8 Oli yang Bagus untuk Motor Honda Vario 125, Ini Pilihannya

8 Oli yang Bagus untuk Motor Honda Vario 125, Ini Pilihannya

Motor keluaran merek Honda yang diluncurkan di Indonesia sejak tahun 2013 ini begitu diminati konsumen karena irit konsumsi bahan bakar.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Soal ganti oli motor bukan masalah yang sepele karena kesalahan dalam memilihnya bisa berakibat fatal pada performa mesinnya, begitu juga oli motor matic Vario 125. Sehingga, kalau kamu nggak mau itu terjadi pada motor matic, oli yang dipilih harus sesuai standar kekentalan yang ditetapkan. Biasanya, motor Vario 125 ini memiliki standar oli SAE 10 hingga 30. Jadi, apa aja sih oli yang bagus untuk Vario 125?

Dengan banyaknya merek dan jenis oli yang dipasarkan, maka kamu perlu menyimak ulasan di bawah ini. Namun, sebelum itu, yuk cari tahu dulu apa itu motor Vario 125 dan fungsi oli pada motor.

BACA JUGA:Tips Jitu Memilih Kaos Pria Agar Penampilanmu Makin Keren

Bagi pecinta motor skuter matik alias skutik, motor Honda Vario 125 ini bisa kamu jadikan jagoannya. Skutik di kelas 125 cc ini mempunyai desain yang lebih stylish dan menarik, namun cukup agresif. Motor keluaran merek Honda yang diluncurkan di Indonesia sejak tahun 2013 ini begitu diminati konsumen karena irit konsumsi bahan bakar.

Dengan fitur Idling Stop System (ISS), motor ini akan otomatis mati kalau dibiarkan menyala selama 3 detik. Sehingga nggak mungkin ada bahan bakar yang terbuang sia-sia. Untuk menghidupkannya kembali pun sangat mudah, tinggal putar tuas gasnya aja. Motor matic ini juga dibekali dengan performa mesin mantap 4-speed, SOHC, eSP berpendingin cairan.

BACA JUGA:Sebelum Membeli, Ini Cara Membedakan Converse Asli dan Palsu

Nah, motor ini punya tampilan yang terkesan lebih dinamis dan mewah dengan garis-garis tajam di bagian bodinya. Motor ini terlihat makin sporty dengan tampilan lampunya yang menyipit. Tidak lupa, dengan ciri khas penambahan dual keen eyes headlight dan Daytime Running Light (DRL) sebagai lampu utamanya.

Fungsi Oli pada Vario 125
Oli pada motor matic Vario 125 pastinya memiliki fungsi utama sebagai bahan pelumas dan perapat antara komponen mesin biar motor bisa bergerak bebas tanpa halangan. Dengan penggunaan oli yang bagus ini, mesin motor pun akan terhindar dari gesekan, serta nggak gampang korosi dan karatan. Selain itu, oli motor Vario 125 ini juga memiliki banyak fungsi lain, sebagai berikut.

BACA JUGA:Ini Dia Perbedaan Lensa Blueray dan Photocromic!

1. Membersihkan Mesin Motor
Oli motor berguna sebagai pembersih mesin dari kerak bekas pembakaran. Seperti yang diketahui kalau gesekan yang tinggi bisa menyebabkan banyak kotoran menempel pada mesin. Sehingga, dengan adanya oli ini bisa otomatis dibersihkan.

2. Melindungi Mesin
Oli motor matic bisa melindungi mesin dari karatan karena mampu mencegah oksidasi pada mesin. Dengan begitu, mesin akan lebih terlindungi dan tahan lama bebas dari risiko kebocoran kompresi maupun tekanan pembakaran.

BACA JUGA:Ide Keren untuk Outfit Kondangan Pria yang Simpel dan Modern

3. Mendinginkan Mesin Motor
Ketika kamu menggunakan motor Vario 125 kesayangan untuk perjalanan jauh, pastinya mesin yang digunakan akan panas. Nah, dengan hadirnya oli ini bisa menyerap panas dan menjaga temperatur mesin tetap dingin, sehingga terhindar dari overheating.

4. Meredam Getaran saat Berkendara
Tak bisa di pungkiri kalau oli motor bisa meredam getaran dari benturan piston. Dimana, saat mesin motor dinyalakan, peredam kejut akan otomatis meredam getaran dan suara. Jadi, suara mesin motor pun akan terdengar lebih halus.

BACA JUGA:Transaksi Narkoba di Pagar Dewa, Sopir dan Buruh Harian Ditangkap Polda Bengkulu

Tipe Oli yang Bagus untuk Vario 125
Buat kamu yang menggunakan jenis motor matic Honda Vario 125, nah berikut ada beberapa rekomendasi tipe oli yang bagus digunakan. Jadi, kamu nggak perlu bingung lagi dan pastinya bisa mengurangi biaya perawatan motor.

1. Oli AHM MPX 2 Matic 10W-30
Rekomendasi pertama adalah oli AHM MPX 2 Matic 10W-30 yang diproduksi oleh Astra Honda Motor. Oli seharga Rp37 ribuan ini sangat tepat untuk motor Vario 125 karena memiliki tingkat kekentalan yang pas. Dengan kapasitasnya sebesar 0,8 liter, oli ini bagus sekali untuk menghemat bahan bakar, namun tetap bertenaga.

BACA JUGA:Begini Cara Kompres Anak Saat Demam yang Benar

2. Oli Federal Matic 30
Mau oli yang mampu membuat mesin motor Vario 125 jadi lebih awet? Nah, oli Federal Matic 30 ini terbukti bagus melindungi gesekan diantara komponen yang terdapat dalam mesin. Dengan fitur Active Moly, pastinya kinerjanya akan lebih maksimal dalam mendinginkan mesinnya. Oli ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp33 ribuan ukuran kemasan 800 ml.

3. Oli Top 1 Action Matic Sae 10W-30
Pilihan berikutnya adalah oli Top 1 Action Matic Sae 10W-30. Merek oli yang memang sudah melegenda ini memang mempunyai kualitas yang nggak perlu diragukan lagi. Apalagi, oli ini dilengkapi dengan teknologi anti-wear dan anti-corrosion additives untuk menjaga mesin selalu bersih. Oli yang dipasarkan seharga Rp40 ribuan ini juga sangat gesit dan tahan lama.


BACA JUGA:985 PTPS Pemilu di Kota Bengkulu Dilantik, Bawaslu Ingatkan Profesionalisme Pengawasan TPS

4. Shell Advance AX7 Scooter 10W-30
Oli ketiga yang dirancang khusus untuk motor Vario 125 adalah Shell Advance AX7 Scooter 10W-30. Oli ini memiliki kelebihan berupa teknologi RCE yang membuat mesin modern motor matic menjadi lebih terlindungi. Ketahanannya yang tangguh ini bisa bertahan di segala cuaca lho, baik panas dan hujan. Untuk harganya di banderol kisaran Rp50 ribuan.

5. Motul 4T Scooter 10W-30
Gunakan oli Motul 4T Scooter 10W-30 untuk motor Vario 125 kamu yang khusus dirancang untuk motor skutik dengan mobilitas di jalan yang super mulus. Pelumas yang satu ini juga memiliki emisi gas baung yang kecil sehingga performanya lebih power full, tapi nggak boros bahan bakar. Oli dengan kandungan anti oxidation ini bisa kamu beli seharga Rp66 ribuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: