disesuaikan dengan jenis KUR dan tujuan pembiayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: