Remaja Rentan Jerawatan, Begini Tips Merawat Kulitnya

Remaja Rentan Jerawatan, Begini Tips Merawat Kulitnya

Merawat kulit berjerawat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jerawat yang mengganggu menjadi masalah perubahan bagi kaum muda. Lebih lagi, pada masa pubertas menjadi masa-masa penuh perubahan bagi remaja. Perubahan pada tubuh menjadi yang paling terlihat. 

Jerawat memang dapat terjadi pada usia berapapun. Namun, remaja lebih mungkin terkena jerawat akibat masuknya hormon. Kondisi ini bisa terasa luar biasa selama tahap kehidupan ketika masuk masa pubertas.

Bagi kamu yang punya masalah jerawat saat beranjak remaja, kamu tak sendirian. Menurut National Institute of Arthritis dan Musculoskeletal and Skin Diseases, sebanyak 80 persen anak muda mengalami jerawat sebelum usia 30 tahun.

BACA JUGA:Manfaat Lain Tanaman Sereh, Mencerahkan Dan Menghilangkan Jerawat Di Wajah

Tak perlu risau, jerawat remaja cenderung mereda seiring bertambahnya usia. Jerawat pada remaja juga bisa mereda seiring dengan rutinitas perawatan kulit yang baik. Kamu jadi tetap memiliki kulit wajah yang bersih dan terhindar dari jerawat meradang.

Ada banyak tips merawat kulit yang rentan berjerawat pada masa remaja. Menjaga kebersihan dan pola makan sehat adalah kunci utama. Berikut tips merawat wajah yang rentan berjerawat bagi remaja, dirangkum dari Healthline :

1. Jangan sering menyentuh wajah

Saat wajah sedang berjerawat, jangan sekali-kali mencoba untuk meletuskan atau hanya sekadar memegang jerawat. Memencet jerawat hanya akan meregangkan pori-pori yang menyebabkan bekas luka pada kulit. 

Inilah yang menyebabkan noda jerawat permanen, yang akhirnya bisa terlihat seperti jerawat asli yang tak kunjung hilang.

Tangan juga merupakan tempat banyak bakteri menempel. Jerawat dapat muncul dari bakteri yang menumpuk pada kulit dan memasuki pori-pori. Sering menyentuh wajah hanya akan menyebabkan bakteri terdorong ke dalam kulit lebih jauh menyebabkan jerawat makin menyebar.

BACA JUGA:Bahayakah di Wajah Bayi Timbul Jerawat ?

2. Gunakan produk non-komedogenik

Produk wajah non-komedogenik adalah suatu keharusan bagi kulit yang cenderung berjerawat. Produk ini termasuk sabun pencuci muka, pelembab, dan tabir surya, serta riasan yang mungkin kamu pakai. 

Produk non-komedogenik diformulasikan sedemikian rupa sehingga tidak mungkin menyebabkan penyumbatan dan breakout di wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: