Ini Dia Tips Jitu Cara Pengaturan Keuangan di Rumah Tangga

Ini Dia Tips Jitu Cara Pengaturan Keuangan di Rumah Tangga

Perlu diketahui bahwa pengelolaan keuangan rumah tangga jauh lebih rumit dibandingkan mengelola keuangan pribadi karena melibatkan banyak orang yaitu suami, istri dan anak-anak.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahukah kamu, bahwa keuangan menjadi permasalahan yang paling sering terjadi dalam pernikahan? Hal ini tidak jarang menyebabkan keretakan dan pertengkaran dalam rumah tangga. Karenanya, mengelola keuangan dengan baik merupakan salah satu kunci untuk menghindari pertikaian sekaligus menjadi kunci kesuksesan keluarga

Perlu diketahui bahwa pengelolaan keuangan rumah tangga jauh lebih rumit dibandingkan mengelola keuangan pribadi karena melibatkan banyak orang yaitu suami, istri dan anak-anak. Hal ini membuat ada banyak sekali anggaran yang harus dikeluarkan tiap bulannya. Jika tidak diatur dengan baik, kita dan pasangan tentu akan kewalahan karena uang yang bisa tiba-tiba habis padahal masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Wanita Juga Bisa Kena Penyakit Sipilis

Berikut adalah berbagai cara pengaturan keuangan di rumah tangga yang bisa kita terapkan agar kondisi finansial keluarga tetap baik dan stabil.

1. Hitung Seluruh Pendapatan

Berapa pendapatan kita dan pasangan setiap bulannya? Hitung seluruh pendapatan yang masuk selama satu bulan dengan benar, mulai dari penghasilan gaji bulanan, insentif yang didapat, hingga keuntungan dari investasi. Mengetahui total pendapatan per bulan penting agar kita bisa membagi alokasi penghasilan yang dimiliki untuk kebutuhan yang harus dipenuhi. Dengan menghitung seluruh pendapatan, mengatur keuangan rumah tangga menjadi lebih mudah.

BACA JUGA:Suntik Putih Aman untuk Tubuh? Yuk, Kenali Dulu Efek Sampingnya!

2. Buat Anggaran Biaya Rumah Tangga

Buat daftar prioritas agar alokasi dan pengeluaran dana rumah tangga jadi lebih tertata. Anggaran ini mulai dari biaya makan sehari-hari, belanja kebutuhan dapur, tagihan listrik, air atau internet, biaya transportasi kerja, cicilan rumah atau kendaraan, hingga pendidikan anak.

Di jaman yang serba digital ini, semua bisa dilakukan melalui aplikasi dan mobile banking, termasuk kebutuhan primer seperti membayar tagihan. Dengan sistem pembayaran online, semua berbagai tagihan bisa terpenuhi dari mana saja dan kapan saja.

BACA JUGA:Pemakaman Pratu Anumerta Muhammad Fadil Dilakukan Secara Militer, Selamat Jalan Prajurit!

3. Alokasi untuk Dana Darurat

Dalam menjalani kehidupan, tentu kita berharap semuanya berjalan mulus sesuai yang sudah direncanakan, termasuk dalam kehidupan rumah tangga. Namun kenyataannya kita harus siap dengan hal yang tiba-tiba terjadi di luar rencana, seperti musibah, PHK, dan lain sebagainya.

Karenanya, kita harus memiliki anggaran dana darurat untuk memenuhi kebutuhan di saat darurat. Sisihkan sebagian dari penghasilan kita setiap bulannya untuk anggaran dana darurat yang hanya digunakan sewaktu-waktu atau saat keadaan darurat.

BACA JUGA:Cari Mobil 1500cc Yang Irit Dan Murah, Ini Rekomendasinya

4. Saving

Selain mengalokasikan penghasilan untuk dana cadangan atau darurat, kamu juga perlu mengalokasikan penghasilan untuk keperluan di luar kebutuhan rutin, antara lain pengeluaran untuk tabungan, asuransi, dan investasi. Ketiganya termasuk ke dalam cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik.

5. Pahami Perbedaan antara Kebutuhan dan Keinginan

Ketika kamu sudah hidup berumah tangga, pastinya terdapat kebutuhan-kebutuhan yang wajib dipenuhi, seperti kebutuhan untuk keperluan sehari-hari, makanan, hingga alokasi pendidikan anak. Kita baru boleh mengalokasikan dana untuk hal-hal lain, seperti liburan hingga kebutuhan lain yang bersifat sekunder dan tersier, setelah kebutuhan primer rumah tangga terpenuhi.

BACA JUGA:Renault Triber, Dari Pasar Otomotif India Meluncur Ke Indonesia

Mengatur keuangan rumah tangga memang bukan perkara yang mudah, kuncinya adalah niat, konsisten, menerapkan gaya hidup hemat dan tentu pengelolaan keuangan yang baik, agar keuangan keluarga kita baik.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: