Kota Bengkulu Jadi Kota Sehat 2023

Kota Bengkulu Jadi Kota Sehat 2023

Kota Bengkulu Jadi Kota Sehat 2023-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menjelang akhir tahun, Kota Bengkulu kembali menorehkan prestasi gemilang dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) atas capaian predikat Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda 2023, Selasa (28/11).

Tentunya capaian ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk Kota Bengkulu. Di bawah kepemimpinan Pj Walikota Arif Gunadi, Kota Bengkulu merupakan satu-satunya perwakilan Provinsi Bengkulu yang meraih predikat Kota Sehat.

Atas capaian tersebut, Arif mengapresiasi langkah dan kerja seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan kota sehat termasuk kontribusi masyarakat secara bahu membahu mewujudkan Kota Sehat sesuai dengan tatanan.

Ia berharap predikat tersebut dapat dipertahankan, dan bila perlu ditingkatkan lagi sehingga Kota Bengkulu benar-benar menjadi kota sehat sesuai dengan tatanan. Seluruh inovasi yang ada harus terus berkembang demi kemajuan daerah.

BACA JUGA:Ribuan Linmas untuk Pemilu 2024 Disiapkan, Akan Jalani Pelatihan di Satpol PP Kota Bengkulu

Adapun 9 tatanan tersebut meliputi tatanan tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan pemukiman dan fasilitas umum, tatanan pasar, tatanan satuan pendidikan, tatanan pariwisata, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan, tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial, dan tatanan pencegahan serta penanganan bencana.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Joni Haryadi mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti Kota Bengkulu memenuhi kriteria dalam menjalan Program Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dari Kemenkes RI.

“Artinya Pemkot Bengkulu berhasil mengimplementasikan program kota sehat dimana tujuannya menjadikan sebuah kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan tempat bekerja bagi masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:Bapenda Kota Bengkulu Gencar Sosialisasikan Kenaikan Tarif Parkir 2024

Diakui Joni, penghargaan sebagai bukti keseriusan Pj Walikota dalam melaksanakan program kota sehat yang diharapkan berdampak pada peningkatan perekonomian maupun kesejahteraan masyarakat.

Lanjut Joni, beberapa masukan yang ada ditahun 2023 akan diperbaiki, sehingga Kota Bengkulu ke depan dapat meraih predikat Kota Sehat Swasti Saba Wistara.

“Kita akan evaluasi dan benahi semua tatanan yang ada, dan kita optimis pada penilaian 2 tahun ke depan kita meraih wistara kembali,” jelasnya.

Untuk diketahui, pada tahun 2013 Kota Bengkulu mendapatkan penghargaan Padapa, tahun 2015, 2023 mendapatkan penghargaan Wiwerda, tahun 2017 dan 2019 mendapatkan penghargaan Wistara.

Terkait tata kelola kota sehat, Walikota juga sudah mengeluarkan kebijakan melalui SK walikota nomor 128 tahun 2020 tentang pembentukan tim pembina forum kota sehat dan SK nomor 127 tahun 2020 tentang pembentukan forum kota sehat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: