Ingin Cepat Hamil? Ini Dia Tips Agar Rahim Sehat dan Subur

Ingin Cepat Hamil?  Ini Dia Tips Agar Rahim Sehat dan Subur

Pada dasarnya, menjaga kesehatan rahim erat kaitannya dengan menjaga kesehatan tubuh secara umum. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Fungsi utama rahim adalah untuk memelihara sel telur yang telah dibuahi. Setelah sel telur yang dibuahi ditanamkan ke dalam endometrium, ia memperoleh makanan dari pembuluh darah rahim dan akhirnya menjadi embrio dan kemudian janin. Agar rahim sehat dan subur, kamu harus melakukan tindakan tertentu. Jangan khawatir, semakin sehat rahim maka semakin aman janin di dalam perutmu.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan rahim kamu tidak berfungsi dengan baik selama ini, di antaranya ialah pendarahan menstruasi yang tidak teratur atau berat, fibroid rahim (pertumbuhan jaringan otot di rahim non-kanker), dan adenomiosis (tumbuhnya lapirsan permukaan rongga Rahim di dalam dinding otot rahim).

BACA JUGA:Rekomendasi Mobil Sedan Bekas Keren Budget Miring, Harganya Tak Sampai Rp 100Juta

Mencegah ketiga masalah dasar itu tidaklah sulit. Tips-tips sederhana berikut dapat kamu terapkan karena mudah dilakukan dan didapatkan. Selain baik untuk kesehatan organ reproduksi, cara ini juga akan membantu kamu menjaga Kesehatan mental.

Tips agar rahim sehat dan subur
Pada dasarnya, menjaga kesehatan rahim erat kaitannya dengan menjaga kesehatan tubuh secara umum. Berikut ini tips-tips yang bisa kamu lakukan.

Produk susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik yang dibutuhkan untuk perkembangan dan kekuatan tulang.Vitamin D dibutuhkan untuk penyerapan kalsium dan untuk mengurangi fibroid. Tambahkan mentega, susu, yogurt, dadih, dan buttermilk ke dalam diet kamu.

Mengkonsumsi makanan kaya vitamin C seperti lemon, jeruk, kubis, kiwi, jambu biji, brokoli untuk membantu mencegah infeksi di rahim dan meningkatkan kekebalan.Sertakan makanan biji-bijian seperti beras merah, gandum, dan roti gandum karena mengandung jumlah serat yang baik yang mencegah tumor fibroid dan mengeluarkan kelebihan estrogen.

BACA JUGA:Pilihan Mobil Bekas Muat 7 Penumpang Dan Irit, Harga Nggak Sampai Rp 100Juta

Sayuran berdaun seperti kangkung, bayam, selada mengandung mineral yang menjaga kesehatan sistem saraf. Ini mempertahankan keseimbangan alkalin yang baik di dalam rahim. Nutrisi yang ada dalam kacang-kacangan dan biji-bijian membantu menjaga produksi hormon. Mereka mengandung asam lemak Omega 3 yang mencegah kanker rahim dan mengatur kadar kolesterol.

Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Mereka juga memiliki fitoestrogen yang bersaing dengan estrogen dalam tubuh. Dengan cara ini kadar estrogen berkurang dan produksi tumor di rahim akan dicegah.
Buah-buahan adalah sumber vitamin C dan bioflavonoid yang baik yang mengurangi pertumbuhan fibroid. Buah-buahan juga merupakan camilan yang baik untuk mengontrol konsumsi junk food.

Hindari perilaku seks berisiko. Bergonta-ganti pasangan seks, apalagi tanpa penggunaan kondom, dapat menyebabkan penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore. Klamidia dan gonore merupakan penyakit yang paling berisiko menyebabkan ketidaksuburan pada wanita.Jangan menahan buang air kecil dan buang air besar. Kandung kemih yang membesar dapat menambah tekanan pada rahim.

BACA JUGA:Wariskan Amalan ini ke Anak Cucu, Gus Baha: Rezeki Akan Terus Mengalir

Peningkatan tingkat stres dapat berdampak negatif pada rahim. Stres kronis dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan peningkatan peradangan dalam tubuh. Kelola stres dengan terlibat dalam meditasi, yoga, atau beberapa kegiatan rekreasi.

Hindari merokok dan mengonsumsi alkohol. Mengonumsi alkohol dapat menurunkan kesempatan memiliki anak. Hingga saat ini belum ditemukan jumlah alkohol yang aman untuk rahim.Lakukan olahraga, yoga atau bersepeda yang meningkatkan sirkulasi darah, fleksibilitas dan kekuatan. Ini akan membantu dalam mengurangi fibroid dan memperkuat otot-otot di sekitar rahim.

Menjaga kebersihan vagina dengan benar. Vagina tidak membutuhkan produk pembersih vagina khusus. Pasalnya, produk tersebut justru berisiko menyebabkan infeksi dan iritasi vagina. Jadi, cukup jaga kondisi area vagina agar tidak terlalu lembap.

BACA JUGA:Ada Loker di Kemsetneg RI, Ada Peluang Bagi Lulusan SMA/SMK

Gangguan kesehatan dan kesuburan rahim
Ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa mengganggu kesuburan rahim.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
Masalah tiroid – kelenjar tiroid yang terlalu aktif dan kelenjar tiroid yang kurang aktif dapat mencegah ovulasi
Kegagalan ovarium prematur – di mana ovarium berhenti bekerja sebelum usia 40 tahun
Bekas luka dari operasi
Operasi panggul yang dapat merusak dan melukai saluran tuba, yang menghubungkan ovarium ke rahim.

BACA JUGA:Motor Ini Jual Pesaing Vespa Matic, Harga Lebih Murah dan Bodi Kaleng

Manfaat rahim sehat dan subur
Ada beberapa manfaat dari rahim sehat dan subur. Fungsi utama rahim adalah untuk memelihara sel telur yang telah dibuahi. Setelah ovum yang dibuahi ditanamkan ke dalam endometrium, ia memperoleh makanan dari pembuluh darah rahim dan akhirnya menjadi embrio dan kemudian janin. Tentunya jika kamu ingin memiliki anak, mempunyai rahim yang sehat akan sangat membantu.

Nah, diet sehat dan olahraga teratur dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Berat badan yang sehat meningkatkan peluang kamu untuk kehamilan yang sehat dan bayi yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: