Agar Tidak Merusak Wajah, Kenali Kandungan Skincare!

Agar Tidak Merusak Wajah, Kenali Kandungan Skincare!

Meski kandungan skincare dan manfaatnya banyak sekali, Kamu juga harus mengenal jenis wajah--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Kamu harus mengenali kandungan skincare sesuai dengan jenis kulit Kamu agar alih-alih memperbaiki tekstur wajah malah merusak wajah. skincare adalah hal yang tidak bisa terpisahkan dari wanita karena menjadi bagian dari kebutuhan hidup selain sandang, pangan, dan papan. skincare merupakan produk perawatan wajah yang meliputi sabun pembersih wajah, krim, hingga serum.

BACA JUGA:Agar Dikaruniai Anak yang Sholeh dan Sholeha, Amalkan 3 Doa Berikut Setiap Hari

Berdasarkan namanya, fungsi dari skincare adalah untuk merawat kulit wajah dan tubuh agar bersih, sehat, awet muda dan bebas dari masalah. Produk skincare mengandung bahan-bahan yang memiliki manfaat beragam, disesuaikan dengan jenis kulit dan tujuan penggunaannya mulai dari melembapkan, mencerahkan warna kulit, hingga mengurangi kerutan.
BACA JUGA:Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Genjot Cetak 1150 KTP Pemilih Pemula

Meski kandungan skincare dan manfaatnya banyak sekali, Kamu juga harus mengenal jenis wajah. Jangan sampai skincare malah memperparah kondisi wajah. Misalnya jenis wajah Kamu berjerawat, maka Kamu harus menghindari kandungan skincare yang harus dihindari kulit berjerawat. Jika tipe wajah Kamu rentan fungal acne, maka Kamu harus menghindari kandungan skincare untuk fungal acne.Simak daftar kandungan skincare dan manfaatnya yang kerap dipakai di berbagai merk skincare yang sedang populer!

BACA JUGA:3 Shio Cewek Ini Tidak Cuma Boros, Tapi Juga Gampang Selingkuh!

1. Vitamin C
Dengan bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin pada tubuh menurun. Kolagen dan elastin memiliki fungsi menjaga kulit agar kuat dan lentur. Antioksidan pada Vitamin C dapat meningkatkan jumlah kolagen serta meminimalisir garis-garis harus, luka, dan kerutan. Vitamin C menjadi salah satu kandungan kandungan skincare untuk bekas jerawat yang baik.Biasanya, kandungan Vitamin C pada skincare ada di produk krim dan losion.

BACA JUGA:Inilah Penyebab Payudara Gatal dan Cara Penangannya

2. Retinol
Retinol adalah kandungan skincare populer yang terbuat dari vitamin A. Kandungan ini sering ditambahkan di produk krim wajah. Retinol dipercaya dapat meningkatkan jumlah kolagen yang dKamuat oleh tubuh dan membuat kulit kenyal, mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Oleh karena itu, retinol adalah kandungan skincare yang dapat mencerahkan wajah yang sangat baik. Fungsi retinol yang dapat mengurangi bercak membuat retinol menjadi kandungan skincare untuk bekas jerawat.


Banyak dokter kulit meresepkan jenis retinol lain yang lebih kuat seperti tretinoin yang berfungsi untuk memperlambat penuaan dini, meratakan warna kulit, dan membersihkan jerawat. Produk-produk skincare yang tidak mengandung retinol mungkin memiliki efek lebih lemah, namun tetap dapat memperbaiki penampilan kulit. Retinol adalah kandungan skincare untuk kulit kusam yang efektif.

Kamu juga harus paham bahwa produk berbasis retinol dapat membuat lapisan atas kulit kering dan bersisik. Cara terbaik menyikapi efek samping ini adalah menggunakan produk berbasis retinol di malam hari dan tidak lupa memakai pelembab dan tabir surya di pagi hari.

BACA JUGA:Tips Jitu Mengenali Lowongan Kerja Bodong Alias Tipu-Tipu!

3. Alpha-hydroxyl Acids (AHA)
Yang termasuk kelompok AHA adalah asam glikolat, laktat, sitrat, dan tartarat. AHA merupakan kandungan skincare yang dapat mencerahkan kulit. Selain itu, AHA mampu mengelupas kulit, mengurangi garis-garis halus, bintik-bintik penuaan dan menyamarkan jerawat. Oleh karena itu, AHA juga kandungan skin care untuk bekas jerawat yang bagus.

Kamu bisa memperoleh produk skincare dengan AHA konsentrasi tinggi dari dokter spesialis kecantikan atau dokter kulit. Produk skincare dengan konsentrasi AHA lebih rendah yang berkisar 5% - 10% dalam krim atau losion termasuk yang bisa digunakan tiap hari.

BACA JUGA:4 Pasangan Weton yang Tak Boleh Menikah! Jika Dilanggar Bisa Celaka

AHA merupakan bahan aktif, jadi jika ingin menggunakan pastikan mulai dari konsentrasi rendah agar kulit tidak teriritasi. Secara bertahap Kamu bisa menggunakannya lebih sering.

Pada dosis yang lebih rendah, asam dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit sehingga membuatnya lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, jangan lupa gunakan pelembab dan tabir surya saat menggunnakan skincare yang mengandung AHA. Fungsi AHA sebagai kandungan skincare untuk kulit kusam yang efektif.

4. Salicylic Acid
Salicylic acid adalah kandungan skincare untuk bekas jerawat yang bagus. Cara kerjanya seperti AHA, Salicylic Acid juga mengelupas kulit sehingga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Namun, bahan aktif ini mampu menembus pori-pori dan mengurangi komedo dengan lebih sedikit iritasi dibandingkan AHA. Salicylic Acid adalah kandungan skincare yang dapat mencerahkan kulit.

BACA JUGA:Sisi Buruk Dua Weton Wanita Pasaran Kliwon! Dicap Suka Berbohong dan Pandai Merayu

Jika Kamu alergi terhadap aspirin atau produk lain berkaitan dengan salisilat, Kamu hamil dan menyusui juga tidak disarankan memakai produk skincare yang mengandung Salicylic acid. Salicylic acid patut Kamu pertimbangkan untuk digunakan karena merupakan kandungan skincare untuk kulit kusam yang baik.

5. Hyaluronic Acid
Sebenarnya tubuh kita bisa membuat Hyaluronic Acid secara alami untuk menjaga agar jaringan tetap terlindungi dan terlumasi. Senyawa ini terdapat di kulit, cairan sendi, dan jaringan ikat. Semakin bertambahnya usia, semakin sedikit Hyaluronic Acid yang diproduksi. Faktor usia, merokok, dan pola makan yang tidak baik diduga turut menjadi penyebabnya. Produk yang mengandung Hyaluronic Acid dapat membantu melembabkan dan menghaluskan kulit. Kandungan skincare ini bekerja dengan sangat baik ketika digunakan bersamaan dengan produk vitamin C.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: