Tim Besar Bisa Terlempar dari Piala Dunia 2014

Tim Besar Bisa Terlempar dari Piala Dunia 2014

\"pialaKEJUTAN dari negara pecahan Yugoslavia plus bangkitnya tim kuda hitam seperti Belgia, Rusia, dan Swiss, berpotensi menghilangkan peluang sejumlah tim besar Eropa untuk lolos ke Piala Dunia 2014. Setidaknya mereka harus melewati jalan panjang, playoff.

Beberapa negara langganan Piala Dunia yang sedang terseok-seok di antaranya Portugal, Inggris, dan Prancis di zona Eropa. Portugal yang paling kesulitan. Mereka berada pada posisi ketiga klasemen sementara grup F di bawah Rusia dan Israel.

Beruntung bagi Portugal karena dari empat pertandingan sisa, tiga di antaranya di kandang. Hanya, sulit bagi mereka untuk lolos langsung ke Brasil. Sebab, Rusia sangat perkasa. Dari empat laga mereka selalu menang dan meraih 12 poin. Hebatnya lagi tak pernah kebobolan.

Itu artinya Portugal akan kembali melanjutkan tradisi playoff seperti dua major tournament terakhir. Mereka lolos ke Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 melalui playoff. Kebetulan, mereka selalu berhadapan dengan Bosnia dan selalu menang.

Nasib serupa juga berpotensi dialami Prancis. Mereka sempat unggul di grup I di atas Spanyol. Namun, kekalahan 0-1 dari Spanyol (26/3) mengubah peluang mereka. Mereka tertinggal satu poin di sisa tiga pertandingan.

\"Situasi kami sekarang memang tidak menguntungkan, tetapi peluang kami lolos langsung masih terbuka. Kami hanya perlu selalu menang dan berharap pesaing sedikit lengah,\" jelas Didier Deschamps, pelatih Prancis, seperti dikutip Goal.

Inggris juga kesulitan menembus Piala Dunia 2014 secara langsung. Kemungkinan mereka harus melewati playoff, tetapi segalanya masih bisa berubah di empat laga sisa. \"Tidak ada yang ingin melewati playoff. Masalahnya, hanya ada satu tim yang lolos langsung,\" terang Roy Hodgson, pelatih Inggris, seperti dilansir Guardian.

Mereka tentu tidak ingin mengulang memori kelam gagal lolos ke Piala Dunia 1994. Ketika itu Prancis juga mengalami nasib serupa. \"Biasanya dalam satu grup ada dua tim bagus, tetapi dalam grup kami lebih dari itu,\" jelas Hodgson merujuk kepada Ukraina dan Polandia, selain Montenegro yang memimpin klasemen.

Dari zona CONMEBOL, posisi sulit dialami Uruguay. Juara Copa America 2011 itu sekarang berada pada posisi keenam klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2014 zona CONMEBOL. Saat mereka terpuruk, justru Venezuela yang berpotensi menembus Piala Dunia untuk kali pertama.

\"Kami memiliki peluang mencatat sejarah dan akan mengejarnya sepenuh tenaga. Ini momentum yang bagus dan kami tidak boleh kehilangan,\" jelas Jose Salomon Rondon, striker Venezuela. (ham)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: