Inilah Perbedaan Kelas Ninja dan Samurai di Kekaisaran Jepang

Inilah Perbedaan Kelas Ninja dan Samurai di Kekaisaran Jepang

Samurai berpegang teguh pada prinsip mereka, ninja adalah cerita yang sangat berbeda, menggunakan cara terselubung untuk mencapai tujuan mereka.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ninja dan samurai Kekaisaran Jepang adalah dua gambaran sejarah yang terkenal. Kita semua pernah mendengar tentang mereka, tapi tahukah perbedaan di antara keduanya? samurai biasanya disebut bushi atau buke dalam bahasa Jepang. Mereka adalah bangsawan militer Jepang.

samurai hidup pada masa ketika Kaisar Jepang tidak lebih dari seorang tokoh seremonial, dan negara itu sebenarnya diperintah oleh seorang shogun, atau jenderal militer. Shogun memimpin sekelompok klan kuat, yang disebut daimyo. Masing-masing menguasai sebagian kecil negaranya sendiri dan menyewa samurai untuk bertindak sebagai penjaga dan prajuritnya.

BACA JUGA:Apa Saja Sih Penyebab Flek pada Ibu Hamil

Samurai bukan hanya pejuang yang ganas, tetapi mereka mengikuti kode kehormatan dan pertempuran yang ketat. Selama masa damai yang panjang di Zaman Edo (1603-1868), samurai berangsur-angsur kehilangan fungsi militernya dan memperluas peran mereka sebagai pegawai istana, birokrat, dan administrator.

Kelas samurai akhirnya dihapuskan dalam Reformasi Meiji pada abad ke-19, setelah menikmati kekuasaan dan pengaruh selama ratusan tahun. Ninja dikenal sebagai shinobi di Jepang. Pada dasarnya ninja adalah agen rahasia, yang perannya melibatkan spionase, sabotase, infiltrasi, dan pembunuhan.

Di mana samurai berpegang teguh pada prinsip mereka, ninja adalah cerita yang sangat berbeda, menggunakan cara terselubung untuk mencapai tujuan mereka. Sama seperti samurai, mereka dipekerjakan oleh klan yang kuat untuk melakukan pekerjaan kotor mereka.

BACA JUGA:Berbahayakah Keputihan Saat Hamil Muda bagi Ibu Hamil?

Tidak banyak tentang mereka yang diketahui secara pasti, tetapi yang kita tahu adalah bahwa citra ninja modern jauh dari realitas sejarah. Konsepsi ninja kita saat ini telah diperkuat dari waktu ke waktu. Tidak hanya oleh film-film barat seperti American Ninja, tetapi juga oleh media dan cerita rakyat Jepang.

Penampilan
Ninja akan berpakaian tidak mencolok —sebagai petani atau pendeta misalnya— sehingga mereka dapat bertindak sebagai pengintai dan mengamati musuh tanpa digerebek. Samurai, di sisi lain, tampak mengagumkan dan mengesankan dalam baju zirah.

Fakta bahwa samurai tidak lagi harus menyerang dalam pertempuran pada saat itu juga selama Periode Edo berarti bahwa beberapa baju besi menjadi berlebihan.Konsep samurai mulai muncul pada pertengahan Periode Heian (794-1185). Pendahulu ninja yang licik mungkin juga ada sejak akhir Periode Heian.

BACA JUGA:Begini Cara Menggunakan Tespek Kehamilan dengan Tepat dan Benar

Namun, shinobi, sebagai kelompok tentara bayaran yang terlatih khusus dari desa Iga dan Koga, baru muncul di abad kelima belas, membuat mereka lima ratus tahun lebih muda dari samurai.Ninja yang lahir dari permintaan para pejuang yang bersedia melakukan perbuatan tidak terhormat bergantung pada kerusuhan politik dan perang.

Namun permintaan ini memudar menjadi tidak jelas setelah penyatuan Jepang pada abad ketujuh belas. Samurai menyesuaikan peran mereka dalam masyarakat dan bertahan lebih lama.

Beda Filosofi Samurai vs Ninja
Aturan yang digunakan samurai untuk mengatur hidup mereka dikenal sebagai Bushido—yang pada dasarnya adalah ksatria versi Jepang. Kode kehormatan ini, yang dipengaruhi oleh Konfusianisme, Shinto, dan Buddhisme Zen, memperkenalkan unsur kebijaksanaan dan kedamaian dalam kehidupan kekerasan para samurai.

BACA JUGA:Kymco Dink R 150 Meluncur, Bisa Jadi Lawan Buat Yamaha NMax dan Honda PCX

Singkatnya, tujuh kebajikan bushido adalah kejujuran atau kebenaran, keberanian, kebajikan, rasa hormat, kejujuran, kehormatan, dan kesetiaan.Penguasaan seni bela diri dan gaya hidup hemat juga sangat penting bagi samurai.  Mereka berusaha keras untuk mengikuti semua sila ini dalam setiap aspek kehidupan mereka. Sejujurnya, tidak ada yang lebih berbeda dari urusan curang ninja.

Filosofi ninja berakar pada filosofi militer Tiongkok—dan lebih sedikit berfokus pada nilai-nilai, dan lebih banyak pada menendang pantat.Ada tiga teks utama yang darinya kita mendapatkan sebagian besar pengetahuan kita tentang ninja, yang disebut Ninpiden (1655), Bansenshukai (1675) dan Shoninki (1681).

Dalam teks ini membahas hal-hal seperti bagaimana menyamarkan diri, bagaimana membobol rumah dan mengumpulkan informasi, bagaimana membuat jejak palsu, dan beberapa pengamatan tentang sifat dan emosi manusia. Beberapa taktik luar biasa yang pernah digunakan ninja adalah memberi tahu waktu dengan mengamati pelebaran pupil kucing.  Para ninja kerap membawa sekotak jangkrik untuk menyamarkan langkah kaki mereka.

BACA JUGA:Vespa 150 cc Baru Muncul, Persis Vespa Legend, Harga Rp 31 Jutaan

Samurai cukup mengandalkan pedang mereka untuk persenjataan. Senjata ini berkisar dari katana (pedang panjang) hingga wakizashi (pedang pendek) dan tanto (belati). Kadang-kadang mereka juga menggunakan kama (senjata seperti sabit).

Senjata samurai yang paling mengagumkan adalah tessen, kipas lipat dengan jari-jari luar terbuat dari besi runcing.Tessen dapat digunakan untuk menyerang, menangkis panah dan anak panah, sebagai senjata lempar dan bahkan sebagai alat bantu berenang.

Karena ninja mengandalkan penyergapan dan taktik yang tidak ortodoks, sedangkan samurai pada umumnya bertarung secara tatap muka, ninja dapat menggunakan lebih banyak jenis senjata.Ninja mungkin juga menggunakan pedang. Selain itu mereka juga menggunakan peranti seperti cabai merah atau serbuk besi untuk membutakan musuh untuk sementara.

BACA JUGA:Kenapa Suzuki Jimny Thunder Edition Bisa Lebih Murah? Ternyata Ini Alasannya

Ada juga alat rantai dan sabit yang tampak menakutkan yang disebut kusarigama. Alat-alat pertanian yang bisa dengan mudah disamarkan sebagai alat berkebun. Anak panah, paku, pisau, bintang lempar shuriken, busur, bom asap, racun, sampai pedang tebu.

Selain itu, mereka membawa alat-alat seperti kait bergulat, pahat, palu, bor, beliung dan gergaji (semuanya juga dapat digunakan sebagai senjata). Ada juga kulit tiup dengan tabung pernapasan untuk memungkinkan mereka bertahan di bawah air untuk waktu yang lama.Jelas mereka tidak membawa semua ini pada saat yang sama. Bansenshukai, salah satu teks ninja, menyatakan bahwa “ninja yang sukses adalah orang yang hanya menggunakan satu alat untuk banyak tugas”. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: