Harus Tahu! Adab-adab Sholat Tahajud, Simak Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Harus Tahu! Adab-adab Sholat Tahajud, Simak Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Ustadz Khalid Basalamah jelaskan tentang adab-adab sholat tahajud-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Agar sholat tahajud yang kita laksanakan sempurna, maka kita harus mengetahui adab-adab sholat tahajud.

Adab-adab sholat tahajud tersebut pernah dijelaskan oleh Ustadz Khalid Basalamah dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Khalid Basalamah Official.

Dari video tersebut, berikut ini adalah adab-adab yang bisa kita perhatikan dalam melaksanakan sholat tahajud.

BACA JUGA:Tata Cara Sholat Tahajud, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Doanya

BACA JUGA:Jomblo Wajib Tahu! Beberapa Manfaat Sholat Tahajud, Salah Satunya untuk Jodoh

Adab yang pertama adalah niat.  Niat adalah salah satu adab paling penting sebelum melaksanakan sholat Tahajud, sehingga tidur juga menjadi bagian dari ibadah tersebut.

Jika seseorang berniat untuk melaksanakan sholat Tahajud sebelum tidur, namun tidak dapat terbangun saat waktu Tahajud, ia tetap akan mendapatkan pahala atas niat baiknya.

Bahkan hanya dengan niat untuk melaksanakan shalat Tahajud saja, seseorang akan mendapatkan pahala. Jika shalat Tahajud benar-benar dilaksanakan, pahalanya dapat berlipat-lipat, bahkan bisa mencapai 10 hingga 700 kali lipat.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Tidaklah seseorang berniat dan sudah terbiasa sholat malam lalu ia tertidur tidak bangun satu malam, melainkan Allah SWT mencatat baginya pahala sholat malam, dantidurnya menjadi sedekah atasnya," (HR An-Nasa’i).

Kemudian dari Abu Darda ra, Rasulullah bersabda yang artinya:

"Barang siapa yang mendatangi tempat tidurnya dan ia berniat untuk bangun sholat malam lalu kedua matanya mengalahkannya hingga subuh, maka dicatatlah apa yang telah ia niatkan dan tidurnya menjadi sedekah baginya dari Robb nya," (HR An-Nasa’i).

Adab kedua sebelum melaksanakan shalat Tahajud adalah dengan mengusap wajah setelah bangun dari tidur sambil berdzikir, kemudian membersihkan gigi sambil mengucapkan tiga kalimat zikir yang digabungkan:

Laa Ilaha Illallah Wahdahu Laa Syarika Lah Lahul Mulku Wa Lahul Hamdu Wa Huwa ‘Ala Kulli Syai’in Qodir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: