Doa Agar Selamat di Alam Kubur, Amalkan Setiap Setelah Sholat

Doa Agar Selamat di Alam Kubur, Amalkan Setiap Setelah Sholat

Doa Agar Selamat di Alam Kubur-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Setiap makhluk hidup di dunia ini pasti akan mengalami kematian.

Dalam ajaran Islam, setelah seseorang meninggal dunia, ia akan menanti hari kiamat di alam kubur.

BACA JUGA:Agar Terhindar dari Bencana Saat Angin Kencang dan Hujan, Amalkan 3 Doa Ini

BACA JUGA:Saat Petir Menggelegar, Amalkan Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Berikut Ini

Alam kubur dianggap sebagai fase kehidupan antara dunia dan akhirat. Di alam kubur, setiap manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas amal ibadah yang dilakukan selama hidupnya di dunia.

Jika seseorang beramal baik di dunia, Allah SWT akan memberikan rahmat-Nya, sementara bagi mereka yang melakukan amal buruk, lalai, dan tidak beriman, mereka akan menghadapi siksa kubur.

Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah SAW menyebutkan berbagai macam siksa kubur, di antaranya adalah sebagai berikut.

"Orang-orang yang suka berbohong, menyebarkan cerita dusta akan disobek rahangnya secara terus-menerus sampai hari kiamat. Orang-orang yang belajar Alquran namun pada malam harinya hanya tidur dan siang harinya tidak mau mengamalkannya akan dihantam kepalanya sampai pecah secara berulang-ulang hingga datang hari kiamat. Para pezina akan direbus dalam tungku mendidih tanpa henti sampai hari kiamat. Orang-orang ditenggelamkan dalam sungai darah, ketika mereka berenang hendak menepi maka dilempari batu mulutnya sampai terdorong ke tengah lagi, demikian terus-menerus sampai datang hari kiamat. Itu adalah siksa bagi orang-orang yang makan riba,".

BACA JUGA:Amalkan 3 Doa Berikut, Agar Segera Dapat Jodoh dan Keturunan yang Baik

BACA JUGA:Agar Dijauhkan dari Marabahaya, Amalkan 5 Doa Berikut Setiap Hari

Oleh karena itu, Allah SWT terus menegur dan memberi peringatan kepada hamba-Nya agar selalu melakukan kebaikan dan menjauhi dosa agar terhindar dari siksa kubur dan konsekuensinya hingga di akhirat kelak.

Rasulullah SAW memberikan wasiat doa agar terhindar dari siksa kubur. Berikut adalah doa yang dianjurkan untuk dimohonkan perlindungan dari siksa kubur:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

(Allahumma inni a'udzu bika min 'adzabil Jahhanam wa min 'adzabil qabri wa min 'adzabin nari wa min fitnatil mahya wal mamati wa min fitnatil masihid dajjal).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: