Ampuh Atasi Kanker, Inilah Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita

Ampuh Atasi Kanker, Inilah Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita

Minum air rebusan daun sirsak secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan karena daun ini dapat melancarkan pencernaan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kamu penyuka buah sirsak? Buah ini dikenal sangat lezat bila dimakan langsung atau di jus. Ternyata tidak buahnya saja lho, manfaat daun sirsak untuk wanita juga beragam dan bisa kamu jadikan camilan lezat di rumah.

Buah tropis dengan nama ilmiah Annona Muricata ini mempunyai bentuk hati, berukuran besar dan bergerigi pada bagian luar. Daging buah sirsak empuk, juicy dan mempunyai biji besar di dalam buahnya. Ketahui apa saja manfaat dari daun sirsak dalam kesehatan yang terangkum dalam ulasan kali ini!

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Makanan yang Mengandung Kalium Tinggi Selain Pisang!

Tidak hanya cocok dijadikan campuran es buah, es krim atau dimakan langsung, sirsak juga mempunyai manfaat mulai dari buah, kulit, daun dan pohonnya. Simak apa saja manfaat daun sirsak untuk kesehatan seperti dibawah ini:

1. Meningkatkan kesehatan mata
Antioksidan dalam daun sirsak seperti vitamin c dan e, beta karoten pada tanaman ini dapat meningkatkan kesehatan mata sehingga sering dikonsumsi baik dalam bentuk jus buah sirsak atau meminum rebusan daun sirsak.

2. Melawan kanker
Kandungan acetogenin dalam daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Cara kerja daun ini seperti pengobatan kemoterapi dan menghambat pembelahan dna pada sel kanker. Jika pembelahan dihambat, maka kanker dapat dicegah dan disembuhkan.

BACA JUGA:Ini Dia 10 Berkas yang Harus Kamu Bawa Saat Interview Pekerjaan

3. Melawan peradangan
Manfaat peradangan ini masih diteliti lebih lanjut namun diketahui bahwa daun sirsak dapat meredakan peradangan seperti radang sendi karena efek analgesik dalam daun penuh manfaat ini.

4. Merawat infeksi
Sirsak dapat membantu merawat infeksi karena bakteri parasite. Bakteri ini ditularkan oleh gigitan kutu pasir. Daun dari pohon sirsak diketahui dapat mengobati berbagai macam infeksi dan merawatnya hingga sembuh kembali.

5. Membantu pengobatan diabetes
Ekstrak air rebusan daun sirsak dapat menghambat dan mencegah kerusakan oksidatif yang biasanya menyerang pasien dengan diabetes. Dalam sebuah penelitian di nigeria, daun sirsak diketahui mengandung anti-diabetes sehingga air rebusan daun sirsak dapat dimanfaat untuk membantu pengobatan penyakit ini.

BACA JUGA:Melestarikan Aksara Kaganga Suku Rejang

6. Membantu meningkatkan ginjal dan hati
Ekstrak daun sirsak diketahui mempunyai kandungan acetogenins sehingga dapat membunuh sel ganas dari 12 jenis kanker, salah satunya yaitu kanker hati.

7. Meningkatkan kesehatan pernapasan
Penelitian di nigeria menyatakan bahwa daun sirsak dapat membantu meningkatkan kesehatan pernapasan dan meringankan kondisi seperti asma.

8. Meredakan stress
Daun sirsak dapat digunakan sebagai perawatan stress dan kondisi lain seperti depresi dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak atau jus buah sirsak.

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Gelar Gerakan Pangan Murah

9. Meningkatkan sistem imun
Sistem imun bekerja untuk melawan penyakit. Kandungan dalam daun sirsak seperti annocatalin, anno exocin, asam linoleat, dan anomurine dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

10. Meredakan demam
Di afrika, daun sirsak dan buah sirsak digunakan sebagai anti demam dan mencegah berbagai gejala demam yang menyerang. Ekstrak daun sirsak digunakan untuk mencegah demam karena gigitan nyamuk aedes aegypti yang dapat memunculkan demma dan gejala lain pada penderitanya.

11. Membantu perawatan hipertensi
Daun sirsak dapat membantu perawatan hipertensi karena memiliki antioksidan yang dapat melenturkan pembuluh darah.Hipertensi dapat menyebabkan penyakit pada jantung sehingga sangat berbahaya jika kadar darah dalam tubuh sudah meningkat.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Produk Elektronik Terbaik dari Changhong

12. Membantu perawatan rematik
Sifat anti rematik pada daun sirsak dapat digunakan untuk menyembuhkan dan membantu merawat rematik. Daun sirsak dapat dimasak, dihaluskan dan dioleskan agar dapat meringankan abses dan rematik.

13. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut
Sirsak sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut karena sifatnya yang menenangkan kulit. Daun dan buah sirsak juga dapat mengobati ketomber, memperkuat hingga mengatasi berbagai masalah pada rambut.

14. Meredakan diare
Semua bagian pohon dan buah sirsak diketahui bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat digunakan untuk meredakan diare dan menghentikannya.

15. Sebagai analgesik untuk meredakan nyeri
Menurut us. National library of medicine, sirsak dapat bekerja sebagai analgesic sehingga dapat digunakan untuk meredakan nyeri. Ekstrak sirsak dapat digunakan untuk pengobatan alami dan meredakan rasa sakit.

BACA JUGA:Aa Gym Jelaskan Cara Berdoa yang Benar, Jangan Minta Jodoh atau Lunas Hutang

Selain untuk manfaat kesehatan secara umum, manfaat daun sirsak untuk wanita yang bisa kamu rasakan antara lain:

1. Meningkatkan kesuburan
Meskipun masih perlu penelitian lebih lanjut, daun sirsak dianggap sebagai obat herbal yang dapat memperkuat rahim. Namun perlu diketahui bahwa dalam Meningkatkan kesuburan, kamu perlu berkonsultasi dulu dengan dokter agar tidak merasakan efek samping yang tidak diinginkan.

2. Menjaga berat badan ideal
Minum air rebusan daun sirsak secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan karena daun ini dapat melancarkan pencernaan.Pembuangan menjadi lebih terkontrol disamping mengatur pola makan, olahraga dan pola hidup sehat.

BACA JUGA:Upah Minimum Provinsi 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: