Gulai Gajeboh, Kasta Tertinggi di Dunia Pergulaian Khas Padang

Gulai Gajeboh, Kasta Tertinggi di Dunia Pergulaian Khas Padang

Gulai Gajeboh khas Sumaterqa Barat -Akun Insatagram @loalafityany-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tidak tahu dengan gulai? gulai merupakan sayur yang memiliki ciri khas berkuah santan dan diberi kunyit serta bumbu khusus (biasanya dicampur dengan ikan, daging kambing, daging sapi dan sebagainya. 

Gulai dikenal dengan sajian yang dihidangkan diberbagai warung makan Padang. Siapapun yang mampir untuk makan ke rumah makan Padang hal yang pertama menjadi incaran adalah gulainya. 

Ada banyak jenis gulai yang dihidangkan seperti, gulai tunjang, gulai nangka, gulai kakap, dan gulai tambusu (usus sapi dengan isian tahu dan telur) tentu sudah sangat akrab dengan lidah masyarakat Indonesia.

Di Padang sendiri ada satu jenis gulai yang menjadi kasta tertinggi di dunia pergulaian. Jenis gulai apakah itu? gulai ini bernama Gulai Gajeboh.

BACA JUGA:Black Rock and Lounge, Tempat Tongkrongan Baru yang Ekslusif

Gulai Gajeboh merupakan salah satu kuliner khas Padang yang terkenal dengan kenikmatan rasanya yang kaya kan rempah khas Padang, Sumatera Barat.

Bagi beberapa orang jenis gulai yang satu ini kerap disebut sebagai “makanan surga,” karena kelezatannya dinilai paling tinggi dari sekian jenis gulai khas Nusantara. 

Gulai Gajeboh menggunakan bagian punuk sapi yang kaya akan lemak sehingga terasa sangat gurih dan lezat di lidah. Bisa dibilang, perbandingannya makin tipis dagingnya, justru akan semakin nikmat rasa lemaknya. 

Namun, bagi penderita kolesterol tinggi, wajib hati-hati memakan gulai yang satu ini. Hal ini bukan tanpa sebab, pasalnya jika mengonsumsi kolestrol akan menimbulkan berbagai penyakit terutama jika mengonsumsinya secara berlebihan. 

Santan adalah bahan yang membedakan gulai gajeboh dengan gulai khas Padang pada umumnya. Meski bernama “gulai,” pengolah Gajeboh tidak melibatkan santan. 

BACA JUGA:Mencicipi Kue Bay Tat Kue Tradisional Khas Bengkulu Selatan

Hal ini dikarenakan kandungan lemak tebalnya yang sudah mampu memberi rasa gurih dan khas. Lemak berdaging tersebut lantas disajikan dengan kuah asam padeh atau asam pedas yang tidak mengandung santan.

Dari segi penampilan, gulai gajeboh terlihat sangat menggugah selera dengan potongan lemak yang tercampur di dalam kuah yang kaya rempah. Setelah dinikmati, bisa dijamin bahwa lemak-lemaknya tidak terlalu padat dan sulit dikonsumsi, melainkan leleh di mulut dan memberi rasa gurih serta pedas yang memanjakan lidah.

Sanking nikmatnya hidangan yang satu ini Gulai Gajeboh sering disebut sebagai hidangan paling lezat dari Padang oleh banyak orang Minang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: