Bisa Dicoba! 10 Makanan Sehat untuk Rambut! Bikin Makin Indah

Bisa Dicoba! 10 Makanan Sehat untuk Rambut! Bikin Makin Indah

Bila kamu termasuk salah satu yang tidak terlalu suka memiliki rambut panjang, maka memotongnya menjadi lebih pendek justru akan membuat rambut kamu terlihat rapi dan sehat. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Makanan sehat untuk rambut dapat membantu rambut kamu tumbuh lebih kuat, bersinar, dan tak mudah rontok di sepanjang usia. Melansir dari laman Healthline, rambut akan tumbuh 1,25 cm setiap bulannya dan 15 cm per tahun. Seberapa cepat rambut akan tumbuh bergantung dari banyak hal seperti faktor usia, kesehatan, genetik atau keturunan, dan diet atau nutrisi apa saja yang kita konsumsi.

BACA JUGA:Tampak Mirip, Ini Perbedaan Antara Tornado GS dan GX

Beberapa hal tak bisa kita cegah atau ubah, misalnya faktor usia dan keturunan, namun dengan diet atau melakukan gaya hidup sehat dapat membantu rambut kamu tumbuh lebih sehat. Masalah rambut rontok adalah salah satu masalah rambut yang paling sering dikeluhkan oleh setiap orang terutama wanita. Kerontokan rambut ini ada kaitannya dengan banyak hal seperti asupan apa saja yang kita konsumsi, atau perawatan rambut apa yang kamu gunakan.

BACA JUGA:6 Weton Termasuk Tibo Dunia, Orangnya Sangat Pandai Mencari Harta dan Rezeki

Nutrisi yang masuk pada tubuh turut menyumbang kondisi kesehatan rambut kamu, oleh karenanya memilih makanan sehat sangatlah penting. Sementara itu, rambut rontok juga dapat diakibatkan karena perawatan rambut yang kurang cocok, misalnya pemilihan bahan sampo yang terlalu keras untuk kondisi rambut kamu, atau perawatan rambut yang melibatkan pemakaian alat-alat panas seperti hairdryer dan semacamnya.

Ciri-Ciri Rambut yang Sehat
Mengutip dari laman Insider, tanda kamu memiliki rambut sehat cukup banyak dan bervariasi, bahkan beberapa dari kita justru tidak menyadari bahwa rambut kita sebenarnya sudah sehat dan tidak memerlukan perawatan rambut lebih lanjut. Berikut ini beberapa ciri-ciri rambut yang sehat:

1. Rambut Tampak Sehat dan Indah Setelah Potong Rambut
Bila kamu termasuk salah satu yang tidak terlalu suka memiliki rambut panjang, maka memotongnya menjadi lebih pendek justru akan membuat rambut kamu terlihat rapi dan sehat. Perawatan rambut sederhana seperti potong rambut ini juga dapat menunjukkan kesehatan rambut yang kamu miliki. Seorang penata rambut profesional pernah mengungkapkan bahwa bisa jadi salah satu hal yang dapat menyelamatkan rambut kita adalah dengan potong rambut. Rambut yang rusak belum tentu dari akar hingga pangkal rambut, dan memotong rambut dapat menjadi jalan keluar yang tepat.

BACA JUGA:Lagi Butuh-butuhnya Duit, Tiba-tiba Ada Rezeki Nomplok! 6 Zodiak Ini Bakal Beruntung di Akhir Bulan

2. Rambut Terlihat Berkilau
Pernahkan kamu melihat rambut yang begitu berkilau di iklan-iklan sampo? Faktanya, rambut yang sehat adalah rambut yang berkilau meskipun tidak sesilau iklan komersil di televisi atau media manapun. Matthew Guilin, seorang ahli penataan rambut menjelaskan bahwa rambut yang berkilau berasal dari minyak alami yang ada pada kulit kepala menyebar sempurna ke seluruh bagian rambut dari akar hingga bagian bawah, inilah mengapa rambut seseorang tampak berkilau indah.

3. Rambut Rontok Saat Keramas atau Menyisirnya
Matthew Gullin juga mengungkapkan bahwa saat kamu mencuci rambut atau menyisirnya dan ternyata ada rambut yang rontok, maka itu pertanda rambut kamu masih sehat. Saat itu rambut sedang mengalami sebuah siklus dimana rambut yang rontok akan segera digantikan dengan rambut yang tumbuh. Namun bila kerontokan rambut sangat parah saat keramas atau disisir, kamu bisa berkonsultasi pada ahlinya untuk solusi tepat masalah ini. Pemilihan makanan sehat untuk rambut rontok juga dapat membantu mengembalikan kesehatan rambut kamu.

BACA JUGA:Doa Pembuka Pintu Rezeki yang Diajarkan Rasulullah SAW, Amalkan Setiap Pagi

4. Rambut Tidak Mudah Kusut
Rambut yang sering kali kusut dapat disebabkan karena ada banyak rambut bercabang yang dibiarkan tumbuh begitu saja. Rambut yang sering kusut tentu saja bukanlah hal yang baik karena selain tidak sehat, tampilan rambut menjadi mudah berantakan dalam segala situasi. Memangkas rambut secara rutin merupakan perawatan rambut yang dapat membantu mencegah rambut bercabang.

5. Rambut Terasa Lembut dan Halus Saat Disentuh
Perawatan rambut yang benar dan tepat akan membuat rambut terasa lembut dan halus saat disentuh, ini adalah tanda bahwa rambut kamu sehat. Mengkonsumsi makanan sehat untuk rambut juga dapat membantu rambut tumbuh dengan lembut dan halus. Cobalah lakukan percobaan pada rambut kamu dengan menyisirnya dengan jari, bila terasa lembut dan halus maka rambut masih sehat dan indah.

BACA JUGA:Kejati Bengkulu Tunjuk 2 Jaksa untuk Kawal Sidang Bandar Narkoba Kermin Si'in

6. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Gizi Seimbang
Apapun hasilnya, bila kamu menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi maka sudah pasti kesehatan rambut akan tetap terjaga dengan baik. Tak hanya perawatan rambut saja yang dkamutuhkan karena mengkonsumsi makanan untuk rambut sehat dan lebat juga sangat penting. Saat ini juga sudah banyak bahan makanan yang menjadi makanan sehat untuk pertumbuhan rambut. Jangan lupa juga untuk mengetahui sejumlah tips rambut sehat untuk diterapkan setiap saat ya.

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Rambut
Mengkonsumsi makanan sehat untuk rambut tak hanya akan membuat rambut tampak indah saja, namun kamu bisa mengurangi kekhawatiran terhadap rambut rontok. Melansir dari laman Radiance by WebMD, inilah beberapa makanan sehat untuk rambut yang sangat mudah didapat di sekeliling kita:


1. Konsumsi Bayam untuk Rambut Rapuh
Rambut kamu terasa sangat rapuh? Saatnya bernafas lega karena bayam bisa mengatasi rambut rapuh yang menjadi sumber masalah ini. Bayam atau sayuran dengan warna hijau sejenisnya ini punya kandungan vitamin A, zat besi, beta karoten, asam folat, dan vitamin C yang cukup banyak. Kandungan nutrisi ini merupakan makanan sehat untuk rambut rontok dan akan menjaga kesehatan kulit kepala. Selain itu, kelembapan pada rambut akan terjaga dengan baik sehingga tidak mudah rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: