Mudah Dipraktikan! Begini Cara Menabung untuk Menikah

Mudah Dipraktikan! Begini Cara Menabung untuk Menikah

Saat merencanakan pernikahan, pastikan kita sudah menetapkan berapa anggaran yang diperlukan. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menuju ke jenjang pernikahan dan membina keluarga menjadi tujuan hidup hampir semua orang. Namun, untuk menjalani hidup bersama orang yang kita cintai, perlu persiapan yang matang, misalnya finansial. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tips menabung untuk menikah.

Dikarenakan banyaknya pengeluaran untuk melaksanakan pernikahan, tidak sedikit orang yang bingung untuk mengumpulkan dana pernikahan. Bahkan, salah satu alasan sebagian orang tidak ingin buru-buru melangsungkan pernikahan bukan hanya kesiapan mental tetapi juga finansial. Tapi, kita dan pasangan sebenarnya bisa mengumpulkan modal untuk biaya pernikahan dalam beberapa waktu ke depan. Yuk simak tips menabung untuk menikah berikut!

BACA JUGA:Mobil Bekas Wuling Confero Dibanderol Rp 100 Jutaan, Berminat?

1. Tentukan dari Jauh-jauh Hari
Kita dan pasangan tentu akan memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan keuangan jika ditentukan jauh sebelum hari H pernikahan. Kita juga memiliki banyak waktu untuk riset guna mematangkan persiapan pernikahan, seperti riset tempat yang bagus namun lebih murah untuk resepsi pernikahan, biaya katering, pemesanan bunga, dan sebagainya.

Selain itu, jika kita ingin mendapatkan harga yang lebih rendah, lebih baik hindari hari Sabtu sebagai hari pernikahan karena biasanya harganya jauh lebih tinggi dibandingkan hari-hari lain.

BACA JUGA:Mobil Bekas Suzuki SX4 S-Cross Ini Kisaran Harganya

2. Tentukan Budget
Saat merencanakan pernikahan, pastikan kita sudah menetapkan berapa anggaran yang diperlukan. Budgeting ini tentu disesuaikan dengan penghasilan kita dan pasangan.  Kita bisa mengetahui dana lebih yang bisa disisihkan untuk tabungan pernikahan dengan mengevaluasi pengeluaran selama 3-6 bulan terakhir dan hitung berapa jumlah penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulan. Kemudian sesuaikan dengan pengeluaran yang harus kamu keluarkan tiap bulannya.Setelah itu, buat budget atau target maksimum yang perlu dicapai untuk biaya menikah.

BACA JUGA:Pemprov Gelar Workshop Penyusunan Pelaporan Kinerja Perangkat Daerah untuk Tingkatkan SAKIP

3. Target Dana untuk Kebutuhan yang Lebih Spesifik
Jika kita sudah membuat target mengumpulkan dana untuk DP venue pernikahan hingga 3 atau 4 bulan ke depan, maka kita harus mengalokasikan sejumlah dana untuk kebutuhan venue tersebut setiap bulannya.

4. Kurangi Kencan Berlebihan
Jika sudah berencana untuk menikah dan mengumpulkan tabungan untuk dana pernikahan, sebaiknya kurangi liburan atau kencan di tempat mahal setiap malam minggu. Tapi bukan berarti kita tidak kencan sama sekali, melainkan mengubah kebiasaan kencan berlebih dengan aktivitas yang lebih hemat, seperti makan malam dan barbeque di rumah, movie marathon, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Jangan Sholat Tahajud dalam Keadaan Seperti ini, Buya Yahya: Lebih Baik Tidur

5. Lebih Hemat dalam Keseharian
Hindari kebiasaan boros terlebih jika tanggal pernikahan sudah semakin dekat. Biasakan untuk hemat, misalnya hemat biaya makan, transportasi, belanja barang yang hanya keinginan semata, dan lain sebagainya. Jika kita bisa menghemat pengeluaran Rp200 ribu saja setiap bulannya, maka dalam setahun kita bisa mengumpulkan Rp2,4 juta.

6. Investasikan Dana yang Terkumpul
Selain membuat rekening khusus pernikahan, kita juga bisa menginvestasikan sebagian dana yang terkumpul agar nilainya terus bertambah di kemudian hari. Salah satu yang bisa kita pilih adalah investasi emas, mengingat nilainya yang cenderung stabil bahkan mengalami peningkatan setiap tahunnya.

BACA JUGA: Agar Berat Badan Ideal, Konsumsi Vitamin Penambah Nafsu Makan Ini

7. Sisihkan Dana untuk Membeli Emas Pernikahan
Cincin merupakan lambang menyatunya dua hati pada hari pernikahan. Untuk menyiapkan perhiasan ini, kita bisa mulai menyisihkan dana setiap bulannya khusus untuk membeli cincin perhiasan.  Jika ingin memberikan mahar berupa emas, kita bisa melakukannya dengan mudah. Melalui layanan Cicil Emas, pilihan investasi emas yang ada mulai dari 0,5 gram hingga 1 kilogram.

BACA JUGA:Update Harga, Segini Harga Mobil Bekas Nissan X-Trail Saat Ini

Pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karenanya diperlukan perencanaan yang matang dan persiapan untuk mengumpulkan dana pernikahan. Semoga tips di atas membantu kamu ya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: