Harus Tahu! Adab-adab Sholat Tahajud, Simak Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Harus Tahu! Adab-adab Sholat Tahajud, Simak Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Ustadz Khalid Basalamah jelaskan tentang adab-adab sholat tahajud-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Mengatur Waktu Tidur Ala Rasulullah, Agar Bisa Bangun Sholat Tahajud

BACA JUGA:Ingin Berhenti dari Kecanduan Nonton Film Dewasa, Amalkan Doa Berikut Ini

Hal tersebut sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW yang artinya:

"Jika salah seorang dari kalian melaksanakan sholat malam maka hendaklah ia membuka sholatnya dengan dua rokaat yang ringan," (HR Imam Muslim). 

Adab keempat dalam melaksanakan shalat Tahajud adalah disunnahkan untuk melakukannya di dalam rumah. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Sholatlah di rumah-rumah kalian, kecuali sholat fardhu," (HR Bukhari, Muslim).

Adab kelima dalam melaksanakan sholat Tahajud adalah menjadikannya sebagai kebiasaan untuk dilaksanakan setiap malam. Sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW

"Kerjakanlah amalan yang mampu kalian kerjakan karena Allah SWT tidak akan pernah bosan sehingga kalian bosan dan amalan yang paling dicintai Allah SWT adalah yang rutin dijaga oleh pelakunya sekalipun amalannya sedikit," (HR Bukhari Muslim). 

Adab keenam dalam pelaksanaan shalat Tahajud adalah jika merasa mengantuk, disarankan untuk tidur terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat Tahajud. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi SAW.

"Apabila seorang dari kalian mengantuk ketika sholat hendaknya dia tidur terlebih dahulu hingga segar kembali, karena mngkin saja salah seorang dari kalian sholat sambal mengantuk lalu hendak memohon ampun tapi dia malah mencaci maki dirinya sendiri,"(HR. Bukhari).

Adab ketujuh dalam pelaksanaan shalat Tahajud adalah disarankan untuk membangunkan anggota keluarga untuk melaksanakan shalat Tahajud. Hal ini sesuai dengan ajaran yang disampaikan oleh Nabi SAW.

"Jika seorang suami bangun malam lalu membangunkan istrinya lalu keduanya sholat dua rokaat, maka dituliskan mereka berdua termasuk laki-laki dan wanita yang banyak berzikir," (HR Ibnu Maja).

Adab kedelapan adalah membaca minimal satu juz Al-Quran saat shalat Tahajud, namun bisa lebih atau kurang dari itu sesuai dengan kemampuan individu, sambil merenungkan setiap ayat yang dibaca.

BACA JUGA:4 Penyebab Seseorang Susah Tahajud, Salah Satunya Terlalu Banyak Makan

BACA JUGA:Ini yang Didapat Bila Rutin Sholat Tahajud, Ustadz Adi Hidayat: Boleh Dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: