Kemenag Ketakutan Kuota Haji Diambil Alih Provinsi

Kemenag Ketakutan Kuota Haji Diambil Alih Provinsi

BINTUHAN, BE – Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apakah  kuota haji yang berangkat  2013 merupakan kuota provinsi atau kabupaten. Hingga saat ini belum ada surat resmi dari pihak Kanwil Kemenang Provinsi Bengkulu,  terkait pengaturan kuota.

\"Saat ini  kami  belum mendapat kejelasan pasti terkait masalah kuota haji yang akan berangkat di tahun 2013 ini tapi diharapkan kuota haji hingga tahun 2017 mendatang tetap menggunakan kuota yang lama,\" kata   Kapala Kemenang Kaur H  Paimat Solihin didampingi Kasi Haji H Ridwan Syah, kemarin.

Dia mengatakan tahun 2013 hingga 2017 JCH Kaur  semuanya sudah mendapatkan nomorkursi.  Untuk itu sangat berharap, bahwa di tahun 2017 nanti baru kuota Kaur bisa dikembalikan ke provinsi.

\"Kalau tidak kita  masih cukup kesulitan, apa lagi sejak pertengahan tahun 2012 siskohat kita  rusak sampai saat ini, maka biarkanlah kuota haji kaur tetap semula, jikapun nanti  diatur maka menunggu hingga 2017 nantinya,\" jelasnya.

Kuota haji setiap tahunnya sekitar 106 JCH. Berdasarkan data yang di dapat dari Kemenang Kaur  JCH Kaur sampai tahun 2017 sudah mendapatkan nomor kursi masing-masing.  Sementara untuk pendaftar JCH tahun 2013 nantinya akan berangkat tahun  2018 mendatang. Lantaran siskohat haji Kaur mengalami kerusakan sampai saat  ini. Maka pendaftaran JCH saat ini tetap dilakukan dengan cara manual sambil  menunggu Siskohat haji secara  online kembali.

\"Kita sudah berulang kali melaporkan tentang kerusakan Siskohat haji atau tempat pendaftaran online haji . Sampai saat ini belum juga dapat di  perbaiki, sehingga kita khawatir kalau di tahun 2013 ini, kuota harus dikembalikan ke provinsi sementara Siskohat kita masih rusak,\" jelasnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkab Kaur KH Ahmad Yunizar Spd, pihaknya sangat mengaharapkan jika kouta haji dilakukan seperti dahulu, jikapun provinsi mengambil alih  tidak menjadi persoalan, namun alangkah baiknya serahkan saja urusan tersebut kepada daerah-daerah masing. \"Karena daerah masing-masing bisa mengatasi semuanya untuk persoalan haji ini,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: