Berpetualang ke Air Terjun Pancoran Rayo, Salah Satu Air Terjun Tertinggi di Pulau Sumatera

Berpetualang ke Air Terjun Pancoran Rayo, Salah Satu Air Terjun Tertinggi di Pulau Sumatera

Air Terjun Pancoran Rayo, Salah Satu Air Terjun Tertinggi di Pulau Sumatera-Akun Insatagram @wisata_pancuranrayo-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jambi merupakan salah satu Provinsi yang ada di Indonesia, Provinsi yang di kenal dengan julukan uniknya "Bumi Melayu" ini memiliki potensi wisata alam yang sangat indah. Tak heran jika Jambi dijadikan salah satu tujuan wisata favorit wisatawan. 

Provinsi Jambi terkenal dengan destinasi wisata Taman Nasional Kerinci Seblat yang memiliki berbagai keanearagaman hayati yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. Nah, di kawasan taman nasional terdapat beberapa spot destinasi wisata menarik satu diantaranya adalah Air Terjun Pancuran Rayo

Air terjun Pancuran Rayo merupakan air terjun di Kabupaten Kerinci yang menjadi salah satu air terjun tertinggi di Sumatera. Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 150 meter ini juga masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

BACA JUGA:Air Terjun Banyumala, Pesona Indahnya Air Terjun Kembar di Buleleng Bali

Destinasi wisata ini adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin menjauh sementara dari hiruk pikuk perkotaan. Air Terjun Pancuran Rayo menawarkan pemandangan dan suasana alam yang masih sangat asri. Untuk menuju air terjun kamu harus melewati berbagai jalan yang terjal dan cukup sulit untuk dilalui, kendati demikian air terjun ini tetap saja mampu mengundang wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung ke sana. 

Air Terjun Pancuran Rayo terletak pada Dusun Baru Pulau Tengah, Kecamatan Danau Keliling, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Untuk menikmati keindahan air terjun, kamu setidaknya harus menempuh jarak 23 kilometer dari Kota Sungai Penuh. Terlebih dahulu kamu harus menuju ke Dusun Baru Pulau Tengah yang bisa ditempuh dengan kendaraan umum atau pribadi.


Air Terjun Pancoran Rayo, Salah Satu Air Terjun Tertinggi di Pulau Sumatera-Akun Insatagram @wisata_pancuranrayo-

Sesampainya di Dusun Baru Pulau Tengah, kamu harus berjalan kaki atau trekking sejauh 4 kilometer ke lokasi Air Terjun Pancuran Rayo. Perjalanan ini kurang lebih memakan waktu satu hingga dua jam lamanya. Medan berat pun harus ditaklukan, kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra karena akan turun naik bukit, melewati jalan berupa tanah, dan menyebrangi beberapa sungai.  

BACA JUGA:Berkunjung ke Desa Wisata Penglipuran, Desa Tertua di Bali

Bagi kamu yang suka dengan petualangan perjalanan menuju ke Air Terjun Pancuran Rayo ini akan terasa sangat menantang dan menyenangkan. Meskipun harus melewati medan yang cukup sulit, kamu tidak akan kecewa karena disepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan panorama alam hutan dan perbukitan yang masih alami. 

Berada di tebing yang menjulang tinggi, membuat keindahan air terjun pun semakin menawan dengan berbagai tumbuhan hijau dan pepohonan besar disekitarnya. Derasnya air yang jatuh mengenai bebatuan menciptakan percikan-percikan air serta membuat semacam embun. 


Air Terjun Pancoran Rayo, Salah Satu Air Terjun Tertinggi di Pulau Sumatera-Akun Insatagram @wisata_pancuranrayo -

Saat berada di sini kamu dapat melihat kolam alami yang bisa digunakan wisatawan mandi atau bermain air dan berenang. Airnya pun sangat dingin, jernih dan bersih sangat cocok untuk merelaksasi diri melepas penat yang didapat dari perjalanan panjang. 

BACA JUGA:Labuan Cermin, Menikmati Keindahan Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: