Mahasiswa UGM Hasilkan Riset dan Pengembangan Terhadap Motor Listrik Melampaui TKDN

Mahasiswa UGM Hasilkan Riset dan Pengembangan Terhadap Motor Listrik Melampaui TKDN

Mahasiswa UGM yang tergabung dalam Tim Gasbrada melakukan riset dan pengembangan motor listrik.-ugm.ac.id-

Dengan penggunaan komponen tersebut bisa menghasilkan torsi sebesar 45Nm pada 3000rpm, kecepatan maksimum mencapai 65-70km/jam dengan max rpm 4800. Adapun motor listrik ini dibuat dengan dua mode yakni mode eco dan mode sport. 

Saat penggunaan dalam mode eco, motor ini dapat menempuh jarak dengan estimasi 40 Km dalam sekali pengisian daya (charge). Sedangkan pada mode sport, estimasi jarak yang yang dapat ditempuh mencapai 30 Km. 

BACA JUGA:Maxus Mifa 9, MPV Listrik Idaman Keluarga

Perbedaan mendasar pada tiap mode yang kami rancang terletak pada kurva akselerasi dimana pada mode sport, motor akan cenderung lebih cepat mencapai kecepatan maksimum. 

Sedangkan pada mode eco, kami lebih mengutamakan daya tahan baterai. Hal ini berdampak pada akselerasi awal yang lebih landai sehingga cocok digunakan pada daerah perkotaan dengan kontur tanah datar.

Penambahan pada mode ECO terdapat regenerative breaking yang lebih responsif. Dengan begitu saat throttle dilepas, maka regen brake akan bekerja dan menghasilkan arus balik untuk mengisi daya baterai. 

BACA JUGA:Chery Rilis Fengyun A8, Mobil Hybrid dan Keren Setara Harga Suzuki Baleno

Adapun baterai yang digunakan memiliki sepesifikasi 84V, 20Ah dan untuk pengisian daya baterai memerlukan waktu enam hingga tujuh jam. Selain itu, sepeda motor listrik yang mereka ciptakan mengusung tipe scrambler yang memberikan kesan maskulin dirancang untuk penelusuran medan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: