BYD Dekati Posisi Tesla, Produsen Mobil Listrik Terlaris Dunia

 BYD Dekati Posisi Tesla, Produsen Mobil Listrik Terlaris Dunia

BYD, berbasis di Shenzen, telah menjual lebih dari 3 juta kendaraan energi baru (NEV) sepanjang tahun ini, --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Perusahaan Tiongkok, Build Your Dreams (BYD), semakin mendekati posisi puncak sebagai produsen mobil listrik terlaris di dunia, bersaing dengan Tesla milik Elon Musk. BYD mengumumkan penjualan rekor 526,000 kendaraan baterai dalam tiga bulan terakhir tahun 2023, dengan lonjakan penjualan lebih dari 70 persen di bulan Desember.

BACA JUGA:Akihabara, Kawasan Pusat Elektronik dan Budaya Otaku di Jepang

BYD, berbasis di Shenzen, telah menjual lebih dari 3 juta kendaraan energi baru (NEV) sepanjang tahun ini, termasuk kendaraan bertenaga baterai dan hibrida, dengan hampir 1,6 juta di antaranya menggunakan baterai saja. Analisis industri memperkirakan penjualan Tesla sekitar 483,000 kendaraan listrik dalam periode yang sama dan 1,82 juta kendaraan untuk tahun itu secara keseluruhan.

BACA JUGA:Patut Diteladani Wanita Indonesia! 5 Sahabat Nabi Muhammad Dari Kalangan Perempuan

Wang Chuanfu, CEO BYD, mendirikan perusahaan tersebut pada tahun 1995 dan terkenal sebagai produsen baterai isi ulang yang bersaing dengan produk impor Jepang yang lebih mahal. BYD telah menghitung Berkshire Hathaway milik Warren Buffett sebagai pemegang saham sejak 2008 dan pertumbuhannya didorong oleh produksi baterai internal yang menghemat biaya dibandingkan dengan menggunakan pihak ketiga seperti pesaingnya.

Teknologi HiCar 5G

Teknologi HiCar 5G yang berbasis di Huawei bukan hanya sistem infotainment otomatis lainnya. HiCar pertama kali akan muncul di BYD Han EV (kendaraan listrik) pada bulan Juni. BYD, pembuat EV terbesar di Tiongkok, akan menggunakan teknologi HiCar Huawei dalam sedan listrik Han yang dimutakhirkan mulai Juni. EV Han diharapkan memiliki harga awal sekitar $ 40.000 atau setara dengan Model Tesla 3 di Tiongkok.

BACA JUGA:Sosok Sahabat Nabi Khalid Bin Walid, Panglima Perang Terkemuka Dalam Islam

Tapi itu baru awal dari peluncuran 5G Huawei ke dalam kendaraan. Huawei telah mendaftarkan sekitar 18 produsen mobil yang berbeda untuk menggunakan HiCar.  Analis memandang adopsi 5G di mobil dan jalan sebagai tulang punggung komunikasi ultra-cepat untuk kendaraan otonom, kota pintar dan internet. Ini juga menyediakan fitur dalam kendaraan, seperti mengendalikan jendela, kunci, AC, dan media streaming.

BACA JUGA:Ayat Seribu Dinar, Bacaan Doa Pembuka Rezeki di Tahun 2024

Perusahaan telah bekerja dengan Audi. BYD juga memiliki ikatan besar dengan Toyota untuk membuat EV. Tiongkok dan Jepang juga berkolaborasi pada standar pengisian cepat DC generasi berikutnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: