Dapat Mengganggu Penampilan, Kenali Penyebab Panu Di Wajah Dan Cara Mengatasinya

Dapat Mengganggu Penampilan, Kenali Penyebab Panu Di Wajah Dan Cara Mengatasinya

Panu di Wajah mengganggu penampilan--

Tak jarang, panu di wajah kerap disamakan dengan pityriasis alba, karena gejala yang ditimbulkan oleh kedua penyakit ini serupa, yaitu berupa bercak keputihan yang muncul di sekitar wajah dan leher.

Meski mirip dengan infeksi jamur, tetapi pengobatan pityriasis alba berbeda. Bercak putih di wajah karena pityriasis alba umumnya tidak diobati dengan obat antijamur, melainkan dengan pelembap dan salep kortikosteroid. Kondisi ini juga sering kali dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

Cara Mencegah Panu di Wajah

BACA JUGA:Auto Glowing Maksimal! Inilah Manfaat Spirulina untuk Wajah

BACA JUGA:Mengenal Mikrodermabrasi Wajah? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

Perlu diingat, panu di wajah dapat muncul kembali meski telah diobati. Untuk mencegahnya datang kembali, penting bagi Anda mencegah faktor pemicu munculnya panu. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah munculnya panu di wajah :

- Hindari menggunakan produk perawatan kulit yang memicu produksi minyak berlebih.

- Hindari paparan sinar matahari secara langsung dan gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

- Bersihkan wajah secara rutin dan segera keringkan menggunakan handuk berbahan lembut. Jika wajah sering berkeringat, jangan lupa untuk langsung mengeringkannya agar jamur penyebab panu tidak mudah tumbuh.

- Usahakan untuk selalu berada di ruangan yang sejuk dan kering.

Bila beberapa cara di atas tidak efektif untuk menghilangkan panu di wajah atau bahkan panu semakin meluas dan tak kunjung membaik, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: