Intip Sejarah Pempek Khas Palembang dan Jenis Pempek Bercita Rasa Unik dan Lezat

Intip Sejarah Pempek Khas Palembang dan Jenis Pempek Bercita Rasa Unik dan Lezat

Pempek merupakan kuliner khas Sumatera Selatan yang DiMinati Masyarakat Indonesia-Akun Instagram @tastymealsbynie-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Palembang, jika mendengar ungkapan tersebut terlintas kuliner yang memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Ya, Pempek, makanan yang sangat poupuler ini bisa dinikmati semua kalangan. Kuliner asal Sumatera Selatan ini banyak sekali digemari karena rasanya yang nikmat.

Namun, tahukah kamu kuliner yang satu ini memiliki sejarah yang unik. Pempek dibuat dari olahan tepung dan ikan. Dalam penyajiannya selalu ditemani saus berwarna cokelat kehitaman yang disebut cuko atau cuka. Selain cuko, pempek juga disantap dengan hidangan pelengkap berupa irisan dadu timun segar dan mie kuning.

Pempek Palembang memiliki asal-usul yang unik. Dilansir dari laman wikipedia.org Sejarah pempek bermula dari seorang pria keturunan Tionghoa yang biasa dipanggil Apek. Beliau hidup di masa pemeritahan Kesultanan Palembang Darussalam dipimpin oleh Sultan Mahmud Badaruddin II.

BACA JUGA:Gudeg Pilihan Wisata Kuliner Terenak dan Termurah di Yogyakarta

Apek yang tinggal di pinggiran Sungai Musi memiliki ide untuk memanfaatkan potensi ikan yang melimpah, dengan mengolahnya menjadi makanan selain digulai dan digoreng. Hingga akhirnya, Apek mengolah ikan hasil tangkapannya dan mencampurnya dengan tepung. Mirip dengan makanan bakso yang dibawa pedagang Tiongkok ke Palembang. Apek pun berkeliling menjual panganan hasil buatannya yang pada saat itu belum memiliki nama.

Ketika ada yang membeli, mereka akan memanggil Apek dengan ujung namanya saja, yaitu "peek..peek", yang menjadi asal mula nama pempek.Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa sejarah pempek melibatkan akulturasi kebudayaan kuliner dari Tiongkok.

Sementara cuko merupakan kuah resep asli Palembang yang dibuat dengan campuran Air mendidih Gula merah, Udang ebi, Cabai rawit tumbuk, Bawang putih, Garam, Cuko khas Palembang dari dulu memiliki cita rasa yang pedas. Namun, seiring masuknya pendatang dari luar Sumatera, saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas.

Ada banyak jenis Pempek yang dijual di pasaran, saat ini banyak penjual melakukan inovasi terhadap makan yang satu ini. Penasaran pempek apa saja yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Kota yang dikenal dengan Bumi Sriwijaya ini. Yuk, simak Ulasan berikut ini;

1. Pempek Kapal Selam 


Pempek Kapal Selam-Akun Instagram @numpangsaveresep.id-

Salah satu yang populer adalah pempek kapal selam. Pempek kapal selam berisi telur dan berukuran besar, sehingga difavoritkan banyak orang. Masyarakat Palembang umumnya menyebutnya pempek telok besak, yang berarti pempek dengan telur besar.

Nama kapal selam sendiri diambil dari cara mengolahnya. Ketika adonan sudah jadi, akan direbus di dalam air panas. Saat dimasukkan ke dalam air, pempek akan tenggelam ke dasar wadah. Lalu, setelah matang akan mengapung di permukaan.

BACA JUGA:5 Wisata Kuliner TerWort It yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Bertandang ke Kota Bengkulu

Proses tenggelam dan mengapung inilah yang membuat jenis pempek satu ini disebut pempek kapal selam. Pempek kapal selama dibuat dengan membentuk kantung menyerupai huruf D. Kemudian, telur mentah dimasukkan ke dalamnya. Kulit adonan harus tertutup rapat dan tidak boleh terlalu tipis agar telur di dalamnya tidak keluar, yang bisa menyebakan proses pembuatan jadi gagal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: