Pilih Pakai Gurita atau Stagen Usai Melahirkan? Ini Pertimbanganya

 Pilih Pakai Gurita atau Stagen Usai Melahirkan? Ini Pertimbanganya

Stagen setelah melahirkan dapat membantu pemulihan setelah operasi. Dengan memakai stagen, nyeri menjadi lebih ringan, nyaman, dan perdarahan lebih sedikit.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menggunakan stagen setelah melahirkan dipercaya mempunyai banyak manfaat, diantara dapat pulih lebih cepat dan membuat bentuk badan kembali seperti sedia kala. stagen juga sering digunakan pasca melahirkan untuk beberapa alasan kesehatan.

Namun apakah perlu stagen digunakan dan bagaimana tips memakai serta memilih jenis stagen yang benar agar tidak menyebabkan efek negatif setelah melahirkan? Yuk simak disini!

BACA JUGA:Menabung untuk Beli Rumah Tanpa Merasa Tertekan? Begini Caranya

Apa itu stagen?

Stagen banyak dipakai setelah melahirkan karena memiliki banyak fungsi. Dilansir dari Frontiers In Surgery, sebanyak 66% wanita dapat mengalami diastasis recti, yaitu adanya pemisahan otot perut pada kehamilan trimester ketiga. Otot perut ini tentu tidak mudah kembali ke posisi semula dan cukup lama untuk kembali kencang sampai terlihat normal.

Abdominal binder atau korset (stagen) awalnya digunakan untuk penderita nyeri punggung dan sakit pinggang. Namun sekarang dipakai juga oleh wanita pasca melahirkan agar dapat mengembalikan perut menjadi rata akibat pemisahan otot perut saat hamil.

Untuk manfaat penggunaan stagen setelah melahirkan sebenarnya masih banyak perdebatan. Bisa kesimpulan bahwa pemakaiannya tidak wajib, namun bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan pertimbangan masing-masing. Selain itu ada beberapa fungsi stagen yang bisa dirasakan baik untuk ibu yang melahirkan normal atau cesar.

BACA JUGA:Mudah Dipraktikan! Begini Cara Menabung untuk Menikah

Fungsi dari stagen setelah melahirkan

Sebelum memutuskan akan memakai atau tidak stagen ini, tentunya kamu bisa mengetahui beberapa fungsi stagen pasca melahirkan, antara lain:

1. Membantu menghilangkan rasa sakit/masa nifas

Nyeri setelah melahirkan masih dapat dirasakan selama beberapa waktu. Nyeri ini dikarenakan kontraksi rahim yang mengeluarkan darah nifas. Pemakaian stagen dapat membantu meredakan nyeri punggung dan nifas setelah melahirkan.

2. Membantu meningkatkan aliran darah

Aliran darah dapat ditingkatkan selama penggunaan stagen yang baik dan benar. Selain itu ibu juga menjadi lebih nyaman jika aliran darah lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: