Mencoba Kelezatan Nasi Krawu Khas Jawa Timur

Mencoba Kelezatan Nasi Krawu Khas Jawa Timur

Nasi Krawu khas Jawa Timur-Akun Instagram @re47natjan -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Jawa Timur kamu tidak berburu kuliner khas yang ada di sana.

Selain, terkenal dengan kuliner Rawonnya yang lezat dan nikmat, Jawa Timur juga memiliki berbagai kuliner lain yang tak kalah nikmat seperti kuliner yang satu ini, namanya Nasi Krawu

Siapa yang tidak mengenal Nasi Krawu, kuliner yang mempunyai banyak pengemarnya ini merupakan masakan leluhur di Madura. Penamaan Nasi Krawu berasal dari kata krawukan yang artinya diambil langsung dengan jari tangan (krawuk). 

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Roti Kompyang yang Sudah Ada Pada Masa Dinasti Ming 1563 Masehi

Makanan ini disajikan dengan daun pisang dan diambilkan oleh sang pembuat dengan jari-jari tangannya. Untuk menikmatinya, disarankan untuk menggunakan tangan, bukan dengan sendok atau garpu.

Nasi krawu terdiri dari nasi putih yang pulen dengan lauk utama suwiran daging sapi yang dimasak dengan bumbu pedas. Lalu, diberi taburan serundeng atau poya yang terbuat dari parutan kelapa.

Poya yang menjadi salah satu kunci kenikmatan nasi krawu ini terdiri dari 2 jenis. Yakni poya berwarna kekuningan dengan rasa yang manis, serta poya berwarna oranye kemerahan yang memiliki rasa sedikit pedas.

Pengolahan  nasi pada Nasi Krawu ini sama saja seperti nasi putih biasanya, namun yang terpenting adalah pengolahan lauk pauknya. Untuk daging suwirnya terbuat dari bahan seperti daging sapi, babat, usus dan hati yang dimasak dengan cara disemur dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan rasa yang sangat khas. 

BACA JUGA:Karawo, Kue Unik Khas Gorontalo yang Memiliki Nilai Jual Tinggi

Setelah daging semur itu matang, kemudian daging sapinya disuwir-suwir, sedangkan bahan jeroan dipotong kecil-kecil. Kemudian untuk serundengnya terbuat dari parutan kelapa yang diolah menjadi dua varian rasa, yaitu rasa gurih pada serundeng berwarna kuning dan rasa pedas pada serundeng berwarna merah

Nasi krawu semakin lengkap dengan sambal terasi. Ada juga yang menambahkan lauk telur asin, jeroan sapi beserta kuah semur sesuai selera. Kesedapan nasi krawu semakin terasa karena kuliner ini biasanya dibungkus dengan daun pisang

Kini, kamu bisa menemukan kuliner nasi krawu di seluruh wilayah Jawa Timur terkhususnya gersik. Kuliner ini lebih cocok jika dijadikan sarapan pagi. Harganya berkisar Rp 15.000 saja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: