Inilah Penyebab Payudara Gatal dan Cara Penangannya

Inilah Penyebab Payudara Gatal dan Cara Penangannya

Payudara terasa gatal bisa juga karena wanita mulai memasuki masa menopause.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Banyak wanita penasaran apa penyebab payudara gatal dan adakah hubungannya dengan penyakit serius? Penyebab payudara gatal yang dialami para wanita dapat berarti hal biasa, tetapi bisa juga sebuah penanda adanya masalah kesehatan. Berikut pembahasannya.

BACA JUGA:4 Pasangan Weton yang Tak Boleh Menikah! Jika Dilanggar Bisa Celaka

Ada banyak penyebab payudara gatal, dan tidak semuanya pertanda hal serius. Seperti gatal karena keringat berlebih atau gatal karena gesekan pakaian dalam. Tetapi bisa juga karena pengaruh eksim atau infeksi jamur.

1. Eksim
Dermatitis atopik maupun dermatitis kontak iritan dapat menjadi penyebab payudara gatal. Kulit penderita eksim tidak mampu mengunci kelembapan sehingga selalu kering, mudah bersisik, memerah, dan terasa gatal. Apalagi di bagian tubuh yang tersembunyi dan terkena gesekan dengan pakaian. Penderita eksim sangat mungkin mengalami payudara gatal.

BACA JUGA:Sisi Buruk Dua Weton Wanita Pasaran Kliwon! Dicap Suka Berbohong dan Pandai Merayu

2. Infeksi Jamur
Penyebab payudara gatal berikutnya adalah infeksi jamur. Infeksi jamur yang mungkin terjadi adalah infeksi jamur kandidiasis di bagian bawah payudara yang membuat iritasi, merah dan gatal. Jamur dapat disebabkan karena berbagai hal, salah satunya adalah kondisi lembab pada payudara. Bra yang menutupi payudara hendaknya sering diganti, apalagi jika sudah basah. Meskipun bra mongering, tetapi jika dikenakan kembali maka jamur akan menetap dan menginfeksi daerah lebih luas.

BACA JUGA:Bisa Dicoba! 10 Makanan Sehat untuk Rambut! Bikin Makin Indah

3. Psoriasis
Pertumbuhan sel yang terlalu cepat dalam tubuh rupanya dapat menjadi penyebab payudara gatal. Penderita penyakit ini merasakan gatal, kemerahan dan muncul kulit mati di permukaan payudara.

4. Cuaca yang Terlalu Kering
Dilansir dari WebMD, cuaca yang kering dapat menyebabkan kulit pada payudara ikut mengering. Sehingga potensi terasa gatal menjadi lebih tinggi. Semakin digaruk, semakin gatal rasanya saat cuaca sedang kering.


5. Sensitif Terhadap Suatu Bahan di Sabun/Lotion/Sabun Cuci
Sabun, lotion, deterjen, atau kosmetik memiliki kandungan bahan tertentu yang tidak ramah di beberapa jenis kulit. Bahan ini akan menimbulkan reaksi gatal pada payudara.

6. Bahan Kain Pakaian Dalam
Dermatitis kontak iritan biasa terjadi pada penyebab payudara gatal yang satu ini. Kulit wanita bisa saja sensitif terhadap bahan kain tertentu, apalagi yang digunakan sebagai bra atau pakaian dalam.

BACA JUGA:Ini Dia Mercedes 300 SLR Uhlenhaut Coupe! Mobil Paling Mahal di Dunia

7. Gesekan dengan Bra
Gesekan dengan bra apalagi jika bra cukup ketat akan menimbulkan rasa gatal pada payudara. Tidak jarang bahkan melukai puting sehingga selain gatal aka nada juga rasa nyeri di puting. Ini akan menghilang setelah bra dilepaskan, dan sebaiknya jarang dipakai.

8. Masa Kehamilan
Masa kehamilan juga menjadi penyebab payudara gatal. Adanya perubahan hormon yang drastis membuat kulit mengering dan mudah gatal. Tak hanya di payudara, di bagian tubuh lain pun bisa terjadi sensai gatal. Tenang saja, Bu. Payudara gatal saat hamil bukanlah pertanda buruk.

BACA JUGA:Tampak Mirip, Ini Perbedaan Antara Tornado GS dan G

9. Masa Menyusui
Menyusui melibutkan payudara, sehingga aktivitas payudara meningkat. Ini akan menjadi penyebab payudara gatal dan nyeri. Perubahan ukuran akan meregangkan kulit pada payudara, sehingga menyebabkan rasa gatal. Selain itu, aliran ASI dalam jaringan payudara membuat sensasi geli di payudara kemudian menjadi gatal.

Bisa juga, adanya jaringan payudara yang tersumbat oleh ASI yang tidak berhasil keluar juga menyebabkan payudara gatal saat menyusui. Bahkan, jika ASI yang tersumbat dibiarkan, akan terinfeksi dan terjadila mastitis. Tak hanya gatal, mastitis juga berupa payudara yang bengkak, merah dan sangat sakit untuk disusukan.

10. Masa Menopause
Hormon yang tidak stabil akan memengaruhi reaksi di payudara dan rahim. Mood jadi kena dampaknya juga. Payudara terasa gatal bisa juga karena wanita mulai memasuki masa menopause.

BACA JUGA:6 Weton Termasuk Tibo Dunia, Orangnya Sangat Pandai Mencari Harta dan Rezeki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: