Seberapa Sering Harus Mencuci Botol Air Minum?

Seberapa Sering Harus Mencuci Botol Air Minum?

Bagian dalam botol adalah lingkungan lembap yang sempurna untuk penyebaran kuman atau jamur yang dapat membuat kamu sakit.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penggunaan botol air minum kini kian populer sebagai salah satu upaya mengurangi sampah plastik. Namun, ada kemungkinan besar kamu tidak cukup sering mencuci botol air minum sebelum menggunakannya kembali.

BACA JUGA:Inilah 10 Emoji yang Sering Digunakan Warga Dunia Selama Tahun 2023

Botol air minum terus menerus mengumpulkan dan menumbuhkan kuman kotor. Bagian dalam botol adalah lingkungan lembap yang sempurna untuk penyebaran kuman atau jamur yang dapat membuat kamu sakit. Botol minum slide-top di mana kamu hanya membuka dan menutup tutupnya memiliki kuman paling banyak, sementara botol straw-top secara mengejutkan jauh lebih rendah daripada jenis lainya.

Botol-botol dengan sedotan hanya memiliki 25 CFU bakteri, kemungkinan karena air yang menetes ke dasar sedotan daripada menempel untuk menarik kuman yang menyukai kelembapan.

BACA JUGA:Inilah Warna Keberuntungan dan Membawa Sial Bagi Zodiak Capricorn di Tahun 2024

Seberapa sering harus mencuci botol air minum?
Kamu harus mencuci botol minum setelah digunakan. Jika kamu menggunakannya dan mengisi ulang sepanjang hari kamu harus mencucinya di penghujung hari. Setelah seminggu, botol air memiliki lebih banyak bakteri daripada mangkuk hewan peliharaan. Setelah sebulan? Itu banyak peluang bagi kuman untuk menyebar.

Cara mencuci botol air minum yang tepat

Pertama, periksa label atau lihat situs pabrikan online. Banyak botol air minum yang dapat digunakan kembali dapat dibersihkan di mesin pencuci piring atau wastafel. Seringkali kamu perlu meletakkan tutup botol air minum di rak paling atas. Kamu masih perlu melakukannya setelah setiap kali kamu menggunakannya.

BACA JUGA:5 Shio Ini Selalu Mujur Dianugerahi Hoki Luar Biasa

Untuk mencuci botol air minum dengan tangan, disarankan untuk isi botol air minum dengan air dan sabun cuci piring yang tersedia di rumah. Rendam, bagian lainnya, seperti penutup atau sedotan, dalam semangkuk air sabun. Jika kamu memiliki sikat botol, gunakan untuk menggosok bagian dalam botol dan semua bagian tutup botol yang sulit dijangkau.

BACA JUGA:Wajib Punya Saat Musim Hujan! Inilah 7 Jas Hujan Terbaik Antibocor


Bilas semuanya hingga bersih lalu keringkan. Ini dapat membantu untuk membalikkannya agar semua kelembaban merembes keluar. Pastikan benar-benar kering sebelum memasangnya kembali atau botol minum bisa menjadi pengap dan bau.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: