Kawok, Kuliner Terekstrem di Indonesia Berbahan Daging Tikus

Kawok, Kuliner Terekstrem di Indonesia Berbahan Daging Tikus

Kawok yang sudah di panggang terlebih dahulu sebelum diolah menjadi makanan yang lezat-Akun Instagram @monica_demmassabu-

BENGKULUESKPRESS.COM - Berburu kuliner merupakan hal yang menyenangkan terlebih jika kuliner disajikan memiliki tampilan dan rasa yang menggungah selera. Namun, bagaimana jika kamu mencoba kuliner yang tak biasa seperti Kawok

Kawok merupakan salah satu makanan terekstrem di Indonesia yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Kira-kira se-ekstrem apa makanan yang satu ini? yuk, simak ulasan berikut ini.

Jangan terkejut jika mendengar bahan makanan yang satu ini, Kawok merupakan makanan yang terbuat dari daging tikus. Kamu tidak salah membaca kok, dalam bahasa Manado Kawok berati tikus.

BACA JUGA:Apam Batil Camilan Khas Kota Banjar, Ini Resep dan Cara Pembuatannya

Kawok merupakan makanan yang menjadi idola di Manado. Bahkan wisatawan lokal pun mengakui ke lezatan kuliner yang satu ini.

Meskipun terdengar menjijikkan, pada kenyataanya Kawok memiliki cita Rasa yang nikmat dan juga lezat  dan bakal membuat kamu ketagihan.

Tekstur daging kawok berserat halus dengan tulang yang kecil. Ada sedikit rasa pahit, tetapi hal tersebut yang menjadi ciri khas dari kawok. Makanan ini mudah ditemui, terutama di Pasar Tomohon yang ada di Manado. 

Inti memasak kawok agar lezat ada pada kualitas bumbunya. Jangan heran jika melihat takaran bumbu yang cukup banyak. Daging tikus dibumbui dengan serai, lemon, cabai, bawang, kemangi, kunyit, dan garoka, kemudian ditambah santan kental.

Tikus yang digunakan bukanlah tikus-tikus yang sering berkeliaran di got atau saluran air pemukiman, melainkan tikus hutan yang memiliki ekor berwarna putih dan hanya makan tumbuh-tumbuhan saja. 

BACA JUGA:Mengenal Sate Tulang Khas Banjar dan Cara Memasaknya

Tikus berekor putih yang diolah menjadi kawok biasanya ditangkap langsung di hutan dan hidup di pepohonan di hutan.

Masih penasaran? lalu bagaimana kita bisa yakin bahwa itu adalah tikus hutan bukan tikus perumahan? Bagaimana jika kita di kibuli oleh penjual sehingga kita salah memilih tikus. 

Hal Itu mungkin saja terjadi jika kamu ditipu oleh pedagang nakal. Namun. karena Kawok merupakan makanan tradisional Manado yang memiliki banyak penggemar. Jadi kebutuhan akan daging ini juga sangat banyak. 

Masyarakat Manado tentunya sudah pandai dalam membedakan mana yang daging tikus hutan dan mana yang bukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: