Ini Dia Makanan Unik Khas Perayaan Natal dari Berbagai Negara

Ini Dia Makanan Unik Khas Perayaan Natal dari Berbagai Negara

Bibingka biasa dikonsumsi sebagai sarapan setelah Misa de Gallo (Misa Tengah Malam) pada malam natal. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sama seperti di Indonesia yang memiliki makanan-makanan khas yang dihidangkan pada saat hari raya, negara-negara lain juga punya hal yang sama terutama untuk perayaan Natal. Berikut ini makanan khas perayaan Natal di berbagai negara yang dirangkum dari berbagai sumber. Siapa tahu, makanan-makanan ini bisa menjadi inspirasi untuk kalian hidangkan pada saat Natal nanti.

BACA JUGA:Siapa Sebenarnya Santa Claus? Sosok Terkenal Saat Natal Tiba

Filipina: Bibingka

Bibingka biasa dikonsumsi sebagai sarapan setelah Misa de Gallo (Misa Tengah Malam) pada malam natal. Bibingka merupakan kue yang terbuat dari tepung beras dengan campuran santan, mentega, dan telur. Varian paling mewah dari makanan ini adalah bibingka yang dihiasi dengan keju meleleh, telur bebek asin, dan kelapa parut yang melimpah.

Tradisionalnya, bibingka dimasak di atas bara api, dalam pot tanah liat yang dilapisi daun pisang. Namun kalian dapat dengan mudah membuat kue manis asin ini di dalam oven rumah menggunakan loyang kue.

BACA JUGA:6 Weton Ini Punya Kelebihan Meluluhkan Hati dan Merayu Orang Lain

Denmark: Julesild

Entah itu diasinkan, diasap, atau digoreng, ikan hering selalu menjadi pilihan dalam menu Denmark sepanjang tahun. Namun, suasana Natal menuntut hidangan lebih spesial. Julesild dihidangkan sebagai hidangan pembuka selama julefrokost (makan siang natal yang dinikmati sepanjang Desember bersama teman, keluarga, dan rekan kerja).

Julesild adalah ikan hering yang diasinkan dan dibumbui dengan kayu manis, cengkeh, dan cendana. Hidangan ini paling nikmat dinikmati dengan sepotong rugbrod (roti gandum Denmark).

BACA JUGA:Ini Dia Marga-Marga di Palembang Sumatera Selatan

Meksiko: Ponche Navideño

Hidangan dari Meksiko ini cocok bagi kalian yang tidak mengosumsi alkohol. Minuman ini tidak mengandung alkohol sehingga cocok bagi pengganti wine. Minuman meriah ini, dibuat dengan merebus buah-buahan seperti jambu dan apel dengan tebu gula mentah, kayu manis, dan bunga sepatu. Ponche Navideno biasanya disajikan menjelang malam Natal yaitu selama Las Posadas, perayaan seminggu yang mengenang perjalanan Yosef dan Maria dari Nazareth ke Bethlehem.

BACA JUGA:6 Weton Ini Punya Kelebihan Meluluhkan Hati dan Merayu Orang Lain

Afrika Selatan: Malva pudding

Malva pudding, sejenis kue spons yang mengandung selai aprikot, adalah salah satu hidangan pencuci mulut paling mewah di Afrika Selatan. Hidangan ini disajikan khusus untuk acara istimewa sepanjang tahun, tetapi saat Natal, terdapat variasi yang memasukkan brendi atau amarula.

Amarula sendiri adalah sejenis minuman alkohol asli Afrika Selatan yang terbuat dari buah marula. Ketika kue masih panas, kue itu disiram dengan deras oleh saus mentega manis, sehingga memberikan konsistensi kenyal dan karamel yang mirip dengan sticky toffee pudding pada hidangan ini.

BACA JUGA:Terkenal Sebagai Kepala Batu, 5 Weton Ini Sukses Lahirkan Tokoh-tokoh Dunia

Brasil: Farofa

Makan malam meriah di Brasil dimulai pada malam Natal dan seringkali berlanjut hingga dini hari Natal. Hidangan yang hampir selalu tersedia adalah farofa yang terbuat dari campuran remahan roti yang dipanggang dengan tepung singkong yang diberi mentega dan bawang putih. Hiasan pada farova dapat bervariasi, tetapi biasanya terdiri dari bacon asap, kismis, dan kenari.

Itu dia beberapa makanan dari berbagai negara yang selalu dihidangkan pada perayaan Natal. Kalau dibayangkan terlihat enak semua ya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: