7 Daya Tarik Sanghyang Heuleut, Salah Satu Destinasi Wisata Andalan Bandung

7 Daya Tarik Sanghyang Heuleut, Salah Satu Destinasi Wisata Andalan Bandung

Keindahan Sanghyang Heuleut, Bandung -Akun Instagram @kepinhelmi-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Bandung kamu tidak berwisata ke Sanghyang Heuleut. Masyarakat Bandung, khusunya Sunda pasti tahu destinasi wisata yang satu ini. 

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan keindahan yang luar biasa eksotis dan membuat pengunjung akan lebih relaks jika berada di sana.

Tahukah kamu, penamaan destinasi wisata Sahyang Heuleut memiliki arti yang berkaitan dengan sebuah mitos loh. Sanghyang yang berarti “sesuatu yang dianggap suci” dan Heuleut yang berarti “jeda atau batas sesuatu atau waktu”. Mitos mengatakan danau ini merupakan tempat para bidadari menyucikan dirinya dan mandi.

BACA JUGA:Berkunjung ke Desa Wisata Penglipuran, Desa Tertua di Bali

Mitos ini tambah diyakini oleh masyarakat karena memang destinasi wisata ini merupakan sebuah danau yang memiliki air jernih bernuansa kehijauan yang dikelilingi dengan tebing batu berukuran besar di sekelilingnya yang tampak sangat indah.

Lokasi danau ini juga tersembunyi dan terpencil terletak di Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Letaknya tak begitu jauh dari PLTA Saguling. Walaupun begitu lokasi tepatnya untuk bisa mencapai danau ini kamu harus trekking dulu. Selalu ada keringat di balik Keindahan.


Keindahan Sanghyang Heuleut, Bandung -Akun Instagram @tantigustiani23-

Kamu bisa berkunjung ke Sahyang Heuleut dengan  menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan dari Kota Bandung Sekitar 1.5 jam. Jalan ke danau ini mulus kok nyaman dilalui oleh kendaraan kamu.

Destinasi wisata ini memiliki beberapa daya tarik yang mampu mengudang wisatawan untuk berkunjung. Nah, penasaran daya tarik apa yang ditawarkan destinasi wisata yang satu ini. Yuk, simak 5 daya tarik destinasi wisata Sanghyang Heuleut.

BACA JUGA:8 Daya Tarik Pulau Tabuhan di Banyuwangi Jawa Timur

1. Pemandangan Alam yang Indah

Sanghyang Heuleut memiliki pesona alam yanng masih sangat alami. Alam disini masih belum tersentuh banyak manusia karena memang masih belum banyak dikunjungi, maka karena itu tampak bersih dan alami.

Ketika masuk ke kawasan Sanghyang Heuleut kamu akan disambut dengan nuansa alam asri dan memenangkan dari pepohonan yang rindang. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin merencanakan healing. 

Selain itu, kamu akan dibuat terpesona dan tenang secara bersamaan. Airnya yang sangat menawan warnanya, bebatuan yang gagah berdiri dan besar pasti akan membuatmu terpana.

2. Aktivitas Menarik

Salah satu aktivitas yang paling jadi tujuan saat berkunjung ke Sanghyang Heuleut adalah trekking. Trekking disini kamu akan ditawari berbagai pemandangan alam yang masih sangat natural sepanjang perjalanan. Lagi pula selalu ada keringat pada sebuah Keindahan.

Treking disini membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam tergantung kecepatan kamu berjalan. Waspada dan kehati-hatian trekking disini sangat diperlukan ya gaes. Jalan Nya terjal, setapak, dan berbatu. Trek menuju danaunya akan turun terus karena berada di bawah perbukitan.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Pantai Jerman

3. Berenang dan lompat bebas

Namanya juga danau jelas aktivitas utamanya adalah berenang. Airnya yang jernih dan warnanya yang mempesona kamu tidak akan bisa menahan diri untuk segera berenang. Kamu yang membawa ban atau bebek-bebekan yang mengambang di tengah danau, pasti akan lebih menyenangkan.

4. Spot Seru

Nah, di Sanghyang Heuleut juga ada air terjun yang tidak tinggi dan terjal. Air terjun kecil inilah yang mengaliri danau hijau Sanghyang Heuleut. Aliran air terjun berasal dari Sungai Citarum Purba. Alirannya masih bisa buat kamu untuk bermain-main di sekitarnya.

Oh iya karena dikelilingi oleh bebatuan yang tinggi dan besar, biasanya kamu bisa gunakan untuk menjadi tempat melompat. Lompatan bebas ke danau pasti bakal seru tapi ingat tetap harus hati-hati, Karena kedalaman danau ini sekitar 3 meter.

BACA JUGA:Menjaga dan Melestarikan Penyu di Pantai Nipah, Kawasan Ekosistem Esensial Penyu

5. Danau Purba

Selain terkenal dengan keindahan dan mitosnya, rupanya danai in merupakan danau purba yang sudah ada sejak ratusan tahun. Sanghyang Heuleut diyakini berasal dari letusan gunung api purba yang bernama Gunung Sunda.

Bebatuan yang ada di sekeliling danau ini menambah keyakinan bawah danau ini memang terbentuk dari letusan gunung. Letusan tersebut menghasilkan cekungan di tengah bebatuan besar yang membentuk seperti tebing batu.

Bukan hanya itu kawasan ini juga merupakan bagian dari bukti sejarah peninggalan jejak Sungai Citarum Purba. Kawasan purba ini juga ditemukan peninggalan lainnya, yaitu Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek. Ketiganya adalah merupakan kesatuan bukti sejarah.


Keindahan Sanghyang Heuleut, Bandung -Akun Instagram @inspirasigenerasi-

6. Wisata Mistis

Banyak orang percaya danau ini merupakan tempat mandinya bidadari. Selain mengenai magis tempat ini juga memiliki daya tarik yang memikat. Apalagi kamu yang butuh kesegaran dan tempat yang tenang untuk bisa menghilangkan penat kamu. Ini nih salah satu keunikan daya tarik dari danau indah ini.

7. Spot Foto Instagramable

Destinasi wisata ini memiliki beberapa spot foto yang instagramable. Mengambil dari atas danau, membuat kamu dapat mengambil seluruh sudut danau ini. Bebatuan yang besar dan tinggi juga bisa menampakkan suasana seperti di jaman purba.

Jika kamu ingin berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini, kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp.10.000 per orangnya. Harga tiket masuk tidak termasuk tarif parker ya. Tarif parkir untuk kendaraan roda dua Rp.5.000 dan roda empat Rp.10.000.

Disini juga menyediakan jasa sewa pelampung untuk pengunjung Rp.20.000/orang. Bagi kamu kamu belum terlalu bisa berenang tapi ingin menikmati mengambang di danau ini. Nah untuk jasa pemandu dikenai biaya sekitar Rp. 50.000 per orang.

BACA JUGA:Menjaga dan Melestarikan Penyu di Pantai Nipah, Kawasan Ekosistem Esensial Penyu

Namun sayang,  fasilitas penunjang destinasi wisata Sanghyang Heuleut belum memadai. Tapi tak perlu khawatir beberapa rumah warga menyediakan toilet dan kamar mandi.  Fasilitas lahan parkir merupakan fasilitas yang paling bisa kamu gunakan dengan gampang.

Nah, bagaimana menurutmu, jika kamu berkunjung ke Bandung jangan lewatkan destinasi wisata yang satu ini. Akan lebih menyenangkan jika kamu mengajak keluarga, teman-teman serta orang tersayang jika berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: