Ini Dia Ciri-ciri Knalpot Mobil Mengalami Kebocoran

Ini Dia Ciri-ciri Knalpot Mobil Mengalami Kebocoran

Ciri knalpot mobil yang bocor biasanya bisa dikenali dari adanya perubahan suara mesin yang menjadi lebih berisik. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bila knalpot mobil bocor, sebaiknya jangan terus dibiarkan. Mengetahui ciri knalpot mobil yang bocor merupakan langkah awal dalam menjaga kesehatan kendaraan. Ciri knalpot mobil yang bocor biasanya bisa dikenali dari adanya perubahan suara mesin yang menjadi lebih berisik. Bisa juga muncul suara desisan atau hisapan yang tidak lazim saat mesin beroperasi.

BACA JUGA:Dibanderol Harga Rp1,4 Miliar, BMW iX1 Resmi Meluncur di Indonesia

Ciri lainnya, terasa penurunan efisiensi mesin atau penurunan performa. Dan tanda lainnya, terlihat muncul karat di area sekitar knalpot. Kemunculan karat ini juga merupakan salah satu penyebab kebocoran knalpot. Korosi atau paparan karat pada sistem knalpot dapat melemahkan struktur, menyebabkan retak atau lubang yang memungkinkan gas buang keluar. Penyebab kedua, bisa karena adanya retakan akibat benturan atau goncangan yang dialami kendaraan selama penggunaan.

BACA JUGA:Biar Tahu! Ini Ukuran Garasi Mobil Ideal Untuk Dibuat di Rumah

Sensor oksigen yang rusak atau sistem pengontrol emisi yang tidak berfungsi juga dapat menyebabkan pembakaran bahan bakar yang tidak efisien. Ini meningkatkan risiko terjadinya kondensasi air di dalam knalpot, dan mempercepat proses korosi yang mengakibatkan knalpot mobil bocor.

Adapun knalpot yang bocor bisa berdampak pada emisi gas buang yang lebih tinggi. Gas beracun seperti karbon monoksida (CO) dapat lebih mudah bocor ke lingkungan sekitar, memberikan risiko kesehatan dan merusak kualitas udara.

BACA JUGA:Hasilkan Saldo DANA, Begini Cara Bermain Mini Games di Aplikasi DANA

Kebocoran knalpot juga dapat mengakibatkan pembakaran bahan bakar yang tidak efisien, mengurangi efisiensi bahan bakar kendaraan. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar dan biaya operasional yang lebih tinggi.


Terakhir, gas buang yang keluar dari kebocoran knalpot dapat merusak komponen lain di sekitarnya, seperti kabel listrik atau komponen mesin lainnya. Ini dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih serius dan biaya perbaikan tambahan.

BACA JUGA:Apakah Semua Turnamen Mini Games di DANA Berbayar? Simak Ulasannya Berikut Ini

Tanda Knalpot Buruk
Sejumlah komponen mobil butuh perawatan agar mobil dapat dikendarai dengan baik, termasuk knalpot mobil. Apabil tiga tanda ini terjadi pada knalpot mobil Anda, sebaiknya cek kendaraan Anda ke bengkel!

Suara Knalpot Mobil Mengeras
Satu tanda paling jelas yang bisa Anda kenali adalah ketika volume knalpot mobil Anda mengeras. Saat bekerja dengan benar, knalpot seharusnya mengeluarkan suara halus. Namun, jika ada sesuatu yang terjadi, maka suara knalpot akan mengalami perubahan drastis pada volumenya. Biasanya ini terjadi karena ada sesuatu yang salah di sistem pembuangan mobil.

BACA JUGA:Kerjakan Amalan Ini, Insya Allah Kran Rezeki Terbuka, Simak Penjelasan Habib Rifky Alaydru

MPG (Miles Per Gallon) Lebih Rendah
Saat sistem pembuangan mobil Anda disetel dengan baik, maka Anda akan bisa mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya bahan bakar mobil Anda menjadi lebih hemat. Semakin banyak perjalanan yang Anda lakukan, biasanya potensi kendaraan untuk menjadi lebih bermasalah mungkin terjadi.

Tercium Bau Busuk
Saat bekerja, knalpot akan mengeluarkan asap di luar dan jauh dari kendaraan. Saat knalpot mengalami kebocoran atau masalah lain, asap akan terjebak di dalam mesin mobil dan tidak bisa keluar. Hal ini sangat berbahaya karena ini merupakan masalah yang fatal bagi mobil Anda bila tidak segera ditindaklanjuti.

BACA JUGA:Pengguna Wajib Tahu, Ini Fakta Sebenarnya Tentang Shopee PayLater

Sistem pembuangan knalpot adalah salah satu komponen yang paling efektif yang seringkali tidak terdengar atau terlihat. Hal inilah yang membuat sistem pembuangan kerap Anda lupakan, sehingga Anda jarang membawanya ke tempat service.(**)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: