Pertamina Patra Niaga Bentuk Satgas Nataru, Ini Tugasnya

Pertamina Patra Niaga Bentuk Satgas Nataru, Ini Tugasnya

Suasana pengisian BBM di SPBU Rawa Makmur Kota Bengkulu-foto:istimewa-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mengantisipasi pergerakan pemudik yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel telah membentuk satuan tugas (satgas) nataru, Senin (18/12/2023).

Satgas nataru ini melibatkan seluruh lini operasional perusahaan. Hal itu dilakukan untuk memastikan energi yang digunakan masyarakat tetap aman dan terpenuhi.

Disampaikan Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, satgas nataru dibentuk sejak 15 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024 mendatang.

Lanjutnya, tugas satgas nataru sendiri adalah untuk memastikan kebutuhan energi seperti BBM, LPG dan Avtur di Provinsi Sumatera Bagian Selatan (sumbagsel) tercukupi.

BACA JUGA:Pengamanan Nataru 2024 di Bengkulu, 30 Pos dan Alat Berat Disiapkan

" Kami ingin memastikan ketahanan stok dalam keadaan aman, sehingga distribusi tidak terganggu dan masyarakat dapat melaksanakan perjalanan mudik libur Natal dan Tahun Baru dengan nyaman dan tenang," kata Nikho.

Ia menambahkan, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel telah menghitung proyeksi peningkatan konsumsi energi masyarakat selama masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Setidaknya akan ada peningkatan kebutuhan di Bengkulu sekitar 1,5% untuk Gasoline (bensin) dan Gasoil (solar) sekitar 0,5%. Selain itu, peningkatan juga terdapat pada konsumsi LPG sekitar 1,74% dan 6% untuk kebutuhan Avtur. 

"Data tersebut seluruhnya dibandingkan dengan capaian rerata Oktober 2023," sambungnya.

BACA JUGA:Ada Lowongan Kerja di Pertamina Training & Consulting

Tak hanya itu, Pertamina Patra Niaga juga telah menyiapkan sejumlah antisipasi, seluruh infrastruktur dan sarfas juga telah disiagakan yang meliputi 10 Terminal BBM, 2 Terminal LPG, 675 SPBU, 61 SPBE, 502 Agen LPG, dan 6 DPPU.

Pertamina juga menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur toll, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa 81 SPBU Siaga, 5.540 Outlet Pangkalan LPG Siaga, 7 unit Kiosk Pertamina Siaga, 15 unit Motorist.

Untuk menambah stok BBM di SPBU, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel  telah menyiapkan SPBU kantong dalam wujud mobil tangki yang disiagakan di sejumlah SPBU.

"Ada 16 SPBU kantong dengan kapasitas mobil tanki penuh disiagakan di titik-titik SPBU yang merupakan jalur mudik maupun area wisata yang berpotensi adanya lonjakan kebutuhan. Pertamina juga berharap mudik natal dan tahun baru dapat berjalan lancar serta pemudik juga diharapkan memperhatikan aspek keselamatan dan menggunakan BBM sesuai dengan peruntukan," tutup Tjahyo Nikho. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: