Ini Dia Penyebab Utama BAB Bayi Berlendir yang Perlu Diwaspadai

Ini Dia Penyebab Utama BAB Bayi Berlendir yang Perlu Diwaspadai

BAB bayi berlendir juga bisa terjadi pada si kecil yang menderita cystic fibrosis--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Perlu diketahui, kondisi tinja bisa menjadi cerminan dari kondisi kesehatan si kecil, termasuk saat BAB-nya menjadi berlendir. Sejumlah pertanyaan mungkin akan muncul di benak orangtua, apakah ini hal yang berbahaya dan apakah penyebabnya?

BACA JUGA:Puluhan Hektare Lahan di Bengkulu Terbakar

BAB berlendir merupakan hal yang normal dan sering ditemui terutama pada awal kehidupan bayi. Selama lendir yang terkandung pada tinja tidak kental dan tidak terlalu banyak, Moms nggak perlu terlalu khawatir sebab usus secara alami memproduksi lendir dan mengeluarkan sebagian darinya bersamaan dengan tinja. Tujuannya tentu agar tinja menjadi semakin mudah untuk dikeluarkan.

Penyebab Utama BAB bayi Berlendir

Meski umumnya nggak perlu dikhawatirkan berlebihan, namun BAB bayi yang berlendir rupanya bisa juga menandakan beberapa hal yang perlu diwaspadai.

BACA JUGA:Agar Burung Murai Batu Sering Berkicau, Lakukan Hal Ini

1. Alergi makanan

Jika bayi masih mengonsumsi ASI secara eksklusif dan mengalami BAB berlendir, cobalah untuk mengevaluasi makanan yang Moms konsumsi. Pasalnya makanan yang dikonsumsi Ibu selama menyusui terkadang sangat berpengaruh terhadap kualitas ASI.

Sedangkan pada bayi yang telah diberikan MPASI, BAB bayi berlendir bisa dipicu oleh makanan yang dikonsumsinya. Alergi makanan pada bayi biasanya baru dikenali saat bayi sudah memulai MPASI. Selain BAB berlendir, alergi makanan pada bayi juga dapat ditandai dengan muntah, diare atau tinja yang mengandung darah.

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Bentuk Satgas Nataru, Ini Tugasnya

2. Infeksi

BAB bayi yang berlendir bisa menjadi pertanda saluran pencernaan si kecil sedang mengalami peradangan akibat infeksi. Namun saat mengalami infeksi, selain berlendir, BAB bayi juga bisa berubah warna menjadi hijau bahkan mengandung darah.

3. Tumbuh gigi

Tak hanya membuat bayi rewel, tumbuh gigi juga bisa menyebabkan BAB bayi berlendir. Saat bayi tengah tumbuh gigi, produksi air liur dapat meningkat sehingga tertelan oleh si kecil. Saat air liur masuk ke saluran cerna secara berlebihan, saluran cerna bayi belum mampu untuk mencernanya dengan baik. Hal ini dapat memicu peradangan ringan di usus sehingga produksi lendir di usus meningkat dan membuat tinja bayi menjadi lebih berlendir.

BACA JUGA:Inilah Weton Titisan dari Panglima Macan Putih

4. Cystic fibrosis

BAB bayi berlendir juga bisa terjadi pada si kecil yang menderita cystic fibrosis. Pasalnya, kelainan bawaan ini dapat membuat tubuh memproduksi lendir berlebih. Peningkatan produksi lendir di saluran cerna akan menyebabkan munculnya BAB bayi yang berlendir, bahkan berbau dan berminyak.

Nah demikian penjelasan tentang penyebab BAB bayi berlendir. Kondisi ini harus diatasi sesuai dengan penyebabnya. Untuk itu, jika mengalami BAB berlendir dalam jumlah berlebihan yang disertai keluhan dan gejala lain yang mengganggu, segera bawalah si kecil ke dokter untuk diperiksa dan diberikan penanganan yang tepat.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: