Jengkel karena Komedo Hitam di Wajah? Begini Cara Menghilangkannya

Jengkel karena Komedo Hitam di Wajah? Begini Cara Menghilangkannya

Lakukan eksfoliasi kulit dengan produk toner, serum, atau kapas khusus eksfoliasi. Kotoran di kulit dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo terbentuk. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mungkin kamu menyangka penyebab komedo hitam yaitu karena debu dan kotoran di wajah yang menumpuk. Namun ternyata penyebabnya lebih dari itu, ada berbagai masalah yang bisa menyebabkan komedo hitam.

Tidak hanya di wajah, terkadang komedo hitam juga bisa muncul di punggung, bahu, leher, dan bagian tubuh lainnya. Menghilangkan komedo hitam memang lebih sulit daripada komedo putih, tapi tenang saja karena kamu tetap bisa menghilangkannya.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Pasta Gigi untuk Gigi Ngilu

Komedo masih termasuk ke dalam jenis jerawat (acne vulgaris), yaitu merupakan benjolan terbuka pada kulit yang dipenuhi minyak berlebih dan kulit mati. Folikel yang tersumbat sebenarnya menyebabkan komedo menjadi hitam. Meski bagian dari jerawat, komedo bukanlah jerawat karena biasanya tidak disertai dengan inflamasi atau nyeri.

Berikut adalah beberapa penyebab komedo yang harus kamu waspadai:

  • Peningkatan produksi sebum atau minyak di wajah.
  • Pembentukan abnormal keratin (protein yang membantu membuat rambut, kulit, dan kuku).
  • Peningkatan hormon (androgen).
  • Adanya peningkatan bakteri pada kulit yang menyebabkan jerawat.

BACA JUGA: Amankah Ubi Rebus untuk Diet?

Cara menghilangkan komedo hitam di wajah

Kamu bisa menghilangkan komedo hitam di wajah dan di bagian tubuh lain menggunakan produk yang mengandung bahan tertentu, seperti:

Salicylic acid, kamu bisa menggunakannya tanpa resep, biasanya tersedia dalam bentuk toner atau serum. Kandungan ini membantu menghilangkan lapisan atas kulit yang rusak. Salicylic acid melarutkan sel-sel kulit mati untuk mencegah folikel rambut tersumbat di pori-pori.

Asam azelaic: Barley, gandum, gandum hitam dan berbagai biji-bijian lainnya secara alami asam azelaic. Kandungan ini dapat membunuh mikroorganisme pada kulit yang menimbulkan komedo hitam .

Benzoil peroksida: Kandungan ini biasanya ditemukan pada produk sabun pencuci wajah. Bekerja dengan menargetkan bakteri di permukaan, yang sering memperburuk jerawat. Tapi mungkin akan terjadi beberapa efek samping seperti iritasi dan kulit kering.

BACA JUGA:Air Terjun Lubuak Rantiang: Surga Tersembunyi di Tengah Hutan Kota Padang

Retinoid (turunan vitamin A): Kandungan ini mampu memecah komedo hitam, komedo putih dan membantu mencegah pori-pori tersumbat. Kamu bisa menggunakan pelembab untuk mengurangi efek samping retinoid yang bisa menyebabkan pengelupasan kulit.

Tea tree oil: Kandungan ini dapat mencegah atau menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab komedo dan jerawat. Oleskan sedikit tea tree oil pada kapas dan gosokkan pada komedo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: