Konsumsi Brokoli Kandungan Nutrisinya yang Menyehatkan Tubuh

 Konsumsi Brokoli Kandungan Nutrisinya yang Menyehatkan Tubuh

Brokoli mengandung lutein dan zeaxanthin yang dikaitkan dengan penurunan risiko gangguan pada mata terkait usia. --

BENGKULUEKSPRESS.COM- Brokoli adalah salah satu makanan menyehatkan yang memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Tidak heran jika sayuran yang satu ini memiliki banyak manfaat. Tapi, berapa sih kalori Brokoli yang sebenarnya dan apa saja nutrisi hingga manfaatnya? Kamu bisa temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Bukan tanpa alasan mengapa sayuran ini dikatakan sebagai salah satu makanan paling menyehatkan. Ini tidak lepas dari kandungan kalori brokoli hingga nutrisi yang ada di dalamnya. Brokoli mentah mengandung hampir 90% air, 7% karbohidrat, 3% protein, dan hampir tidak mengandung lemak. Brokoli sangat rendah kalori, bahkan, sayuran ini hanya memiliki 31 kalori per cangkir (91 gram).

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah Pilih Alat Cukur! Begini Cara Aman Cukur Bulu Kemaluan

Berikut nutrisi 1 cangkir (91 gram) brokoli mentah:

  • Air: 89%
  • Protein: 2,5 gram
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Gula : 1,5 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Lemak: 0,4 gram

Selain itu, brokoli juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, antara lain: 

BACA JUGA: Amankah Ubi Rebus untuk Diet?

Manfaat makan brokoli

Dengan kandungan nutrisinya yang berlimpah menjadikan brokoli kaya akan manfaat untuk kesehatan. Berikut sejumlah manfaat mengkonsumsi brokoli. 

1. Mencegah kanker

Kanker ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal yang cepat dan sering dikaitkan dengan stres oksidatif. Uniknya, brokoli merupakan sayuran yang sarat dengan senyawa yang diyakini dapat melindungi dari kanker.Studi observasi menunjukkan bahwa konsumsi sayuran silangan, termasuk brokoli, terkait dengan penurunan risiko banyak kanker, termasuk kanker paru-paru, kolorektal, payudara,, lambung, hingga kanker pankreas.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Pasta Gigi untuk Gigi Ngilu

2. Menurunkan kadar kolesterol

Brokoli diketahui dapat membantu mengurangi kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi juga dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan. Manfaat brokoli yang satu ini juga kerap dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung. Bahkan, menurut sebuah penelitian, brokoli yang dimasak dengan cara dikukus memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

3. Menjaga kesehatan mata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: