Jokowi Umumkan Rekrutmen CPNS dan PPPK Tahun 2024, Cek Formasi Segera!

Jokowi Umumkan Rekrutmen CPNS dan PPPK Tahun 2024, Cek Formasi Segera!

Keterangan Jokowi terkait pembukaan CPNS 2024, pada Jumat (05/01/2024)-Kanal YouTube Sekretariat Presiden -

BENGKULUEKSPRESS.COM – Setelah ditutup rekrutmen Calon Aparatur Sipil (CPNS) 2023 lalu, kabar gembira untuk kita semua karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan pembukaan rekrutment Calon Aparatur Sipil negara (CPNS) 2024. 

Dikutip dari laman YouTube Sekretariat Presidenan pada Jumat, 5 Januari 2024, awal tahun ini, pemerintah membuka rekrutmen CPNS 2024 sebanyak 2,3 juta formasi, baik untuk CPNS maupun untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK).

"Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan Non ASN berdasarkan data base BKN sebagaimana amanat Undang-undang No 20 tahun 2023 tentang ASN di mana tahun ini melakukan rekrutmen sebanyak 1.600.000 formasi yang belum diangkat sebagai PPPK" jelasnya.

BACA JUGA:Bawaslu Kota Bengkulu Temukan Pelanggaran Perekrutan Anggota KPPS

Jokowi menyatakan bahwa formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk tenaga kerja guru, dosen, dan tenaga kesehatan serta teknis sesuai kebutuhan. 

"Formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen tenaga kesehatan serta teknis sesuai dengan kebutuhan sehingga tahun ini Pemerintah akan membuka rekrutmen apa calon aparatur sipil negara sebanyak 2.300. 000 formasi" jelasnya.

Jokowi dengan tegas menyampaikan seleksi atau rekrutmen CPNS 2024 dibuka untuk 690.000 lowongan yang tersebar di instansi pusat dan daerah dengan rincian di instansi pusat 207 ribu dan instansi daerah 483 ribu.

BACA JUGA:Bawaslu Kota Bengkulu dan Satpol PP Mulai Turunkan APK

“Pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi CPNS 2024 sebanyak 690.000 orang, dengan rincian di instansi pusat 207 ribu dan di instansi daerah 483 ribu,” jelasnya

Jokowi juga menambahkan, melalui kesempatan ini ia mengundang, masyarakat Indonesia, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk Untuk memanfaatkan peluang rekrutmen Calon Aparatur Sipil (CPNS) pada tahun 2024 untuk menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik.

"Melalui kesempatan ini ia mengundang, masyarakat Indonesia, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk Untuk memanfaatkan peluang rekrutmen Calon Aparatur Sipil (CPNS) pada tahun 2024 untuk menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik" jelasnya.

BACA JUGA:Dugaan Pelanggaran Kampanye Capres di Universitas, Bawaslu Kota Bengkulu Klarifikasi TKD dan Pihak Kampus

Di kesempatan yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Azwar Anas menjelaskan lebih rinci formasi kebutuhan CPNS 2024 dan PPPK mulai dari guru, dosen, nakes hingga tenaga teknis.

Berikut rincian jumlah kebutuhan CPNS 2024 dan PPPK di masing-masing formasi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: