Tahun Ini Pemkot Bengkulu Programkan Sambungan PDAM Gratis untuk 2000 Rumah Warga

Tahun Ini Pemkot Bengkulu Programkan Sambungan PDAM Gratis untuk 2000 Rumah Warga

Ilustrasi pemasangan PDAM di Kota Bengkulu-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahun 2204 ini ada program penyambungan PDAM rumah gratis bagi masyarakat yang tidak mampu di Kota Bengkulu. 

Melalui program Spam Kobema yang merupakan program regional Pemkot Bengkulu, Kabupaten Benteng dan Seluma diharapkan dapat membantu masyarakat yang saat ini masih kesulitan mendapatkan air bersih. 

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR kota, Tomaiwan menjelaskan, anggaran program ini bersumber dari Rp 15 miliar DAK dan Rp20 miliar dari DAU. 

"Dari Rp 15 milair DAK ini kita targetkan tersambung ke 2000 rumah di Kota Bengkulu bisa tersambungkan. Nah Rp 20 miliarnya itu untuk pembangunan pipa reseduksi airnya. Ini tahap awal enggak hanya satu tahun ini nanti ke depan insya allah kita dianggarkan oleh pemerintah pusat lagi," jelas Toma. 

BACA JUGA:Kantor Camat Ratu Agung akan Dibangun Ulang, Pemkot Bengkulu Siapkan Rp2,4 M

Pada tahap awal ini sambungan pipa air gratis ini dimulai dari 2 titik yakni, Nakau- Bentiring dan Air Sebakul-Betungan. 

Sambungan gratis ini merupakan instruksi presiden tentang program pemasangan 1 juta SR se-Indonesia. 

Untuk diketahui, program SR gratis ini untuk membantu masyarakat yang tidak mampu untuk membayar biaya pemasangan pipa dan meteran PDAM. 

Namun, pemakaian air tetap dikenai tarif. Biaya pemakaian air itu dibutuhkan untuk operasional dan merawat jaringan distribusi air.

BACA JUGA:357 SK PPPK Guru Pemkot Bengkulu akan Dibagi Akhir Bulan Ini

Siapkan Rumah Singgah

Selain pemasangan PDAM secara gratis, program Pemkot Bengkulu yang pro rakyat lainnya adalah rumah singgah Khairunnisa Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu di Kelurahan Sidomuyo dapat digunakan untuk tempat beristirahat sementara apabila mereka tak memiliki keluarga atau saudara di Kota Bengkulu.

“Untuk masyarakat Provinsi Bengkulu, baik itu dari Kabupaten Kaur hingga Mukomuko. Jika ada keluarga tertimpa musibah dirawat di Kota, jauh dari daerah asal dan apabila tak ada biaya untuk ngontrak atau biaya penginapan serta lainnya. Untuk itu, rumah singgah Pemkot siap melayani dan menampung keluarga pasien, gratis,” jelas Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi belum lama ini.

Seperti keluarga dari pasien atas nama Rupia asal Desa Padang Kala, Kecamatan Air Padang, Kabupaten Bengkulu Utara (mengidap penyakit kanker kulit) merasakan manfaat rumah singgah Khairunnisa Pemkot Bengkulu di Kelurahan Sidomuyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: