Pemerintah Patok Besaran KUR BRI Hingga RP 165 Triliun, Simak Syarat Dan Cara Pengajuan

Pemerintah Patok Besaran KUR BRI Hingga  RP 165 Triliun, Simak Syarat Dan Cara Pengajuan

KUR BRI 2024 -IST/BE-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Program KUR (Kredit Usaha Rakyat) mendorong para pelaku usaha UMKM untuk meningkatkan usaha dan bisnis yang dijalankan. 

Perlu diketahui sebelumnya  pemerintah sudah menetapkan besaran KUR untuk tahun 2024 dengan dipatok sebesar Rp300 triliun.

Dari jumlah nominal tersebut, Bank BRI mendapatkan alokasi KUR terbesar yakni senilai Rp165 triliun atau tercatat lebih rendah dibandingkan target 2023 sebesar Rp194,4 triliun.

Jika ditotalkan, nominal realisasi penyaluran KUR tersebut pada tahun 2023 hingga Desember 2023 berdasarkan data Sistem Infromasi Kredit Program (SIKP) sebesar Rp232,16 triliun atau sebesar 78,17% dari target sebesar Rp297 triliun kepada 4,15 juta debitur.

BACA JUGA:Cuan Ratusan Ribu Rupiah Dari Aplikasi Jackpat, Isi Survey Dapat Saldo DANA Gratis Terbukti Aman dan Membayar

Sebagaimana diketahui, KUR merupakan program pemerintah dengan memberikan kredit bunga kecil kepada usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Program tersebut disalurkan melalui lembaga keuangan seperti, BRI, BNI, Mandiri, dan bank lainnya.

KUR yang disalurkan ini hanya bisa dicairkan jika pengaju telah memenuhi syarat pengajuan yang ditetapkan oleh bank. Setiap bank memiliki syarat yang ditetapkan tersendiri.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan perseroan berkomitmen untuk dapat memenuhi target penyaluran KUR Rp165 triliun tahun ini mengingat saat ini BRI sudah memiliki infrastruktur yang memadai serta sumber pertumbuhan baru melalui Ekosistem Ultra Mikro bersama Pegadaian dan PNM.

BACA JUGA:Penyaluran KUR di Jambi Capai Rp5,38 Triliun, Terbanyak Penerima Bukan Kerinci atau Sarolangun Tapi Daerah ini

Selain itu, Bank BRI telah memiliki BRISPOT yang terus dioptimalisasikan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan tenaga pemasar (mantri). Selain itu kami juga akan mengoptimalkan potensi dari ekosistem model bisnis baru seperti PARI dan Localoka,

Pada tahun 2023, BRI telah menyalurkan KUR senilai Rp163,3 triliun kepada 3,5 juta debitur. Sebagain besar KUR BRI disalurkan untuk sektor produksi dengan proporsi mencapai 57,38%.

Syarat dan Cara Pengajuan KUR BRI 2024

Bank BRI menetapkan beberapa syarat berbeda untuk setiap jenis kelompok yang ditetapkan. Syarat untuk KUR Mikro, BRI menetapkan syarat usaha yang dijalankan perorangan. Berikut adalah syarat yang ditetapkan bank BRI terkait KUR serta cara pengajuannya:

-Usaha yang produktif dan layak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: