Baking Soda Bikin Wajahmu Semakin Glowing

Baking Soda Bikin Wajahmu Semakin Glowing

Baking soda memberikan banyak manfaat bagi kulit bila dicampur dengan perasan buah tertentu seperti lemon.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kamu pasti sudah tidak  asing lagi dengan  baking soda. Tapi  tahukah kamu, ternyata  baking soda tidak hanya untuk membuat kue, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan? Selain untuk memasak dan membuat kue, baking soda juga bisa digunakan untuk menyegarkan, membersihkan, dan mencerahkan kulit.

Banyaknya manfaat baking soda menjadikannya incaran untuk mengobati masalah kulit wajah. Selain harganya yang relatif murah, baking soda memiliki sifat antibakteri sehingga dapat merawat kulit tanpa menguras kantong.

BACA JUGA:Pengelolaan Aplikasi SIKP Terbaik, Kemenkeu Berikan Penghargaan ke Pemkab Mukomuko

Biar lebih jelas, yuk simak apa saja manfaat baking soda yang bisa kamu dapatkan untuk  kecantikan kulit wajahmu!Berikut adalah manfaat masker baking soda untuk kecantikan kulit wajah:

1. Menghilangkan komedo
Manfaat baking soda untuk wajah yang pertama adalah menghilangkan komedo. Caranya, campurkan 3 sendok makan air dengan 1 sendok makan baking soda dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ini secara merata pada wajah dan biarkan selama 15 menit hingga pasta mengering. Bersihkan wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk kering yang lembut.

Dengan pasta baking soda ini, kamu bisa menghilangkan kotoran dan debu dari pori-pori agar kulit wajah menjadi lebih cerah. Cukup lakukan dengan rutin selama seminggu sekali ya!

BACA JUGA:Body Goals, Senam Pilates Bikin Badan Langsing dan Sehat

2. Memudarkan bekas jerawat
Jerawat bisa menyisakan flek hitam di wajah. Mengatasi masalah hingga ke akarnya adalah cara terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat. Cobalah menggunakan baking soda. Campurkan 1 sendok makan baking soda dan 3 sendok makan air. Oleskan pasta ini hanya pada jerawat dan biarkan semalaman.

Cuci wajah di pagi hari dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Dengan mengaplikasikan cara ini setiap hari sampai jerawat sembuh, bekas jerawat cenderung tidak muncul.

3. Eksfoliasi alami
Baking soda juga efektif sebagai exfoliant. Campurkan satu sendok teh baking soda  dengan micellar water. Oleskan dan pijat campuran tersebut ke kulit wajahmu selama 5 menit. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Baking soda adalah exfoliant alami yang membantu menghilangkan bekas jerawat, mengangkat lapisan kulit mati, dan membuka lapisan kulit baru.

Hal ini  dapat mencerahkan dan melembutkan kulit wajahmu. Pasta baking soda juga bebas bahan kimia sehingga tidak menyebabkan kerusakan kulit.

BACA JUGA: Mandi Bareng bagi Suami Istri, Bagaimana Etikanya?

4. Menjadikan kulit lebih bersinar  
Baking soda memberikan banyak manfaat bagi kulit bila dicampur dengan perasan buah tertentu seperti lemon. Khasiat penyembuhan dari larutan tersebut dapat meningkatkan kadar kolagen pada kulit sekaligus membersihkan kotoran yang ada.Selain kulit bercahaya, jika kamu ingin menghilangkan bekas luka (terutama yang disebabkan oleh jerawat), campurkan masker baking soda dengan perasan lemon untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah.

5. Mengatasi kulit berminyak
Kulit berminyak merupakan salah satu masalah kulit wajah yang bisa membuatmu merasa tidak percaya diri. Nah, masker baking soda bisa menjadi solusi untuk kulit berminyak. Untuk menggunakannya, siapkan baking soda dan air secukupnya.Oleskan  pasta tersebut secara tipis ke area wajah. Setelah dibilas dan dikeringkan dengan handuk bersih, kamu juga bisa menggunakan pelembab untuk menghindari iritasi kulit.

BACA JUGA:Deretan Makanan untuk Penderita Maag Agar Tak Kambuh Lagi!

6. Mengencangkan Pori-Pori
Soda kue dapat membantu mengecilkan pori-pori di wajahmu sehingga dapat membersihkan dan mencegah masuknya kotoran dan partikel lain ke dalam pori-pori wajah.Selain itu, kotoran yang tersumbat di pori-pori menyebabkan keluarnya minyak berlebih dari pori-pori. Nah, kamu bisa memanfaatkan baking soda untuk mengatasi masalah ini!

7. Menghaluskan kulit
Kemampuan baking soda untuk menetralisir asam dan mengurangi minyak berlebih pada wajah dapat membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan lembut. Jangan lupa pakai pasta baking soda ini yaa, maksimal seminggu sekali!

BACA JUGA: Begini Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik yang Tepat

Efek samping baking soda untuk wajah

Baking soda memang merupakan bahan  alami yang bisa digunakan untuk kecantikan kulit. Namun, kamu tidak bisa menggunakan bahan ini secara berlebihan. Jika digunakan secara berlebihan, alih-alih membuat kulitmu cantik dan cerah, kamu bisa mengalami beberapa efek samping.

1. Rusaknya lapisan kulit
Baking soda adalah exfoliant yang dapat mengelupas kulit wajah. Hal ini sebenarnya dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah secara tuntas. Namun, penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan lapisan kulit epidermis dan kutikula wajah menipis bahkan terkelupas.Lapisan epidermis kulit berperan dalam melindungi wajah dari sinar ultraviolet. Di sisi lain, epidermis mencegah debu dan kotoran masuk ke lapisan kulit wajah yang lebih dalam.

BACA JUGA:4 Weton yang Banyak Pantangan dalam Hidupnya

2. Kulit kering
Jika digunakan oleh orang dengan tipe kulit berminyak, baking soda bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Baking soda bersifat basa atau alkaloid dan dapat menekan produksi minyak berlebih pada wajah. Namun, penggunaan yang terlalu sering dapat membuat wajah menjadi sangat kering. Jika kulit terlalu cepat kering, wajah akan terlihat kusam, tidak kencang, bahkan berkeriput.

Cara pemakaian baking soda untuk wajah
Jadi, bagaimana sebaiknya menggunakan manfaat  baking soda untuk kecantikan wajah? Untuk mengetahui apakah kandungan baking soda tepat untuk wajahmu, sebaiknya lakukan tes terlebih dahulu. Buat sedikit pasta baking soda dan oleskan ke bagian belakang leher. Tunggu beberapa menit dan segera bersihkan.

Jika muncul sensasi terbakar, itu artinya kulitmu tidak cocok dengan baking soda. Namun, jika semua terasa nyaman, kamu bisa mengaplikasikannya ke wajah.Jika tetap ingin menggunakan baking soda untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah, ingatlah untuk meminimalisir penggunaannya.

BACA JUGA:Cocok Kerja Jadi Pawang Hujan, 4 Weton yang Punya Ilmu Alami Kendalikan Cuaca

Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai  efek samping. Selain itu, ingatlah untuk menggunakan pelembab kulit setelah mengoleskan baking soda ke wajah.Soda kue memiliki pH hingga 9. Jika terlalu sering mengoleskannya ke wajah, kamu mungkin akan kehilangan semua minyak alami yang ada di wajahmu. Selain itu, penggunaan baking soda yang terlalu sering ke wajah dapat memperlambat proses penyembuhan dan hidrasi kulit.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: