Menjelajahi Pantai Parangtritis, Destinasi Wisata dengan Mitos Nyi Roro Kidul yang Melegenda

Menjelajahi Pantai Parangtritis, Destinasi Wisata dengan Mitos Nyi Roro Kidul yang Melegenda

Pantai Parangtritis Yogyakarta -Akun Instagram @jogjascenery-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi kamu warga Yogyakarta mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan Pantai Parangtritis. Pantai yang berjarak 27 km dari pusat Kota Jogja ini terkenal memiliki pemandangan sunset yang menakjubkan tak heran jika para pengunjung selalu dibuat terpana akan keindahan. 

Pantai Parangtritis terletak di Kelurahan Parangtritis, Kapanéwon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Pantai ini juga terkenal dengan berbagai cerita bersejarah dan mitos yang masih dipercaya hingga saat ini. Saat kamu berkunjung ke pantai ini kamu akan menyaksikan pemandangan alam yang eksotis. 

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam dan ombak pantai yang tinggi oleh karena itu pengunjung yang datang biasanya tidak diperbolehkan untuk berenang. Kendati demikian, hal tersebut tak menyurutkan semangat wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini.

BACA JUGA:Kali Biru, Sungai yang Memiliki Air Berwarna Biru Jernih di Raja Ampat


Pengunjung yang menyewa mobil jeep untuk menjelajahi pantai -Akun Instagram @titin_ambarwati-

Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti, bermain menelusuri pantai dengan  dengan menyewa mobil Jeep sekitar Rp. 400.000 per/mobil untuk setengah jam. Aktivitas ini merupakan salah satu yang paling diminati oleh para wisatawan. 

Tak hanya itu kamu juga bisa mencoba menaiki kereta kuda atau m bendi. Menyusuri permukaan pasir yang mulus disapu ombak dengan kereta kuda beroda 2 ini tak kalah menyenangkan. 


Keindahan Sunset di Pantai Parangtritis -Akun Instagram @jogjaimages-

Bendi akan membawa kita ke ujung timur Pantai Parangtritis tempat gugusan karang begitu indah sehingga sering dijadikan spot pemotretan foto pre-wedding.

Pantai Parangtritis memiliki spot yang menarik yakni  Tebing Gembirawati yang terletak tak jauh dari pantai. Dari sana kamu bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala.

BACA JUGA:Berkunjung ke Danau Paisu Pok Danau Terindah di Sulawesi Tengah

Tahukah kamu, konon belum banyak orang tahu bahwa di sebelah timur tebing ini tersembunyi sebuah reruntuhan candi. Berbeda dengan candi lainnya yang terletak di daerah pegunungan, Candi Gembirawati hanya beberapa ratus meter dari bibir Pantai Parangtritis. 

Sayup-sayup gemuruh ombak laut selatan yang ganas bisa terdengar dari candi ini. Pantai Parangtritis juga sangat lekat dengan mitos Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: