Sejarah Kue Putu, Ternyata Sudah Ada Sejak 1200 Masehi

Sejarah Kue Putu, Ternyata  Sudah Ada Sejak 1200 Masehi

Kue Putu -Akun Instagram @the.lucky.belly-

Dahulu, puthu disajikan di pagi hari. namun seirng perkembangan zaman menggunakan kacang hijau kemudian diganti dengan gula jawa. Kue putu juga banyak dipercaya berasal dari daerah Jawa Timur. Kendati demikian, di kota-kota besar seperti Jakarta, kue tradisional ini banyak ditemui.

Kemungkinan, keberadaan kue putu di luar Jawa Timur ialah karena adanya perpindahan orang Jawa Timur yang merantau ke kota-kota besar dan kemudian mulai menjadikan kue putu sebagai salah satu jenis mata pencahariannya.

Kue putu dibuat dengan cara adonan tepung beras berwarna hijau yang dimasukkan ke dalam bambu kecil dengan tak lupa ditambahkan gula merah di bagian tengahnya. 

Usai dimasukkan ke dalam bambu, kue putu kemudian dikukus di atas uap panas sehingga menimbulkan suara khas. Bagaimana pasti sudah terbayang kan bagaimana suara ciri khasnya?. 

Meski kue putu masih sesekali dapat ditemui, namun keberadaannya belakangan ini perlahan mulai jarang terlihat. Oleh karena itu, untuk kamu yang tinggal di perkotaan, mungkin akan jarang sekali menemui kue yang satu ini.

Demikian lah ulasan singkat mengenai asal usul kue putu yang menjadi favorit seluruh masyarakat Indonesia.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: