Markas Besar TNI AL Segera Dibangun

Markas Besar TNI AL Segera Dibangun

\"lanalKOTA BINTUHAN, BE- Rencana kerjasama untuk pelayanan dan mensejahterakan masyarakat antara Pemkab Kaur dan TNI Angkatan Laut. Saat ini sudah berjalan dengan baik. Dalam perencanaan tersebut Pemkab Kaur telah mengusulkan seluas 3.200 hektar lahan Prokimal yang berada di Kecamatan Maje.

Sebagian akan dijadikan program nasional. Namun saat ini usulan tersebut tengah di proses oleh Markas Besar angkatan Laut (Mabesal) Pusat. Sedangkan Danlanal Bengkulu pada prinsipnya setuju dengan adanya program tersebut, namun keputusan ada pada pusat.

\"Kita kemarin dalam kunjungan kerja (Kunker) menyikapi lahan Prokimal, apa yang direncanakan Bupati pada prinsipnya setuju, namun yang menentukan itu nantinya Mabesal. Makanya kita tunggu proses tersebut,\" ujar Danlanal Bengkulu Letkol Laut Horas Wijaya Sinaga SH didampingi Damposal Linau Pelda Masajid, kemarin.

Dikatakanya, program yang dikembangkan oleh Bupati Kaur melalui lahan Prokimal yang diusulkan tersebut, memang mempunyai potensi besar dalam mesejahtrakan masyarakat. Diantaranya untuk lokasi stok pangan, hal ini sangat memberikan kontribusi jika masyarakat kekurangan bahan makanan, makanya dengan adanya lumbung pangan ini nantinya bisa dimanfaatkan, begitu juga sebagian lahan untuk penilitian dan pengajian LIPI. Lalu sebagian diperuntukan untuk masyarakat Kaur.

\"Program jangka panjang Bupati Kaur sangat kita respon, namun semuanya ada proses, kita setuju saja. Namun usulan bupati itu sudah kita usulkan ketingkat pusat Yakni Mabesal. Saat ini kita sedang menunggu keputusan dari pusat, jika ada perintah tindak lanjuti, kita siap menindaklanjuti,\" jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kaur Dr Ir H Hermen Malik Msc melalui Kepala Bappeda Kaur Drs H Sudoto Mpd didampingi Kadisosnakertran Kaur Drs Edi Suardi B mengatakan pemkab memang merencanakan bersama TNI AL, dengan 3200 lahan prokimalnya yang ada di Kecamatan Maje. Diantaranya kerjasa yang telah dirancang yakni 1000 hektar untuk lumbung pangan, 200 hektar untuk LPI, 1000 hektar untuk masyarakat Kaur dan 1000 hektar untuk TNI AL.

\"Jadi semua program itu sudah kita usulkan ke Danlanal Bengkulu, harapan kita nantinya bisa terealisasi dan mensejahtrakan masyarakat, mengingat lokasi tersebut cukup strategis dan berpotensi mensejahterakan masyarakat,\" jelas Sudoto.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: