Ini Dia Syarat Pengajuan KUR BRI 2024, Bisa Jadi Andalan UMKM

Ini Dia Syarat Pengajuan KUR BRI 2024, Bisa Jadi Andalan UMKM

Setiap hari, dana KUR sebesar Rp 1 triliun disalurkan kepada pelaku usaha dengan harapan memberikan akses permodalan dengan suku bunga yang rendah.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Syarat pengajuan KUR BRI 2024 sebenarnya mudah, selama mengenal jenis-jenis KUR milik bank BUMN tersebut. Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah menjadi andalan bagi para pelaku usaha di Indonesia karena menawarkan kredit dengan tingkat bunga yang terjangkau.

BACA JUGA:Bunga Terjangkau Tanpa Biaya Tambahan! Pinjaman KUR Bank Jatim 2024

Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung pengembangan usaha masyarakat melalui pinjaman yang disalurkan oleh lembaga perbankan. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) merupakan salah satu bank yang dipercaya dalam menyalurkan KUR.

Pada tahun 2024, BRI telah mengalokasikan dana sebesar Rp 230 triliun untuk program ini. Setiap hari, dana KUR sebesar Rp 1 triliun disalurkan kepada pelaku usaha dengan harapan memberikan akses permodalan dengan suku bunga yang rendah.

BACA JUGA:Cuma Modal HP! Plafon 100 Juta Langsung Cair dan Pinjaman BCA Tanpa Agunan

Suku bunga KUR sebesar 6 persen per tahun atau 0,5 persen per bulan, karena program ini di jamin oleh pemerintah. Namun, untuk tahun 2024, terdapat perubahan terkait penetapan suku bunga, bergantung pada jumlah penerimaan KUR sebelumnya. Jika penerima telah mendapatkan KUR sebanyak satu kali, suku bunga akan menjadi 7 persen. Jika dua kali, suku bunga menjadi 8 persen, dan seterusnya.


Syarat Pengajuan KUR BRI 2024
Proses pengajuan KUR di Bank BRI relatif mudah, dengan persyaratan dokumen yang cukup standar. Dokumen yang di perlukan mencakup fotokopi KTP suami-istri, fotokopi KK, fotokopi surat nikah, surat keterangan usaha, syarat BPJS Ketenagakerjaan, dan persyaratan lain yang di tetapkan oleh bank.

BACA JUGA:Murah Banget! KUR BSI 2024 Pinjaman 50 Juta Bunga 0 Persen Cicilan Ringan

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai program KUR dari Bank BRI di tahun 2024:

KUR Mikro BRI
Program ini di tujukan untuk individu dengan usaha produktif dan layak. Memkiliki yang sudah 6 bulan berjalan minimal. Selain itu, penerima tidak sedang menerima kredit perbankan, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, atau kartu kredit.

BACA JUGA:Pinjaman Rp 200 Juta Angsuran Murah Bunga 6 Persen! Tabel KUR BRI 2024

KUR TKI BRI
Program KUR TKI di tujukan untuk tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja di luar negeri. Persyaratan administrasi mencakup KTP, Kartu Keluarga, dokumen perjanjian kerja, perjanjian penempatan, paspor, visa, dan persyaratan lain sesuai dengan ketentuan bank.

KUR Kecil BRI
Untuk usahawan yang membutuhkan pinjaman dengan nominal besar, KUR Kecil Bank BRI menjadi pilihan. Syaratnya antara lain punya usaha produktif yang layak, telah menjalankan usaha minimum 6 bulan, dan juga tidak menerima kredit perbankan terkecuali konsumtif.Dokumen selanjutnya yang di butuhkan misalnya surat izin usaha mikro dan kecil serta surat izin usaha lainnya.

BACA JUGA:Cara Aman dan Nyaman Menyetir Mobil di Malam Hari

Plafon Pinjaman dan Suku Bunga
Plafon pinjaman KUR Kecil berkisar dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta, di sesuaikan dengan kemampuan cicilan. Program ini memiliki jenis pinjaman seperti Kredit Modal Kerja dengan masa pinjaman maksimal 4 tahun, dan kredit investasi dengan masa pinjaman maksimal 5 tahun.

Suku bunga yang berlaku adalah 6 persen efektif per tahun, namun untuk KUR Kecil wajib memakai jaminan sesuai dengan ketentuan pihak bank. Dengan persyaratan yang relatif mudah di penuhi, program KUR BRI 2024 memberikan kesempatan besar bagi pelaku usaha.Selama bisa memenuhi syarat pengajuan KUR BRI 2024, nasabah bisa mendapatkan modal dengan suku bunga yang terjangkau. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: